Tips di Hari Tes TOEFL

Monday, June 16, 2014

Bismillahirrahmanirrahim.

Setelah selesai mempersiapkan diri untuk belajar. Teman-teman tentu juga harus mempersiapkan diri menghadapi hari H. Jangan sampai teman hanya siap untuk menjawab soal karena sudah mempelajari tips-tips yang ada. namun, teman-teman lupa bahwa akan ada hari H dimana kita akan mejalani tes. Tentu teman-teman tak ingin melewatkan tes tersebut karena tidak memperhatikan hal-hal yang perlu di persiapkan di hari H. ini beberapa pengalaman yang saya dapat ketika hari tes.

hal-hal yang perlu diperhatikan:

  1. Jangan lupa membawa KTP, Pensil 2B, rautan pensil, dan penghapus. Ini adalah bagian yang sangat penting. karena biasanya pihak penyelenggara tidak menyediakan kelengkapan tersebut. Serta jika tidak memiliki KTP tidak akan bisa mengikuti ujian. Papan pengalas hanya sebagai cadangan. tapi biasanya tempat tes menyediakan kursi dengan meja yang sudah rata dan licin. jadi tak di perlukan lagi papan pengalas.
  2. Untuk pakaian tidak ada standar khusus yang penting sopan dan memakai sepatu.
  3. Tes ini dalam bentuk tes komputer answer sheet. Lembar jawabanya berupa lembar jawaban komputer yang di periksa melalui komputer, seperti halnya jika kita ujian nasional. Jadi, teman-teman benar-benar harus memperhatikan bulatannya baik-baik. Oleh karena itu, untuk persiapan hari H, teman-teman harus sudah terbiasa latihan membulatkan. hal ini, agar proses membulatkan di hari H berjalan lancar dan cepat, sehingga tidak menghabiskan banyak waktu. jangan sampai teman-teman seperti saya, Ketika hari H baru menemukan answer sheetnya seperti itu dan tak pernah latihan sebelumnya. akibatnya saya jadi kehabisan banyak waktu, dan akhirnya sesi II (structure & Writing Comprehension) terlewatkan kurang lebih 9 atau 10 nomor yang tak sempat terbaca dan harus berpindah ke section berikutnya.
  4. Tunggulah aba-aba dari supervisor yang mengawasi jalannya ujian. jangan langsung melakukan sesuatu sendiri.
  5. Jangan terlambat! usahakan hadir 30 atau 15 menit sebelumnya. Malamnya usahakan tidur cepat dan jangan bergadang agar segar di hari H.
  6. Gunakan waktu sebaik-baiknya. terutama Sesi II (structure & written expression) karena waktunya sangat singkat sekali 25 menit untuk 40 soal.  Untuk sesi Reading Comprehension 45 menit untuk menjawab 50 soal.
  7. Ingat! Jika sudah masuk ke satu sesi maka kita tidak bisa kembali untuk melihat soal di sesi sebelumnya. karena itu dianggap curang. jadi jika punya kasus seperti saya di atas. maka teman-teman tinggal mengisi jawaban yang blank tadi tanpa melihat soal. Pilihlah satu jawaban dari A,B,C, atau D. Pilih satu jawaban untuk semua. Misalnya yang tidak sempat terjawab adalah nomor 30 – 40. jika sudah memilih salah satu jawaban, misalnya B untuk no.30 maka pilihlah B juga untuk nomor-nomor selanjutnya. jangan selang seling. Oleh karena itu berdoalah agar pilihan Anda adalah benar.
  8. Jangan menulis apapun pada lembar soal dan jawaban jika tidak di perintahkan.
  9. Jangan mengotori lembar jawaban, serta usahakan jangan sampai terlipat ya
  10. Be Focus, Relax, dan santai namun tetap memperhatikan waktu. Jangan terlalu tegang.
  11. Jangan menyontek, karena akan langsung di keluarkan oleh bapak/ibu pengawas.
  12. Pastikan semua identitas diri yang di lingkari di lembar jawaban adalah benar dan sesuai dengan KTP.
  13. Jangan menggunakan joki atau berbuat curang apapun karena akibatnya bisa fatal.
  14. Pastikan semua jawaban terisi karena ketika waktu habis maka tidak akan ada waktu tambahan untuk mereview jawaban. Petugas pengawas akan langsung mengambil lembar jawaban.
  15. Jangan lupa berdoa dan mendekatkan diri kepada Allah swt. berserah diri pada-Nya agar diberi kemudahan, kelancaran, dan ketepatan dalam menjawab soal baik waktu maupun jawabannya. Amin.

itu sedikit tips yang aku peroleh dari mengikuti tes TOEFL. Semoga bermanfaat ya teman. Amin. Jika punya pengalaman lain dan tips lain mohon di share di komentar yaa teman Senyum

Jangan lupa tinggalkan jejakmu di kolom komentar ya.. Follow juga untuk mendapatkan update postingan tentang TOEFL dan lainnya. Terima kasih ^^

Alhamdulillah ^^

You Might Also Like

2 komentar

  1. Makasih banyak sist tips-nya. Skor saya lumayan tinggi di tes pertama setelah baca tips ini hehehe

    ReplyDelete
  2. @Rizki Septiana Sama-sama. Alhamdulillah.. ikut senang atas score TOEFL yang memuaskan hati ^^

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir. Semoga bisa bermanfaat selalu :) Amin.
Jangan lupa komentarmu ya, karena komentarmu adalah semangatku untuk terus berbagi ^^)

Komentar yang mengandung SARA, link hidup, dan spamming akan dihapus ya.. Terima kasih atas perhatiannya :)