Tarbiyah Dzatiyah

Thursday, June 12, 2014

Kita tentu bersyukur atas nikmat yang diberikan oleh ALLAH ta’ala . Kita tentu senantiasa mengucapkan Allahamdulillah… Namun pernahkah kita berfikir bahwa apakah itu cukup mewakili rasa syukur kita kepada ALLAH swt. Padahal begitu banyak nikmat yang ALLAH berikan kepada kita, baik yang kita sedari maupun tidak… karena pasti banyak diantara kita yng tidak sadar akan kebesaran nikmat yang ALLAH swt. berikan.

Kita tentu tidak berpuas diri dengan amalan-amalan yang dikerjakan saat ini.. pastilah kita ingin berada pada derajat yang lebih tinggi dari sekarang. Dimana setiap orang diperintahkan untuk meningkatkan derajatnya disisi ALLAH swt.

Membaca judul diatas, terbersit di benak kita apa sih tarbiah dzatiyah?Nah, sebelumnya kita telaah dulu apa itu tarbiyah. Tarbiyah  adalah sejumlah sarana tarbiah (pembianaan) yang diberikan oleh seorang muslim/muslimah atau kepada dirinya untuk membentuk kepribadian islam yang sempurna di seluruh sisinya yakni iman, akhlak, sosial, dan lain-lain yang membawa kita menuju ke tingkatan manusia muslim yang sesungguhnya.

Tarbiah Dzatiyah itu sendiri adalah tarbiah seseorang kepada diri sendiri. Lihat urgensi tarbiah disini

 

@dipindahkan dari blog Cerminan Qalbu | evhy kamaluddin, Nov 27, 2009

You Might Also Like

0 komentar

Terima kasih sudah mampir. Semoga bisa bermanfaat selalu :) Amin.
Jangan lupa komentarmu ya, karena komentarmu adalah semangatku untuk terus berbagi ^^)

Komentar yang mengandung SARA, link hidup, dan spamming akan dihapus ya.. Terima kasih atas perhatiannya :)