Pesan dari Langit [Solusi itu ada]

Tuesday, April 10, 2012

imageDalam hidup kita tentu tidak pernah lepas dari masalah. Masalah yang datang pada setiap orang pastunya berbeda-beda. Ada yang sederhana ada pula yang rumit. Namun kita tentu sering sekali mendengar kalimat “ada hikmah dibalik ujian” atau “ambil hikmahnya” atau “setiap masalah pasti ada hikmahnya”. Yup, betul sekali.

 

Sesungguhnya Allah SWT. menyimpan hikmah dibalik semua ujian yang menimpa kita. mau bukti? Yuk simak beberapa pertanyaan yang mungkin mengganjal dihati kita selama ini.

  • Kenapa sih kita di uji?? jawabannya dapat dilihat pada surah Al-Ankabut : 2-3.

“Apakah manusia mengira bahwa mereka akan dibiarkan hanya dengan mengatakan, “kami telah beriman” dan mereka tidak diuji? Dan Sungguh, kami telah menguji orang-orang sebelum mereka, makapasti mengetahui orang-orang yang benar dan pasti mengetahui orang-orang yang dusta” [Q.S. 29:2-3].

  • Apakah kita bisa melewati ujian itu? Yakinlah pasti bisa karena ada di Surah Al Baqarah : 286.

“Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Dia mendapat (pahala) dari (kebajikan) yang dikerjakannya dan dia mendapat (siksa) dari (kejahatan) yang diperbuatnya. Mereka berdoa “Yaa Tuhan kami, Janganlah Engkau menghukum kami jika kami lupa atau kami melakukan kesalahan. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebani kami dengan beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tidak sanggup kami memikulnya. Maafkanlah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkaulah pelindung kami, maka tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir”” [Q.S. 2:286].

  • Lantas mengapa kita tidak mendapatkan apa yang kita idam-idamkan? Buka Surah Al Baqarah : 216.

“Diwajibkan atas kamu berperang, padahal itu tidak menyenangkan bagimu. Tetapi boleh jadi kamu tidak menyenangi sesuatu padahal itu baik bagimu, dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu padahal itu tidak baik bagimu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.”[Q.S. 2:216].

  • Muncul rasa pesismis dalam benak ini? Obatnya ada pada Surah Ali Imran : 139.

“Dan jangalah kamu (merasa) lemah, dan jangan (pula) bersedih hati, sebab kamu paling tinggi (derajatnya), jika kamu orang beriman” [Q.S 3:139]

  • Bagaimana cara menghadapai masalah kita? Caranya ada di Surah Ali Imran : 200 dan Al Baqarah : 45-46.

“Wahai orang-orang yang beriman! Bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu dan tetaplah bersiap siaga (di perbatasan negrimu) dan bertakwalah kepada Allah agar kamu beruntung.” [Q.S 3:200].

“Dan mohonlah pertolongan (kapada Allah) dengan sabar dan sholat. Dan (sholat) itu sungguh berat kecuali bagi orang-orang yang khusyu. Yaitu mereka yang yakin, bahwa mereka akan menemui Tuhannya, dan bahwa mereka akan kembali kepada-Nya.” [Q.S. 2:45-46].

  • Lalu apa yang kita akan dapatkan dari semua ini? Jawabanya ada pada Surah At-Taubah : 111.

“Sesungguhnya allah membeli dari orang-orang mukmin, baik diri maupun harta mereka dengan memberikan surga untuk mereka. Mereka berperang di jalan Allah; sehingga mereka membunuh dan terbunuh, (sebagai) janji yang benar dari Allah di dalam Taurat, Injil, dan Al-Qur’an. Dan siapakah yang lebih menepati janji selain Allah? Maka bergembiralah dengan jual beli yang telah kamu lakukan itu, dan demikian itulah kemenangan yang agung.” [Q.S. 9:111].

Sub’hanallah.. Semoga ayat-ayat diatas senantiasa terngiang di hati kita. Sehingga ketika masalah itu datang kita tak perlu ragu, sedih, dan putus asa. Karena harapan itu selalu ada dan karena solusi itu selalu ada. ^^

You Might Also Like

0 komentar

Terima kasih sudah mampir. Semoga bisa bermanfaat selalu :) Amin.
Jangan lupa komentarmu ya, karena komentarmu adalah semangatku untuk terus berbagi ^^)

Komentar yang mengandung SARA, link hidup, dan spamming akan dihapus ya.. Terima kasih atas perhatiannya :)