Tes GAT PLN

Saturday, June 14, 2014

Bismillahirrahmanirrahim.
Alhamdulillah, aku lulus berkas untuk tes PLN tahun ini. Ini pertama kalinya aku memasukkan lamaran ke PLN. Hal ini dikarenakan, setelah sekian lama, kali ini PLN membuka pendaftaran untuk wanita. Aku pun mendaftar bersama teman-teman seperjuangan. Alhamdulillah, kami semua lulus berkas. Kami semua mendapat panggilan untuk mengambil kartu tes.
Pengumuman tes pertama pun keluar. Tes tertulis pertama adalah tes GAT atau General Aptitude tes. Tes ini diadakan di Poltek UPG pada tanggal 2 juni 2014.
Tes GAT ini merupakan tes psikotes, dan pengetahuan umum. Setelah mengikuti tes ini, bisa dibilang bahwa tes ini lebih kepada mengandalkan kecepatan dan pemanfaatan waktu. Mengapa? Karena dalam tes, akan ada beberapa part yang akan dijawab. Setiap part terdiri dari 10 nomor. Setiap part memiliki waktu untuk dikerjakan.
Ini beberapa tips dalam mengerjakan tes ini:
  1. Tetap tenang, namun usahakan mengerjakan dengan secepat mungkin. karena waktunya sangat singkat
  2. Jawab saja sebisanya. dan dengarkan baik-baik instruksi dari instruktor
  3. JIka tidak sempat mengerjakan semua soal dan saatnya untuk berpindah. Maka pindahlah terlebih dahulu. Selesaikan soal selanjutnya. Jika sudah selesai dan Instruktor belum mengatakan pindah, maka kembalilah ke sesi sebelumnya. Kita bisa memilih sesi mana yang belum diselesaikan sebelumnya yang ingin diselesaikan. tapi ingat, jika instruktor sudah bilang pindah, maka pindahlah ke sesi yang dimaksudkan.
  4. Jangan meyontek dan membuat terlalu banyak gerakan yang tidak perlu karena berusaha menyontek. Focus saja pada pengerjaan soal. Jika rejeki takkan kemana^^
  5. Sesi ke-dua dari terakhir adalah menggulingkan kotak seperti dadu. Ikuti instruksinya. lalu bayangkan gambar yang muncul setelah melakukan instruksi. Perhatikan Instruksi baik-baik. Jika balok di gulingkan ke kiri satu kali, lalu di……….. satu kali, maka gambar yang tampak adalah… lalu pilihlah jawaban yang sesuai dengan bayangan setelah melakukan instruksinya.
  6. Sesi terakhir adalah sesi yang mengandalkan ingatan. Akan ada kata-kata yang harus diingat. Jadi ada lima kategori kata, yaitu Bunga, Burung, Perkakas, Seni, dan Binatang (waktu saya). Setiap kategori terdiri dari 5 kata yang perlu diingat. Yang perlu diingat adalah mengingat huruf awal dari tiap kategori. Soal yang harus dijawab pada sesi ini kurang lebih seperti ini : kategori dari sesuatu yang berawalan huruf “A” adalah …. . Dan kalian harus memilih dari 5 kategori tersebut. Tips lainnya adalah untuk menghemat waktu, tak perlu membaca soalnya, tinggal liat hurufnya dan jawablah. Karena 10 Soalnya adalah sama. Yang berbeda hanya hurufnya.

Oke, sekian pengalaman mengikuti tes ini. Semoga bermanfaat.
Alhamdulillah ^^

You Might Also Like

0 komentar

Terima kasih sudah mampir. Semoga bisa bermanfaat selalu :) Amin.
Jangan lupa komentarmu ya, karena komentarmu adalah semangatku untuk terus berbagi ^^)

Komentar yang mengandung SARA, link hidup, dan spamming akan dihapus ya.. Terima kasih atas perhatiannya :)