Aksi vs Reaksi

Wednesday, November 27, 2013

Bismillah.
Assalamualaikum.

Hari ini alhamdulilah... dapat pengetahuan baru. Hari ini aku belajar banyak hal. Dan yang paling aku sadari adalah bagaimana aksi dan reaksi sangat berpengaruh dalam kehidupan kita setiap hari.

Apa sih makna aksi dan reaksi ini? Kayak pelajaran kimia ya? Dimana ketika kita mengambil suatu cairan dan mencampurkannya dengan zat kimia lain maka akan terjadi reaksi diantara keduanya. Jadi aksinya adalah tindakan pencampuran zat kimia. Sedangkan reaksi adalah tindakan yang terjadi setelah pencampuran dilakukan. Itulah aksi dan reaksi.

Jika kita compare kedalam kehidupan kita sehari hari maka aksi reaksi sangat mudah ditemui. Contohnya adalah seorang tukang bakso lewat di depan rumah yang ditandai dengan bunyi mangkok yg di pukul. Orang yang sangat ingin makan bakso akana segera lari keluar rumah. Sedangkan orang yang tidak ingin akan tetap diam dan asyik dengan kesibukannya sendiri. Itulah salah satu aksi dan rekasi yang terjadi dalam kehidupan kita. Aksi bisa jadi satu namun reaksi bisa jadi bermacam macam. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa reaksi tergantung dari apa yang kita inginkan.

Hukum aksi reaksi ini berlaku dimana saja. Setiap kali ada aksi pasti mampu menghasilkan reaksi. Ketika kita bertemu dengan hal yang tidak kita suka maka kita tentu akan bereaksi memperlihatkan rasa tak suka itu. Yang paling menyebalkan adalah jika kita tak mampu membedakan mana reaksi yang tepat dan mana pula yang cocok untuk setiap kondisi dan pada akhirnya menghasilkan reaksi yang tidak diharapkan.

Sekarang mari kita menelaah bagaimana hukum ini bisa membuat hidup kita bahagia.
Jadi tadi kita sudah tawa bahwa setiap aksi (tindakan) akan menghasilkan reaksi yang berbeda setiap orang. Agar hidup kita bahagia maka akan tergantung dari reaksi yang kita lakukan. Setiap aksi jahat yang orang lain lakukan kepada diri ini, akan berbeda hasilnya jika kita bereaksi berlebihan dibandingkan beraksi seperti sabar, menerahkan diri kepada Allah. Jadi jika ingin hidup bahagia, berikanlah reaksi yang cukup dan pilihlah reaksi yang membuat diri kita bahagia. Tanpa perlu marah, kecewa, gundah, gelisah. Tetapi tetap memilih tindakan yang baik kepada orang lain. Segalanya akan bahagia ketika kita melakukan aksi yang baik dan reaksi yang sewajar wajarnya yang membuat diri kita bahagia.

Intinya, buatlah diri kita bahagia, apapun yg org lain lakukan pada kita. Kitalah yang harus mencari cara agar tindakan mereka tak membuat kita sengsara malah membuat kita bahagia. Justru ketika kita membuat reaksi kita menjadi bahagia, takkan ada yang tersakiti, dan semuanya menjadi bahagia bersama. ;) ;)

Dari aksi vs reaksi ini, I will always try find the way to solve problem around me ;) make your life happy ;)

Sekian. Alhamdulillah.
Wassalam ;)

You Might Also Like

0 komentar

Terima kasih sudah mampir. Semoga bisa bermanfaat selalu :) Amin.
Jangan lupa komentarmu ya, karena komentarmu adalah semangatku untuk terus berbagi ^^)

Komentar yang mengandung SARA, link hidup, dan spamming akan dihapus ya.. Terima kasih atas perhatiannya :)