English is Easy

Saturday, September 27, 2014

Bismillahirrahmanirrahim.

English is EasyHari ini hanya keluar untuk test TOEFL. Test ini adalah tahapan untuk menjadi english teacher di IEC Makassar. Sebelum menjalani test, aku masih sempat mempelajari beberapa hal. Alhamdulillah, bisa menjawab soal. Meskipun masih belum tahu apakah semua jawaban benar atau tidak. Semoga saja bisa mencapai target. Amin.

Sebelum test berlangsung terlebih dahulu kami mendapat beberapa penjelasan tentang TOEFL. Selain itu di berikan sedikit gambarang tentang seorang teacher. Teacher not just teaching but also need to learn. Yes, I really agree with that. We need learn much and hard before teach something to someone.

Sesungguhnya sebelum test, aku sangat deg-degan. Entah mengapa? yang pasti itu pengaruh sebelum test. Apa lagi test TOEFL. untung saja, teman-teman yang akan test bersamaku membuat suasana kelas jadi rame, lucu, dan fun. Deg-degan itu hilang dengan sendirinya. Lalu Mr.Sani, pemulik IEC sendiri yang akan mengawas dan mengetes kami. Sebelum mulai, aku di tanya-tanya terlebih dahulu. Pertanyaan dasar, like introdusing, activity, adress, and etc.

Lebih asyik dari hari ini adalah mendapatkan beberapa penjelasan tentang Tenses. Mungkin sebagian orang akan merasa mual jika mendengar kata tenses. Tapi tidak untuk yang satu ini. Mempelajarinya sangat menyenangkan hari ini. Kelas pun penuh keceriaan. Aku mendapat hal baru dan inspirasi baru hari ini. Senang deh…. Alhamdulillah.

“Berapakah tensis yang kalian ketahui?”

Jika di tanya demikian rata-rata dari kita akan menjawab 16 tensis. 16 tensis ini yang kita pelajari sejak SD (di masa sekarang), SMP, SMA, Kuliah, bahkan di tempat kursus. Namun ternyata perkembangan zaman memang pesat. Tidak hanya teknologi yang berkembang, namun bahasa juga tentu berkembang. Saat ini telah ada english modern.

Tahukah kalian berapa tenses yang ada saat ini? Ayoo coba tebak??? Berapa???

Hmmm.. pusing? Tenang! kali ini aku akan berbagi sedikit ilmu dari kelas tadi. Jika ingin lebih tahu dapat bergabung langsung menjadi salah satu murid di IEC. Eh, kok promosi? ah sudahlah. Anggap saja hadiah dari ilmu bermanfaat yang mereka berikan hari ini.

Jadi di english modern saat ini di kenal 2 tenses.

“Ah, serius??” Iya.. serius.

Ke dua tenses itu adalah
1.  Present
2. Past
Hanya ada dua waktu dalam english modern yaitu sekarang dan masa lampau.

Terus Future gimana?
Sebenanrnya future itu masuk di present. Hanya saja dalam perumusannya di tambahkan “will”. Jika kata “will” di hapus maka akan jadi present bukan? apalagi “will” sebenarnya adalah modals bukan verb. Yang membedakan antara past dan present kan hanya verbnya bukan?

Yang continous, perfect, itu gimana?
Sebenarnya continous, perfect, dan lain sebagainya di lebur menjadi kategori material. Material ini terdiri atas beberapa hal, yaitu Complete, duration, general, dll. Sayangnya hanya ingat yang ke-3 itu.

Contohnya?
Tahu Present perfect continous? Present perfect continous di gunakan untuk aktifitas yang terjadi di masa lampau dan masih berlangsung hingga saat ini. Bukankah begitu? Mari kita lebur penjelasaannya. Contoh:
Saya sedang membaca dari jam 10 sampai sekarang. (I have been reading from 1 hour). If you see the time, it’s more simple if we said “duration”, isn’t it? so, if we want to talk and explain about present perfect continous better we just said “it’s about duration for doing something”.

Bagaimana? sudah ada gambaran? Jika masih bingung tentang tenses, masuk saja di IEC Makassar. Mengapa? Karena dari kelas percobaan yang saya ikut, saya bisa langsung memahami dari pemberian contoh yang sederhana dari sang tutor.

I can directly use it without thinking much. It’s good! You just need less than 5 minutes to know and use it. I give thumbs to IEC Makassar. Just information, you can appear and join in English Corner TVRI. Because IEC Makassar is supported by TVRI. 

Bigitulah pelajaran menyenangkan hari ini yang memberi perspective baru. Belajar Grammar, bahasa inggris itu tak sesusah yang di bayangkan. Cukup belajar, memperhatikan, menikmati, dan latihan. If you get involve than you will get something ^^

English is easy :)

Alhamdulillahirabbil`alamin ^^

Makassar-Barombong, 27 Sep 2014

 

@herviana_k

You Might Also Like

0 komentar

Terima kasih sudah mampir. Semoga bisa bermanfaat selalu :) Amin.
Jangan lupa komentarmu ya, karena komentarmu adalah semangatku untuk terus berbagi ^^)

Komentar yang mengandung SARA, link hidup, dan spamming akan dihapus ya.. Terima kasih atas perhatiannya :)