Tips & Trik Menjawab soal Listening TOEFL

Monday, June 16, 2014

Bismillahirrahmanirrahim.
Alhamdulillah, baru-baru ini sudah tes TOEFL. Tinggal menunggu hasil tesnya. Semoga memuaskan dan diberikan yang terbaik dari Allah swt. Amin. Untuk tes yang aku ikuti kali ini bukanlah prediction test melainkan test TOEFL ITP yang harus bayar 450rb rupiah. Jadi, harus benar-benar mempersiapkan diri baik-baik. Walau hanya belajar sendiri tanpa kursus kali ini, tapi tetap berharap bisa mendapatkan nilai yang bagus dan maksimal. AMin.
Eh, kok jadi cerita sih. Maap yaa. Oke, kali ini aku akan mensharingkan lagi hal yang aku pelajari tentang test TOEFL. Untuk sesi ini, akan membahas tips dan trik menjawab soal listening comprehansion.
sedikit penjelasan tentang Listening Comprehension atau pemahaman dalam mendengarkan, adalah part awal dalam test TOEFL. Di part ini kita akan mendengarkan suara dari tape recorder dan di soal hanya akan tertulis pilihan jawaban. Jadi, kita takkan bisa melihat scrip (teks tertulis) di part ini. Di sini kita diharuskan untuk memilih jawaban yang tepat sesuai yang dikatakan pada tape recorder. Hmm.. lumayan menakutkan bagi yang belum terlalu banyak menguasai kosakata sehingga agak sulit untuk mengartikan apa yang dikatakan oleh bule di tape recorder tadi. Tapi, teman-teman tak perlu khawatir. karena tulisan ini hadir untuk membantu teman-teman dalam menjawab soal walau tak memahami ucapan sang bule tadi. Insya Allah, bisa membantu dan diterapkan dalam menjawab test TOEFL ITP teman nanti. Amin.
Jadi, di Part ini terbagi lagi atas 3 part yaitu Part A, B, and C. Sebelum kita memasuki penjelasan tiap part secara mendetail. Terlebih dahulu saya ingin memberikan tips & trik secara general dalam menjawab soal ini. Tipsnya yaitu:
  • Be Familiar with direction. Dalam setiap part akan ada direction yang dibacakan oleh sang bule dari tape recorder. Direction ini akan selalu sama di setiap test toefl. jadi sesungguhnya tak perlu mendengarkan baik-baik dierction yang ada. kalian benar-benar harus sudah tahu dan familiar dengan direction tersebut sebelum mengikuti test.
  • Selama direction dibacakan, silahkan melihat-lihat pilihan jawaban yang ada. Bisa di tebak kira-kira apa pertayaan untuk pilihan jawaban tersebut.
  • Listen carefully to the conversations and talks. Jadi kalian harus betul-betul berkonsentrasi untuk mendengarkan apa yang diucapkan dalam tape recorder tadi. mengapa? Karena hanya akan di putar sekali saja. Jadi tetap berkonsentrasi yaa..
  • Know where the esier and more difficult question are generally found. setiap part dari sesi listening comprehension yaitu dari soal yang mudah hingga ke soal yang sukar.
  • Never leave any answer blank on your answer sheet. jangan pernah mengosongkan lembar jawaban. jika tidak tahu, maka jawab saja/ isi saja lembar jawaban berdasarkan feeling teman-teman. Kira-kira manakah jawaban yang benar. sebab tidak akan ada pengurangan nilai jikalau pun jawabannya salah. Jika benar, Alhamdulillah kan?
  • Selama pengerjaan, jika selesai mengerjakan soal pertama dan masih ada waktu tersisa sebelum si bule berpindah ke soal berikutnya, gunakan waktu tersebut untuk melihat pilihan jawaban berikutnya. jadi teman-teman sudah siap untuk menjawab soal, tinggal focus mendengarkan, lalu memilih jawaban yang tepat ^^
Sekarang kita masuk kepada penjelasan singkat dari part dalam listening comprehension.
1. PART A
Part A merupakan short conversation atau percakapan singkat dua orang. Part ini terdiri dari 30 short conversation yang diikuti oleh pertanyaan di setiap conversation yang harus dijawab setiap 1 short conversation selesai.
General tips untuk part ini adalah:
  • Focus kepada second line (pembicara kedua). Jawaban pertanyaan dari pertanyaan biasanya di pembicara kedua.
  • Biasanya jawabannya merupakan re-statement (pernyataan ulang)dari kata kunci yang terdapat di pembicara kedua. Jadi apa yang didengar bisa jadi katanya tidak sama dengan apa yang tertulis dipilihan jawaban, namun memiliki maksud yang sama dengan yang diucapkan oleh sang bule pembicara kedua.
  • Remember! pertanyaannya itu dari yang mudah (easy) – yang sukar (difficult)
  • if not understand the conversation,  maka:
    • jika hanya mengerti beberapa kata saja ---> pilihlah jawaban yang merupakan re-statement dari key word (kata kunci) yang di dengar atau dimengerti tadi
    • if not understand all, sama sekali tidak mengerti, pilihlah yang paling berbeda dengan apa yang kalian dengar
    • Never Choose an answer because it sounds like what you heard in the conversation. jadi, jangan pernah memilih jawaban karena sama dengan apa yang kalian dengar yaa
  • Remember! jawablah semua pertanyaan walaupu kalian tidak yakin dengan jawabanya. Never leave any answers blank. Jangan membuat lembar jawaban kosong yaa..
Contohnya:
image
Dari dialog di atas, pembicara kedua mengatakan I’ll say! , means bahwa si bule perempuan agree (setuju) dengan apa yang dikatakan oleh si bule pria (pembicara pertama). Jadi jawabannya adalah (C).
II. PART B
Part B merupakan part long conversation atau percakapan panjang. di part ini kita akan mendengarkan percakapan panjang dua orang bule. Jumlah percakapan di part in adalah dua. Setelah setiap percakapan selesai akan di ikuti dengan 3 atau 4 –5 pertanyaan. Biasanya di part ini lebih banyak membicarakan tentang school life, social issue, or a trip that someone is planning ataupun berita di United State (US).
III. Part C
Di part ini seseorang akan berbicara panjang. Di part ini terdiri dari 3 pembicaraan, masing-masing pembicaraan akan di ikuti pertanyaan 3 – 4 atau 5 pertanyaan. kemudian pilihlah jawaban yang benar sesuai dengan pertanyaan. Sama halnya dengan Part B, di Part ini juga kebanyakan membicarakan tentang American History, literatur, ataupun some school life.
Tips untuk menjawab soal Part B & C adalah sama, yaitu:
  • Focus in 1st line. Jadi fokuslah di line pertama dari tiap conversation ataupun talk. Karean baris pertama biasanya merupakan main idea, subject, ataupun topik yang sedang dibicarakan. Dan sering sekali akan ditanyakan pertanyaan tentang hal tersebut.
  • Sebelum mendengarkan conversation atau talk di setiap part, pada saat direction dibacakan atau jika ada waktu, lihatlah jawaban di Part B begitu pula jika sudah memasuki part C. sementara melihat jawaban, cobalah untuk:
    • Menerka topik yang akan kalian dengan nantinya
    • Menerka pertanyaan yang mungkin muncul dari kumpulan jawaban yang ada.
    • Terka ataupun simpulkan pertanyaan tentang what doing next?, when & where the conversation take place?, and who’s talking? pertanyaan ini sering sekali muncul di part ini.
  • Saat mendengarkan, determain topik dengan mendengarkan baik-baik bagian pertama (first line) dari percakapan.
  • Saat mendengarkan follow atau ikuti dengan melihat jawaban yang ada pada text book (buku soal) lalu usahakan untuk menerka jawaban yang tepat. Semua jawaban ada pada conversation atau talk, dan jawabannya sama dengan apa yang kalian dengar di tape.
  • Harus menerka jawabannya walaupun tak yakin. Ingat! jangan pernah membiarkan jawaban kosong.
  • Jika ada waktu yang tersisa gunakan untuk melihat jawaban pada text book. agar siap mendengar conversation atau talk selanjutnya.
Untuk strategi mendetail tentang PART A  dan contoh listening part B & C dibahas tersendiri di postingan lain di blog ini.
Nah, itulah beberapa tips yang bisa digunakan dalam menjawab soal listening comprehension. Ini aku pelajari sendiri dalam buku longman dan itulah conclutionnya. Semoga bermafaat ya teman. Amin. Jika punya tips lain silahkan di share di komentar ya ^^
Oh iya, jangan lupa tinggalkan jejakmu di kolom komentar. Follow juga untuk mendapatkan update postingan tentang TOEFL dan lainnya. Tolong di share ya ke yang lain. Terima kasih ^^
Alhamdulillahirobbilalamin. ^^

You Might Also Like

30 komentar

  1. Terimakasih shareny mba..sy baru mau nyoba test ini mba..mhn doa smg berhasil ya.. :)

    ReplyDelete
  2. mau tanya dong , kenapa yang di Part A , the short part kita harus milih jawaban yang gak kita dengar di audio ?

    ReplyDelete
  3. @Ebby febrima iya say. soalnya biasanya kita kurang jelas mendengar apa yang di ucapkan di audio.. pada akhirnya kita menebak bahwa tadi kira-kira dia mengucapkan ini. Nah, kita akhirnya milih jawaban yang ada katanya yang kedengarannya sama dengan yang di ucapkan sama si bule. Padahal sebenarnya bisa jadi itu hanya pengecoh.

    Karena dalam Part A, biasanya jawabannya itu merupakan pernyataan ulang dari kaliamat yang di ucapkan pembicara ke-2.

    Makanya jika kita tidak memahami kalimat yang di ucapkan pembicara ke-2, kita di sarankan memilih kalimat yang sangat berbeda dari apa yang kita dengar. Kecuali dalam hal keterangan waktu (tomorrow, yesterday, today, etc.).

    oh iya mba, maaf yaa baru balas. Sibuk sekali belakangan ini. Semoga penjelasan saya masih bisa bermanfaat :)

    ReplyDelete
  4. trims ilmunya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama. Semoga bermanfaat. Terima kasih sudah mampir :)

      Delete
  5. terima kasih, ini informasinya berguna sekali

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama.. Semoga bermanfaat. Terima kasih sudah mampir di blog saya :)

      Delete
  6. semoga menjadi amal jariah yang tak ada putusnya amin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiiinnnn.. Terima kasih sudah mampir. Semoga bermanfaat selalu ^^

      Delete
  7. Replies
    1. Sama-sama. semoga bermafaat.. :)
      Terima kasih sudah mampir di blog saya :)

      Delete
  8. Makasih bgt bro info nya, sangat bermanfaat buat saya. hehe
    Jangan Lupa mampir ke blog EXPO Lowongan Kerja Terbaru ane ya Lowongan Kerja BANK

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama.. Semoga bermanfaat selalu.
      Siippp.. Thanks for infonya.
      Terima kasih juga sudah mampir :)

      Delete
  9. Mba kalau bagian B dan C yg long story jawabannya sama kaya yg recorder?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak. apa yang di ucapkan di listening biasanya sama saja dengan yang tertulis :D mohon di koreksi bila ada kesalahan. Tapi setahu saya seperti itu. Part B & C tidak di RE-statement.

      Terus paling penting di part B, dengarkan baik-baik yang di awal + 2 percakapan awal.

      Untuk part C juga dengarkan baik-baik di awal.

      Delete
  10. good job, brother... it's very useful :) thank you

    ReplyDelete
  11. Thanks a lot kakak ..

    ReplyDelete
  12. Thanks a lot kakak

    ReplyDelete
  13. Thanks atas ilmu sharenya, bisa ditambahkan mbak teknik untuk reading sama structurenya gimana ya? saya kesulitan untuk TES Toefl EPT nya si LIA nih :( mohon bantu yaa

    ReplyDelete
  14. thanks ya,,,tas ilmu@....cman listening aja mbak, structure n reading bgaimana...aku sudah 3 x ikut sekalipun lum lwat.....

    ReplyDelete
  15. Big thanks for the share

    ReplyDelete
  16. Ada alamat facecbook...mau tanya lebih bnyak...jazakllah khair

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir. Semoga bisa bermanfaat selalu :) Amin.
Jangan lupa komentarmu ya, karena komentarmu adalah semangatku untuk terus berbagi ^^)

Komentar yang mengandung SARA, link hidup, dan spamming akan dihapus ya.. Terima kasih atas perhatiannya :)