Tes Akding PLN

Saturday, June 14, 2014

Bismillahirrahmanirrahim.

Alhamdulillah. aku lulus tes pertama PLN, yaitu GAT. Selanjutnya adalah tes akding alias Akademik dan bahasa inggris. Pengumuman datang sehari sebelum tes. wah.. agak panik juga waktu itu. Tapi tetap harus siap.

Setelah mendapatkan konfirmasi dari pihak penyelenggara tes yaitu Poltek UPG, aku langsung membuka website pengumuman. Jadwal tes tertera disana. Di website tetulis tes akan diadakan pada tanggal 6 dan 7 juni 2014. Untuk Elektro tes diselenggarakan pukul 9.00am. Untuk Elektronika tes diselenggarakan pukul 1.30pm. Untungnya aku dari jurusan elektronika. Jadi tak perlu datang pagi-pagi. hehehe..

Tes akademik elektronika berkode EC. Tesnya kebanyakan berisi tentang SCADA. Soal terdiri dari 50 nomor yang harus dijawab jika tak salah ingat. 40 soal menanyakan hal-hal tentang scada, selebihnya adalah PLC dan syarat tegangan, serta range frequesi. Jadi, bagi teman-teman yang berjurusan sama yaitu elektronika. Cukup pelajari tentang hal-hal yang saya sebutkan tadi. Insya Allah bisa menjawab soal-soalnya. Amin.

Ini beberapa hal yang penting tentang scada, yaitu: kepanjangan dari SCADA, komponen-kompenen SCADA beserta fungsinya, hardware & softwarenya, cara pemilihan dan evaluasi hardwarenya, Aplikasi apa saja yang dibutuhkan oleh SCADA (aplikasi SCADA membutuhkan apa?), SCADA yang memiliki jaringan internet harus memiliki komponen apa saja? Jaringan komunikasi pada SCADA membutuhkan apa? Untuk mengakses SCADA di webroser harus dipasangkan apa? Jalur atau jaringan komunikasinya melalui apa?.

Untuk PLC, pelajari saja LADDER Diagram. Pelajari fungsi AND dan OR. Pelajari juga fungsi-fungsi dasar lainnya seperti SET, RESET, Timer, Master Control, etc. Hal lain yang perlu diperhatikan juga adalah syarat sistem penghantar dan sistem distribusi. Tips untuk menjawab soal di tes akademik ini adalah jawablah soal yang dianggap benar. Karena 1 jawaban benar bernilai +4 dan jawaban salah bernilai –1.

Untuk tes Bahasa inggris, tes ini bisa di bilang tes TOEFL. Tes ini terdiri dari listening, structure & written expression, dan reading. Untuk menjawab soal-saolnya, saya sarankan belajar tentang strategi TOEFL. Buku yang saya sarankan adalah buku LOngman. Buku ini berisi banyak strategi dan pengetahuan yang insya Allah sangat berguna untuk kita. Apalagi bagi yang ingin mengambil tes TOEFL. Tips dalam tes TOEFL adalah don’t leave the blank answer. Jangan ada soal yang tidak dijawab. Karena tidak akan ada pengurangan nilai. Jadi jawab saja dengan feeling jika tidak tahu.

Tes bahasa inggris ini di adakan pada tanggal 7 juni 2014, pukul 1.30pm. Alhamdulillah paginya mengikuti tes toefl, jadi tips toeflnya masih teringat. Karena aku memang sudah merencanakan sebelumnya akan tes toefl pagi itu. Alhamdulillah, untung saja Allah swt. memberi waktu tes yang berbeda. Jadi, tak perlu ada yang dikorbankan.

Walau dalam tes bahasa inggris ini sedikit bermasalah dengan listeningnya, namun Alhamdulillah semua terjawab. Hasilnya tinggal aku serahkan segalanya kepada Allah swt. Yang Maha Mengatur dan Menetapkan. Amin.

Semoga bermanfaat, Insya Allah ^^

Alhamdulillah^^

You Might Also Like

20 komentar

  1. itu yang dimaksud syarat tegangan ap ? dan range frekuensi apa?
    tq

    ReplyDelete
  2. tanya donk
    yg syarat tegangan tu, syarat tegangan apa? sm range frekuensi apa?
    tq

    ReplyDelete
  3. @Anonymous Itu syarat tegangan untuk dan range frekuensi untuk distribusi tegangan listrik. Klo ngga salah ingat sih

    ReplyDelete
  4. @marintis fabianus Itu syarat tegangan dan range frekuensi pada system distribusi listrik. Klo ngga salah ingat yaa..

    ReplyDelete
  5. kalau elektro bidang elektronika ntar soalnya dapat yg elektronika nggak ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, Klo mas jurusannya pas daftar di elektronika nanti dapat soalnya elektronika. Tapi klo daftarnya di jurusan yang arus listrik, soalnya dapat yang khusus arus listrik mas. Soalnya jadi beda. Jadi tergantung mas daftar kode yang mana waktu pendaftaran PLN :)

      Semangat tesnya mas ^^

      Delete
  6. kalao utk elektro bidang elektronika soalnya gmn ya, masuk ke elektro atau ke elektronikanya ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf banget baru sempat bales mas. Testnya diatas untuk elektronika mas

      Delete
  7. Makasih banyak infonya.. kurang beberapa menit lagi saya akan menghadapi tes ini.. hehe

    ReplyDelete
  8. sangat membantu infonya , matur tengkyu XD

    ReplyDelete
  9. Mbak saya mau tanya.
    Kalau jurusannya dari teknik informatika, kira2 soalnya sama seperti yg mbak bilang di atas nggak? Atau mungkin mbak pernah tau sedikit ttg soal akding utk jurusan teknik informatika?
    Terima kasih. Mohon bantuannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya kurang tahu kalau misalnya teknik informatika.. Mohon maaf sebesar-besarnya.. Good luck for the test :D

      Delete
  10. Mbak tanya. Kalau untuk jurusan teknik informatika bagaimana ya? Apa mbak pernah sedikit tau ttg tes akding utk jurusan teknik informatika?

    Mohon bantuannya, terima kasih :)

    ReplyDelete
  11. Terima kasih, sangat membantu

    ReplyDelete
  12. mb mw tanya
    kalo ambil jrusan akuntansi, soal akademiknya berhubungan ma akuntansi ad SDM.nya ia

    ReplyDelete
  13. Mbak makasih infonya, mau tanya sekalian, kalo tes PLN nya ambil arus lemah sama gak kisi kisinya dengan elektronika ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduhh.. Maaf mba saya kurang tahu.

      Btw, terima kasih sudah mampir dan alhamdulillah jika informasi ini sangat bermanfaat.. :)

      Delete
  14. mba maaf mau nanya bukannya kalau tridak salah tes akding jika jawab benar plus4 jika salah min1???

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir. Semoga bisa bermanfaat selalu :) Amin.
Jangan lupa komentarmu ya, karena komentarmu adalah semangatku untuk terus berbagi ^^)

Komentar yang mengandung SARA, link hidup, dan spamming akan dihapus ya.. Terima kasih atas perhatiannya :)