Gejala dini kanker payudara yang tidak disadari

Sunday, January 22, 2012

Ehmmm… gejala kanker payudara. Mendengarnya saja sudah ngeri. Awalnya tidak mau posting ini. Tapi stelah aku memikirkan dan mempertimbangkan. akhirnya aku memutuskan untuk memposting ulang tulisan ini. Karena aku menganggap ini sangat penting. Dari bagi para wanita hendaknya memperhatikan. Paling tidak kalian bisa mengantisipasi dini jika memang terlihat gejala-gejala yang disebutkan.

Kanker payudara merupakan penyakit yang sangat menakutkan, terutama bagi wanita. Meskipun hal ini berlaku bagi pria. Tapi studi-studi membuktikan bahwa wanita lebih rentan terserang penyakit ini dibanding pria.

imageDikarenakan penyakit ini sangat berbahaya jika sudah mencapai stadium lanjut, maka perlu penanganan sedini mungkin. Untuk bisa melakukannya kita harus tahu bagaimana gejala-gejala kanker payudara sehingga bisa langsung memeriksakan ke dokter spesialis.

Dan berikut ini merupakan gejala-gejala kanker payudara yang seringkali tidak disadari oleh kaum wanita:

1. Rasa Gatal, Sakit dan Payudara Memerah

Adanya ruam pada kulit atau rasa panas saat menyentuh payudara merupakan tanda-tanda kanker payudara inflamasi (KPI), penyakit yang jarang dan mematikan namun tidak terlalu dikenal. KPI dapat menyebabkan payudara membengkak, iritasi serta timbulnya rasa nyeri. Selain itu KPI juga menyebabkan kulit memerah bahkan ungu seperti memar. Awalnya KPI disertai dengan rasa pegal seperti saat pra-menstruasi (PMS) dan gatal seperti terkena alergi. Namun kedua rasa tersebut tidak bisa hilang dalam waktu dekat.

2. Sakit Punggung Bagian Atas

Meskipun tak banyak, namun ada beberapa kasus kanker payudara yang diawali dengan gejala sakit punggung. Biasanya rasa sakit tersebut terdapat pada area punggung atas atau diantara tulang belikat. Sakit punggung ini hampir sama seperti nyeri otot, tendon atau osteoartritis tulang belakang, jadi cukup sulit untuk membedakannya. Hal ini terjadi akibat kanker yang mendorong dinding dada ke arah tulang rusuk dan tulang belakang.

3. Adanya Perubahan Pada Puting Payudara

Salah satu lokasi kanker payudara yang paling umum adalah di bawah puting. Oleh karena itu, jika puting Anda berubah bentuk atau warna ada baiknya segera memeriksakan hal tersebut ke dokter. Selain bentuk dan warna, puting berdarah, berair atau kulit sekitar puting menjadi bersisik, bisa menjadi beberapa gejala kanker payudara.

4. Berubahnya Bentuk dan Ukuran Salah Satu Payudara

Tidak semua kanker menimbulkan benjolan yang cukup besar. Seorang wanita di California mengetahui bahwa ia menderita kanker payudara setelah melihat bahwa bentuk salah satu payudaranya menjadi lebih lonjong, rendah dan agak mencuat ke satu sisi.

Salah satu cara yang paling baik untuk mengetahui perubahan payudara Anda adalah dengan mengenal bentuk dan penampilannya dengan baik. Duduk menghadap cermin dan perhatikan perbedaannya. Anda juga bisa mengetahuinya jika salah satu cup bra terasa sangat ketat sedangkan yang lain tidak. 

Semoga ini bisa jadi bahan referensi untuk semua wanita di dunia. Periksalah segera jika mengalami gejala di atas. Periksa sedini mungkin untuk penanganan lebih dini. Orang tidak akan tahu sebelum memeriksanya karena gejala ini akan sangat terasa ketika stadium parah.

Semoga kita tidak termasuk didalamnya. Amin.
Source :  www.carazone.net

@myroom to share my knowladge.

You Might Also Like

1 komentar

  1. Tapi kanker payudara itu bisa sembuh kan mas??

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir. Semoga bisa bermanfaat selalu :) Amin.
Jangan lupa komentarmu ya, karena komentarmu adalah semangatku untuk terus berbagi ^^)

Komentar yang mengandung SARA, link hidup, dan spamming akan dihapus ya.. Terima kasih atas perhatiannya :)