Tips membuat Kue Brownis/Bolu(edisi Pemula)

Tuesday, December 09, 2014

Bismillahirrahmanirrahim.

tips membuat kueLangit biru nampak pagi ini. Cahaya matahari nampak dari sela-sela langit yang tak tertutupi awan. Suasana pagi yang sepi tak pernah ketinggalan. Aku membuka pintu pagi itu. Terlihat awan putih menghiasi langit.

Segarnya pagi memang selalu menenangkan hati. Aku pun kepikiran untuk membuat kue. Let’s make it.

Aku mulai menyiapkan bahan-bahan kue. Kali ini aku akan membuat kue brownis kukus. Ini adalah percobaan ke 3. Aku mencoba menemukan resep yang pas. Karena selama ini, brownisnya selalu saja kekurangan sesuatu. Entah kurang manis atau kurang sesuatu deh. Rasanya belum pas gitu lho. Bukan cuman segi rasanya sih, tapi texturenya juga masih butuh di perhatikan.

Usai menyiapakn bahan, waktunya diriku untuk mencampur bahan-bahan yang ada. Telur 4 butir, Baking powder, dan gula pasir di campur jadi satu. Mixer saja sampai betul-betul mengembang adonannya. Lepas tu (ala-ala ipin dan upin.. hihihihi), campurkan minyak goreng, air, tepung, dan coklat bubuk setelah adonan mengembang. Tadaaaa… Adonan siap untuk di kukus.

Aku pun mulai mengukus. Kata kakak, ngga usah diperiksa. Pake waktu saja untuk tahu kue sudang matang atau tidak. Oke, siiipp kak. Kata kakak sih, untuk kue yang lumayan tebal dan besar butuh waktu 25 menit untuk mematangkannya. Jadi aku bisa santai main game dulu sambil nunggu kue matang deh. Asiikk kan!

Pagi ini Aku mendapat banyak sekali ilmu. Berasa lagi dalam kelas. Judulnya “Kuliah 5 menit cara membuat adonan yang baik” hihihi. Ini nih beberapa tips di kelas pagi ini:

  1. Untuk membuat adonan kue (bolu, brownis, dan sejenisnya) agar tidak buntet, kocoklah adonan (mixer) dengan satu arah.
  2. Bagi yang menggunakan mixer, jika sudah menaikkan kecepatan, jangan di turunkan sebelum adonan mengembang. Jangan turun naik kecepatannya. Itu bisa membuat adonan kue jadi buntet atau kurang bagus. Turunkanlah kecepatan mixer ketika sudah akan berhenti.
  3. Jika adonan akan di campur dengan tepung dan coklat bubuk, campurlah dengan menggunakan sendok. Jangan mencampurnya dengan menggunakan mixer.
  4. Ada baiknya jika akan mencampur tepung dan coklat bubuk kedalam adonan, campurlah bersamaan. Katanya itu lebih baik untuk adonannya.
  5. Ingat! Texture dan rasa adonan juga tergantung dari teknik memasak dan pembuatan adonan itu sendiri. Jadi perhatikan ya cara pembuatan adonannya.
  6. Untuk lebih banyak tahu lagi, bisa berlangganan sama majalah untuk pemula. Bisa juga langsung tanya sama om google sih, biar biaya lebih murah (apalagi kalau pake WiFi gratisan.. hehehehe)

OKay, sekian dulu Tips kali ini. Semoga bermanfaat ya..
Jika ada saran, pengalaman, dan tips lain, bolehlah di bagi di area komentar di bawah ya teman ^^

Selamat Mencoba. Semoga Berhasil ^^

Alhamdulillahirabbil`alamin ^^

Makassar-Barombong, 8 Desember 2014

You Might Also Like

0 komentar

Terima kasih sudah mampir. Semoga bisa bermanfaat selalu :) Amin.
Jangan lupa komentarmu ya, karena komentarmu adalah semangatku untuk terus berbagi ^^)

Komentar yang mengandung SARA, link hidup, dan spamming akan dihapus ya.. Terima kasih atas perhatiannya :)