Apa TOEFL itu?

Monday, June 16, 2014

Bismillahirrahmaniarrahim.

Hallo teman-teman, baru-baru ini aku belajar untuk mengikuti test TOEFL ITP. mungkin di benak teman-teman bertanya apa sih TOEFL itu? hmm.. disini akan aku jelaskan sedikit tentang TOEFL. so, enjoy reading ya.

TOEFL merupakan kepanjangan dari Test of English as Foreign Language. Tes ini merupakan sebuah tes dimana kita bisa mengetahui kemampuan bahasa inggris kita melalu scoring system TOEFL dari hasil tes TOEFL itu sendiri.

Jadi nantinya kita akan mendapatkan hasil tes berupa score untuk mengetahui sejauh mana kemampuan bahasa inggris kita. TOEFL iani terdiri dari 3 macam, yaitu TOEFL ITP (paper base test = tes tulis menggunakan kertas), TOEFL CBT (Computer Base Test = test menggunakan komputer), dan TOEFL iBT (internet Base Test = tes menggunakan komputer dengan online sistem). Rentang scorenya berbeda-beda. Kali ini kita akan membahasa lebih kepada TOEFL ITP.  Untuk rentang score dari TOEFL ITP ini  adalah 250 – 670 (tolong di koreksi jika salah ya). semakin tinggi score yang diperoleh maka itu membuktikan tingginya tingkat kemampuan berbahasa inggris kita.

Dalam tes TOEFL ITP ini biasanya terdapat tiga sesi, yaitu Listening comprehension (pemahaman dalam mendengarkan), Structure dan Written Expression (struktur dan ungkapan, secara tertulis berkaitan dengan English Grammar atau tata bahasa Inggris), Reading comprehension (pemahaman bacaan). Sebenarnya ada satu lagi yaitu writing, namun untuk TOEFL ITP sekarang ini sudah tak lagi ada.

Apa saja kegunaan TOEFL?
Mungkin teman bertanya, kenapa sih harus ikut test TOEFL? apa saja kegunaannya? kalau sudah tahu score kita terus gimana? Nah, sebenarnya tes ini bukan hanya untuk melihat kemampuan kita saja, tetapi dapat menjadi bukti tertulis yang di akui oleh setiap kalangan untuk mengukur kemampuan bahasa inggris seseorang. Sehingga banyak sekali universitas yang mensyaratkan adanya bukti score kemampuan bahasa inggris kita ketika kita ingin mendaftarkan diri di universitas di luar negeri. Salah satunya adalah TOEFL. Score TOEFL ini sangat dibutuhkan terutama mendaftar S2 dan S3 di univeritas manapun. Apalagi bagi yang ingin melanjutkan kuliah di luar negeri. TOEFL ini merupakan salah-satu persyaratan. Biasanya rentang nilai minimal untuk mendaftar S2 & S3 adalah 500 untuk dalam negeri dan 550 untuk di luar negeri. Oleh karena itu, banyak tempat kursus yang menyediakan fasilitas kursus TOEFL untuk membantu meningkatkan score TOEFLnya.

Tes TOEFL ITP (Institutional Testing Program)  sebenarnya sudah jarang digunakan. Namun, ini masih digunakan di Indonesia. Di beberapa negara sudah tak lagi menggunkan TOEFL ini dikarenakan sudah ada TOEFL iBT yang kini sifatnya international. Selain itu, ada beberapa universitas yang tak lagi menerima TOEFL ITP namun TOEFL yang berlaku internasional. Nah, di Indonesia yang berlaku international hanyalah TOEFL iBT. Biayanya lumayan besar, yaitu sekitar 180 USD. Oleh karena itu, sebelum memilih tes pastikan dulu apakah universitasnya menerima TOEFL ITP atau tidak?

Alhamdulillah, universitas yang akan aku daftari masih menerima TOEFL ITP. Jadi, aku pun mengambil tes TOEFL bulan ini. Alhamdulillah, tesnya sudah selesai pekan lalu. Insya Allah di berikan score nilai yang tinggi oleh Allah swt. Amin.

Nah, sekarang teman-teman sudah tahukan TOEFL itu apa? selanjutnya aku ingin mensharingkan beberapa tips & trik hasil belajarku untuk menjawab soal test TOEFL. Karena uang yang pas-pasan akhirnya aku memutuskan untuk belajar sendiri. Soalnya taking preparation course atau kursus TOEFL lumayan mahal. Jadinya uangnya langsung di gunakan untuk membayar tes TOEFL 450rb rupiah. Walau belajar sendiri, Insya Allah bisa diberi kemudahan dan nilai score yang baik dari Allah swt. Yang penting Berusaha, Never STOP, Never Give UP, dan tentu saja Berdoa dan Bertawakkal.

Oh iya, sekedar info buku yang aku gunakan untuk belajar adalah buku Longman Preparation Course for TOEFL Test (ITP). Kamu bisa membeli bukunya lewat online. Aku pernah searching & mendapatkan website yang menjual buku tersebut. Jadi googling aja yaaa..

Sekian dulu penjelasannya. Baca juga beberapa tips & trik dalam menjawab soal-soal TOEFL.

Semoga bermanfaat ya teman. Amin.

Jangan lupa tinggalkan jejakmu di kolom komentar ya.. Follow juga untuk mendapatkan update postingan tentang TOEFL dan lainnya. Terima kasih ^^

Alhamdulillah ya Allah ^^

You Might Also Like

1 komentar

  1. kamu daftar di universitas apa? bagi infonya dong :)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir. Semoga bisa bermanfaat selalu :) Amin.
Jangan lupa komentarmu ya, karena komentarmu adalah semangatku untuk terus berbagi ^^)

Komentar yang mengandung SARA, link hidup, dan spamming akan dihapus ya.. Terima kasih atas perhatiannya :)