My Habits, You?

Thursday, November 07, 2013

Bismillah.

Finally, I already finish read how to master your habits. Ternyata segala sesuatu bisa saja kita lakukan. Yang terpenting adalah kita mau untuk mewujudkannya. Bukan hanya sekedar mewujudkan namun dapat dilakukan secara otomatis. Bagaimana caranya? Cukup 2 cara yaitu practice and repetition (praktek dan pengulangan).

Perlu diingat juga bahwa untuk melakukan kedua hal tersebut tentu saja kalian mau tau step stepnya bukan? Nah, pertama2 hal yang harus dilakukan adalah menuliskan apa yang ingin anda jadikan habit atau kebiasaan dalam hidup ini? Kemudian tentukan waktu2 atau tempat dmana kalian melakukannya. Setelah itu tinggal melakukan practice dan pengulangan atas apa yang kalian jadwalkan. Oke, kalian pasti berpikir. Listnya sih gampang tp mulainya itu lhoo yang susah. Lah, klo masalah itu sih gampang. "Just do it" tapi kan yg susah itu. Aku bilang sih caranya yaaa "Just do it aja" dan begitu seterusnya.

Nah, selain itu setelah kalian mulai membentuk habit, hal yang diperlukan adalah istiqomah alias komitment untuk membentuk habits yg kita inginkan. Caranya? Gampangggggg tinggal melakukannya terus menerus. Kan namanya juga habits artinya kebiasaan. Ala bisa karena biasa kan. Ala biasa karena dilakukan terus menerus.
Awalnya bisa jdi dimulai dari paksaan, mungkin memang seakan tersiksa but no pain no gain bro n sis. Tapi kalau sudah biasa yaa dapet keahlian. Tinggal kalian aja mau memilih yg mana? Maka dari itu sangat disarankan bagi pemula untuk menetapkan target yg tidak terlalu tinggiii. Knp? Nyesek juga artinya dan mungkin bakalan gampang k.o. Kan bukan banyaknya dlu? Tapi habitnya dlu yang di bangun. Banyaknya akan bertambah siring waktu kok. Percaya dehhh...

Pokoknya intinyaa dibiasakan aja dlu. klo terbiasakan jadi gampang. Caranya yaa dengan apa??? Practice and repetition (pengulangan). Pengulangan artinya dilakukan terus menerus. Pernah coba? Ohhh iyaaa.. ini lagi tahap pembetukan habits.

Habit yang mau aku bentuk awalnya cuman beberapa:
1. Baca alquran 1 hal. after magrib
2. Membaca 10 hal/hari or 1 jam/hari setelah sholat isya
3. Baca al-matsurah pagi n petang
4. Sholat tahajjud
5. Sholat dhuha
6. Menulis sebelum tidur

Nahh... itu tuh habit yang pengen aku bentuk. Bgmana dengan kalian? Intinya cuman practice and repetition. So, guysss just do it now, not make excuses klo perlu ngasi hukuman atau marah sama diri sendiri ketika nga ngelakuin itu, dan komit sama apa yang kalian inginkan (jika kalian berasa down back to why nya aja, knapa kalian mau melakukan itu semua?) ^^

Oh iya, satu hal lagi katanya habit itu akan terbentuk jika dilakukan selama 30 hari dan seelahnya akan menjadi otomatis. Tapi ingat 30 hari berturut-turut. Contoh paling konkritnya adalah pas bulan ramadhan dimana kita harus berpuasa selama 30 hari berturut2. Sebenarnya dari situ akan terbentuk habit baru yang otpmatis dapat kita lakukan ketika kita benar2 melakukannya. Eh, untuk info yang lebih jelas bisa beli atau pinjam bukunya aja. Disitu lebih jelas dan kata2nya terurai dengan baik, sederhana, dan sangat mudah dimengerti.

Yang saya jelaskan diatas adalah hasil dari membaca buku "how to master your habits". Dan itu beberapa habits yang ingin saya bentuk. Mulai sekarang atau tidak sama sekali tergantung kalian. Menunda hanya akan menunda keahlian yanh harusnya didapat sejak sekarang. Kalian bisa membuat program "30 hari make my habit". Like I do ;)

So goodluck yaa for your new habits ^^

Alhamdullah.. 1 tulisan selesai :)

place:Jalan Cendrawasih, Mariso, Makassar, South Sulawesi 90113

You Might Also Like

0 komentar

Terima kasih sudah mampir. Semoga bisa bermanfaat selalu :) Amin.
Jangan lupa komentarmu ya, karena komentarmu adalah semangatku untuk terus berbagi ^^)

Komentar yang mengandung SARA, link hidup, dan spamming akan dihapus ya.. Terima kasih atas perhatiannya :)