Persiapan KGSPku

Monday, January 12, 2015

Bismillahirrahmanirrahim.

Saat ini menjelang waktu-waktu pendaftaran KGSP. Aku mulai sibuk menyiapkan berkas-berkasku. Aku juga gencar untuk mendapatkan sebanyak-banyaknya informasi tentang pengurusan ini dan itu. Aku pun menghubungi beberapa teman yang cukup punya pengalaman.

Dari hasil komunikasi itu, aku mendapatkan banyak sekali informasi bermanfaat. Terutama dalam hal menerjemahkan dokument. Dokumen-dokument applikasi harus dalam bahasa inggris. Ijazah, Transkrip nilai, dan KTP orang tua yang harus di translasi ke dalam bahasa inggris.

Huffttt…

Selain berkas tersebut masih banyak hal lain yang harus di perhatikan yaitu pengisian form application, meminta surat rekomendasi dari dosen atau ketua jurusan atau dekan ataupun rektor universitas, self-introduction (personal statement), dan study plan. Semua itu harus di persiapkan dengan matang. Karena ini adalah part yang paling signifikan dalam menentukan kelulusan kita dalam meraih beaiswa. Oleh karenanya, dokumen ini harus disiapkan sematang dan seteliti mungkin. Apalagi panitia biasanya melihat keseriusan kita dalam mendapatkan beasiswa itu dari ke 4 dokumen ini.

Bisa dibilang, tingkat pengerjaannya memang lumayan sulit. Kita benar-benar harus fight dalam menyelesaikannya. Aku pun melakukan banyak hal untuk memperisapkan hal ini matang-matang. Apalagi universitas yang akan aku daftari adalah TOP University. Pesaingnya tentu banyak.

********************

Hal-hal berkut adalah persiapanku hingga saat ini:
Persiapan Apply Kuliah di korea
PERSIAPA Lanjutan
-http://www.uni.edu/~gotera/gradapp/stmtpurpose.htm (DONE) (buka linknya for study plan)
-Baca KGSP 2014, apa2 syarat dan dokumennya --> catat apa-apa berkasnya dan syarat2 pentingnya.
-Baca lagi syarat dan dokumennya SNU --> Buka lagi websitenya SNU bagian admission (Besok) --> Tanya kapan buka lagi applicationnya untuk KGSP --> (next week) (DONE)
-BAca tips&trick apply KGSP by Nasikun --> Nanti tanya-tanya hal penting (DONE)
-Baca cara membuat personal statement
-Baca cara membuat study plan
-Urus berkas (Translate KK, Make Study Plan, Personal Statement, Legalisir Passpor-->Fotocopy dulu, etc)
-urus reccomendation letter --> After KGSP-SNU Graduate Program buka. --> Urus ke Pak Rhiza & Pak Andani, Min SSAEM (Target)
-Berdoa
-Tanya mas nasikun--> Kalau udah ada terjemahan terus ada stempel sworn translatornya dari institute tertentu itu yang asli bukan copyan itu ngga perlu di sahkan lagi legalitasnya ke notaris? Misalnya KTP sama aktekelahiran itu diterjemahkan dimana? Terus kalau apply KGSP lewat Univ ke SNU, harus ngikutin syarat pendaftaran SNU atau ngikutin syarat pendaftaran KGSP Aja? publisher itu maksudnya apa sih? Apakah dlm bentuk jurnal yg sudah di publikasikan atau bgaimana? itu berhubungan dengan penelitian? mohon bantuannya. MAsih bingung mas (DONE)

-buka di websitenya soulmaks tulisan yg saya buat untuk majalah. (DONE)
-Buka website SNU tentang coursenya di situ. (DONE)
-buka websitenya UNHAS (DONE)

SEMANGAT.. No time for proscastinate
INSYA ALLAH Bisa...


Persiapan I
-Besok Cari professor yang bisa di contact untuk di korea yang consern dengan NLP --> liat2 di WEBSITEnya (DONE)
-Tanya seonsaengnim tentang universitas yang bagus untuk computer science (Done)
-Tanya emi tentang Kak Adi yang di korea
-Liat di AIESEC Korea yg kuliah di bagian komputer science, hubungi salah satunya --> Ngga jadi karena udah dapat orang yg kuliah sama dengan jurusan dan univ yg mau aku apply
-Tanya kak dede, siapa tahu punya kenalan --> Buka FB dongs.. --> Tanya kak dede.. ada kenalannya tidak yang kuliah dibagian computer science (DONE)
-Buka websitenya perpika.com --> cari siapa yang kuliah di bagian komputer science (DONE)
-Tanya kak adit lagi :) --> buka blognya :) --> Ngga jadi, udah dapat jawaban yang mau aku tanyakan.
- Buka websitenya SNU dan buka lagi labnya. Mereka concern apa lagi disana. --> DONE
-Terus hubungi professornya untuk mendapatkan kejelasan --> Ngga jadi, more focus sama Study plan sama personal statement
- Tanya Dhija & Indra ssi tentang Application (DONE)

INSYA ALLAH BISA```````

****************

Hal-hal ini aku jalani. Aku jajaki satu persatu. Nama-nama yang tertera diatas adalah orang-orang yang sudah berpengalaman apply dan bahkan lulus mendapatkan beasiswa KGSP. Beberapa diantara mereka sedang menjalani kuliah di KOREA saat ini.

Semua persiapa aku tulis di sticky noteku. Segalanya harus jelas. Ini beberaa berkas dari SNU tengah ku persiapkan:

*************

Berkas SNU-KGSP
- Application Form --> Cari info kapan buka applicationnya. --> pake form application untuk KGSP-SNU
- Ijazah Translate (DONE)
- Transkrip nilai Translate (DONE)
- KK Translate --> Bawa ke
- Personal Statement --> Googling --> How to write personal statement --> buka lagi websitenya perpika.com
- Study Plan
- Research Plan
- Financial Support (Beasiswa)
- Passport (DONE) --> should be legalisir
- TOEFL Certificate (DONE)
-surat recomendasi dr ketua jurusan, dr dosen yang menganal baik pribadi kita

prepare all document and send it to:
Seoul National University Building 150, 4F, 1 Gwanak-ro, Gwanak-gu, Seoul 151-742

************

Sebenarnya yang aku ingin tekankan disini adalah berjuanglah mati-matian untuk mendapatkan apa yang kita inginkan. Jangan pernah malu bertanya walau harus mencoreng rasa malu. Tetap semangat apapun yang terjadi. Manusia itu memang tugasnya berusaha dan berdoa. Yang menetapkan adalah Allah swt. So, usahakan yang terbaik agar Allah swt. bisa melihat bahwa kita pantas mendapatkannya.

Semangat terus.. dan terus berjuangggg!!!! Segala usaha takkan pernah sia-sia ^^ Mohon doanya ya.. :)

Alhamdulillahirabbil`alamin ^^

Makassar, 11 Januari 2015

You Might Also Like

106 komentar

  1. Replies
    1. Saya daftar S2 kemarin :D
      Btw, terima kasih sudah mampir di blog saya :D

      Delete
  2. Kak aku juga pengen apply buat kgsp u tapi masih tahun 2017.. hehe.. persyaratannya sama aja gak sih sama yang s2? Iyaa kak hehehe samasama :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau yang KGSP-U saya kurang tahu. Persyaratannya berebeda dengan KGSP Graduate. Vina bisa cari di http://www.studyinkorea.go.kr. coba cari persyaratan KGSP-U tahun-tahun sebelumnya (bisa dicari dari tahun 2014 - 2015 dan nanti cari tahu juga untuk yang 2016). biasanya persyratannya sama saja dari tahun-tahun sebelumnya. So, persiapkan baik-baik semua dokumen-dokumen yang dibutuhkan. persiapkan bahasa korea dan bahasa inggris. Terlebih bahasa inggris sih. Kamu masih punya 2 tahun persiapan, so persiapakan baik-baik dari sekarang. Jangan menunda-nunda persiapannya, persiapan yang baik insya Allah akan menghasilkan sesuatu yang baik pula dan tak ada ruginya.

      So, SEMANGAT untuk persiapannya Vina :D

      Delete
  3. Jadi kamu apply beasiswa untuk tahun 2015/2016 ???
    Btw berkasnya apa aja yg harus di translate ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo retno, maaf baru balas yaa...
      Iya, saya apply untuk tahun ini, Tapi belum rejeki. Ngga lulus pas tahap ke-2.
      Yang harus di translate adalah ijazah, transkrip, KTP orangtua, Akte kelahiran, kalau sudah alm. harus ada surat kematiannya di translate juga ke bhs.inggris.

      Delete
    2. Halo Kak Evhy, jadi kaka ini dulu daftarnya via Universitas kan ya? Maksud kaka ngga lulus pas tahap ke-2 tuh gmn ka? Udah lulus kampusnya tapi pas diseleksi di NIIED nya yg gagal ka?

      Delete
    3. Hallo Mine, iya saya lulus pas Univnya untuk tahap awal dan tidak lolos pas tahap ke 2. sedangkan tahap ke-2 itu yang seleksi dari NIIED. Seleksi dari NIIED hanyalah seleksi berkas dan kita tinggal menunggu pengumuman sekitar bulan mei. Semangat!!

      Delete
  4. Hai Evhy, boleh kah aku minta kontak yg bisa aku hubungi? Aku juga lagi prepare untuk daftar KGSP Master Degree, tahun depan tapi hehe :D pengen tanya-tanya pas lagi seleksinya atau sekedar chit chat gitu. Btw, kamu prepare ini untuk apply tahun ini yg bulan Maret kemarin atau untuk tahun depan?

    Makasih ya..
    Salam kenal, Icak ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo priska,

      iya boleh... bisa tanya-tanya apa saja... lewat email aja bisa kok. email aja di : evhy.kamaluddin@gmail.com.

      Good luck yaa :D

      Delete
    2. Halo Evhy, terimakasih yah atas Info dan ceritanya yang sangat bermanfaat. Oh ya, aku mau tanya, kalau Ijazah dan Transkrip nilai kita sudah memiliki 2 bahasa yaitu bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris apa harus ditranslate lagi menggunakan Jasa Penerjemah Tersumpah?

      Delete
    3. Hallo wilda, kalau udah punya yang bahasa inggris ngga usah di terjemahkan lagi.

      Delete
  5. Halo Evhy, salam kenal nama saya shindy. Terima kasih atas sharingnya, sangat bermanfaat. Saya secara pribadi merasa terbantu dengan post yang Evhy buat ^^. Ada beberapa pertanyaan yang ingin saya tanyakan mengenai dokumen yang harus dikirim untuk KGSP.
    1. apakah original document itu document yang sudah dilegalisir? Tertulis di panduan untuk menyertakan extra 3 set copy. Apakah 3 set copy itu juga harus dilegalisir?
    2. Untuk dokumen yang sudah dalam bahasa inggris (ijazah,transkrip,nilai IELTS) apakah harus di sahkan oleh notaris dan di cap oleh kedubes Korea?
    3. Untuk dokumen dalam bahasa indonesia setelah di translate apakah harus disahkan notaris dan di cap kedubes korea?
    Setau saya, kedubes korea hanya memberikan cap untuk dokumen yang disahkan oleh notaris.
    Terima kasih atas waktu dan infonya. Salam kenal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo shindy, salam kenal. Terima kasih sudah mampir di blog.

      1. Iya. Original document itu yang sudah di legalisir. Untuk extracopy ngga perlu di legalisir lagi.

      2. Setahu saya tidak harus. Yang penting yang dikumpulkan adalah original document

      3. Dokument yg sudah di translate selain ijasah dan transkrip bisa langsung di kumpulkan yang aslinya. Jadi dokument original yg ada stempel basah dari lembaga yang mentranslate dokument itu. Jika memang mau yang copyan untuk jadi original, solusinya di sahkan di notaris. Setahu saya notaris itu nanti hanya menyatakan bahwa dokumen copyan itu sah serta seperti aslinya.

      Semoga bermanfaat. Semangat untuk applicationnya ;)

      Delete
  6. Mutiara Rizki Dwi MasyithaJanuary 8, 2016 at 9:49 AM

    Halo Kak Evhy salam kenal nama saya Mutiara. Saya ingin bertanya perihal KGSP Graduate.

    1. Apakah untuk apply KGSP for graduated harus disesuaikan dengan jurusan saat menempuh S1?
    2. Untuk apply KGSP ini apakah harus menghubungi salah satu dosen dari universitas yang ada di Korea yang ingin dijadikan pembimbing selama studi disana?
    3. Deadline pengiriman KGSP for graduated sekitar bulan Maret. Jika saya baru bisa lulus 5 bulan setelah deadline tersebut, apakah bisa menggunakan ijazah bayangan yang menjamin harus lulus per sebelum 31 Agustus yang dibuat dan disahkan dari rektorat?
    4. Apakah ada syarat khusus terutama minimal TOEFL score?

    Mohon pencerahannya ya, Kak. Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo mutiara salam kenal juga. Terima kasih udah mampir di blog.
      Saya coba jawab satu-satu ya..

      1. Apakah untuk apply KGSP for graduated harus disesuaikan dengan jurusan saat menempuh S1?
      => setahu saya sih tidak harus. Teman saya punya teman yang kuliah S2 di korea tapi beda jurusan dari S1nya. Kalau ngga salah beliau juga awardee KGSP


      2. Untuk apply KGSP ini apakah harus menghubungi salah satu dosen dari universitas yang ada di Korea yang ingin dijadikan pembimbing selama studi disana?
      => tidak harus kok. Untuk apply cukup dengan melengkapi semua berkas dan persyaratan yang ada. Untuk apply via univ. biasanya ada persyaratan tambahan. So, kamu baca baik-baik guidelinenya nanti. Misalnya di SNU, paling tidak kita harus memilih salah seorang professor untuk menjadi pembimbing kita walaupun belum ada komunikasi dengan pembimbing yg kita pilih tersebut sebelumnya. Tentu saja pemilihan professornya disesuaikan dengan bidang yang digeluti oleh professor.


      3. Deadline pengiriman KGSP for graduated sekitar bulan Maret. Jika saya baru bisa lulus 5 bulan setelah deadline tersebut, apakah bisa menggunakan ijazah bayangan yang menjamin harus lulus per sebelum 31 Agustus yang dibuat dan disahkan dari rektorat?
      => iya, setahu saya bisa. Kalau ngga salah ada di guidelinenya kok.

      4. Apakah ada syarat khusus terutama minimal TOEFL score?
      => di KGSP, syarat TOEFL/IELTS/TOPIK adalah optional. Kalau tidak ada tidak apa-apa. Tapi alahkah bagusnya kalau ada, katanya itu bisa jadi point plus untuk penilaian applikasi kita.

      Sekian penjelasannya. Semoga jawabannya sesuai harapan, dan mencerahkan. Terima kasih. Semoga bermanfaat.. Good luck untuk applicationnya ;)

      Delete
    2. Hallo mutiara salam kenal juga. Terima kasih udah mampir di blog.
      Saya coba jawab satu-satu ya..

      1. Apakah untuk apply KGSP for graduated harus disesuaikan dengan jurusan saat menempuh S1?
      => setahu saya sih tidak harus. Teman saya punya teman yang kuliah S2 di korea tapi beda jurusan dari S1nya. Kalau ngga salah beliau juga awardee KGSP


      2. Untuk apply KGSP ini apakah harus menghubungi salah satu dosen dari universitas yang ada di Korea yang ingin dijadikan pembimbing selama studi disana?
      => tidak harus kok. Untuk apply cukup dengan melengkapi semua berkas dan persyaratan yang ada. Untuk apply via univ. biasanya ada persyaratan tambahan. So, kamu baca baik-baik guidelinenya nanti. Misalnya di SNU, paling tidak kita harus memilih salah seorang professor untuk menjadi pembimbing kita walaupun belum ada komunikasi dengan pembimbing yg kita pilih tersebut sebelumnya. Tentu saja pemilihan professornya disesuaikan dengan bidang yang digeluti oleh professor.


      3. Deadline pengiriman KGSP for graduated sekitar bulan Maret. Jika saya baru bisa lulus 5 bulan setelah deadline tersebut, apakah bisa menggunakan ijazah bayangan yang menjamin harus lulus per sebelum 31 Agustus yang dibuat dan disahkan dari rektorat?
      => iya, setahu saya bisa. Kalau ngga salah ada di guidelinenya kok.

      4. Apakah ada syarat khusus terutama minimal TOEFL score?
      => di KGSP, syarat TOEFL/IELTS/TOPIK adalah optional. Kalau tidak ada tidak apa-apa. Tapi alahkah bagusnya kalau ada, katanya itu bisa jadi point plus untuk penilaian applikasi kita.

      Sekian penjelasannya. Semoga jawabannya sesuai harapan, dan mencerahkan. Terima kasih. Semoga bermanfaat.. Good luck untuk applicationnya ;)

      Delete
  7. Mutiara Rizki Dwi MasyithaJanuary 10, 2016 at 10:24 PM

    Thanks for fast replying, Kak Evhy. Masih berhubungan dengan pertanyaan nomer 1 nih.
    Semisal saya ingin apply S2 social science and humanities. Lalu bagaimana saya harus mencari recommendation letter dari dosen yang bersangkutan? Sedangkan bidang ilmu yg sedang saya tempuh saat ini adalah computer science yang notabene sangat jauh sekali dengan jurusan yang akan saya apply di KGSP nanti.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau untuk surat rekomendasi harus kita minta dari dosen yang benar-benar tahu tebtang kita. Misalnya dosen pembimbing kita. Ngga harus dari jurusan yang kita minati. Karena isi surat rekomendasinya berhubungan sama personality kita juga.

      Delete
  8. Mutiara Rizki Dwi MasyithaJanuary 11, 2016 at 12:41 PM

    Kak aku galau dan jd sedikit agak pesimis nih. Kemarin aku sempat nanya ke penerima kgsp, katanya kl daftar beda major itu peluangnya cuma dikit. Dan mereka rata2 kebanyakan nerima dr engineering kl gak natural science.
    Terus malah disaranin buat ngambil yg sejurusan aja biar gampang nantinya. Aku harus gimana kak? Tetep nekat apply atau mending gak usah sama sekali.
    Oh ya dulu kakak daftar jurusan apa yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu saya daftar jurusan computer science sih. Kalau aku sih selama kamu bisa meyakinkan mengapa memilih jurusan itu ya ngga apa2.. Rejeki kita kan Allah swt. yang menetapkan. Who knows kalau memang kamu pilih jurusan itu dengan alasan yang jelas dan kuat banget terus sejalan juga dengan aktivitas atau kejaan dan experience kamu selama ini, itu bisa saja menarik minat mereka, karena kamu punya skill yang dibutuhkan untuk mampu menyelesaikan penelitian kamu.

      Walau peluangnya kecil jangan langsung pesimis. Selama masih ada peluang, apply aja.. Kalau ngga lulus ya jadi pengalaman dan pelajaran berharga untuk berjuang lagi next time. Insya Allah pengalaman ini akan berguna dan kamu ngga bakalan kerepotan lagi kalau mau apply tahun depan.

      Jika gagal, paling tidak menambah daftar kegagalan. Katanya jika kita sudah pernah melewati 1000 kegagalan maka akan jadi expert dan ngga pernah lagi gagal. Tapi kita berdoa aja semoga Allah swt. berkenan untuk tidak membuatnya hingga 1000 cukup beberapa aja udah bisa diterima. Intinya jangan takut gagal. Kalau gagal kan tinggal coba lagi. Hehehe (panjang nihhh)..

      Semoga bermnafaat. Tetap semangat ya.. Mutiara 👍👍👍😉😉😉

      Delete
    2. Sekedar info, ada beberapa awardee KGSP yang akahirnya lulus mendapatkan beasiswa setelah mencoba 2-3 kali apply. Ngga ada batasannya kok kita harus apply sampai berapa kali. Yang penting usahain yang terbaik aja dan umur kamu belum melewati batas apply untuk S2 atau S3 :) hehehe

      Delete
  9. kak evhy pengalamannya bermanfaat banget ya kak hehehe. Aku mau tanya kak, untuk berkas yang harus di translate itukan ada akte kelahiran kak. kalau boleh tau itu akte kelahiran orang tua juga ya kak? mohon kk bantuannya:). Sekalian mau tanya, kakak tahun depan ada rencana ikut lagi enggak kak?. terima kasih kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamamdulillah jika bermanfaat terima kasih sudah mampir di blog.

      Untuk akte kelahiran, cukup akte kita saja. Orang tua cukup pake passport atau translate KTPnya. Insya Allah tahun ini ikut lagi diah. Semangat yaaa...

      Maaf ya baru balas. Sibuk pekan lalu.

      Delete
  10. Mutiara Rizki Dwi MasyithaJanuary 18, 2016 at 7:33 AM

    Wah dapet banget nih tipsnya kkkk~ Kak kalau daftar lewat kedutaan korea kan bisa milih 3 univ kan. Nah kalau misalnya aku daftar kayak gini bisa ndak?
    - HUFS int'l relation
    - Kyungsung int'l relation
    - Kyungsung broadcasting
    Kalau milih apakah ketiganya harus beda kampus atau gmn kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, bisa pilih 3 universitas. Saya kurang tahu. Ada baiknya kamu hubungi pihak panitia di embassy biar lebih jelas dan ngga salah informasi.penanggu g jawab beasiswa KGSP biasanya welcome banget dan bakal ngebalas email kita.

      Delete
    2. aku boleh minta kontak panitia kgsp embassynya gak?

      Delete
  11. Malem mba, saya evi dari ugm,thun ini pngen apply korean schilarship, saya ingin bertanya:
    1. Kalo ijazah sudah ada translate nya dari sekolah n ada stempel dari sekolah apakah masih perlu pengeaahan dari notaris?
    2. Dln kgsp kan disuruh semua dokumen dicopy 3rangkap, nah apakah dokumen copy teraebut juga harus di sahkan sama notaris?

    Mohon bantu jawabannya
    Terimakasih~~

    ReplyDelete
  12. Malem mba, saya evi dari ugm,thun ini pngen apply korean schilarship, saya ingin bertanya:
    1. Kalo ijazah sudah ada translate nya dari sekolah n ada stempel dari sekolah apakah masih perlu pengeaahan dari notaris?
    2. Dln kgsp kan disuruh semua dokumen dicopy 3rangkap, nah apakah dokumen copy teraebut juga harus di sahkan sama notaris?

    Mohon bantu jawabannya
    Terimakasih~~

    ReplyDelete
  13. Hay evi, wah nama panggilannya sama yaa.. Hehehe

    1. Klo udah di provide sm sekolah, ngga harus di sahkan lagi sama notaris.
    2. Copy 3 rangkap, ngga perlu lagi disahkan sama notaris. Yang disahkan oleh notaris adalah hanya document copyan yang ingin di ubah menjadi original (document copy itu sama dan sah seperti aslinya).

    Semoga bermanfaat. Semangat dan good luck untuk applicationnya :)

    ReplyDelete
  14. Mutiara Rizki Dwi MasyithaJanuary 25, 2016 at 9:31 AM

    Oh ya kakak ada informasi beasiswa S2 di korea selain KGSP nggak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu bisa daftar LPDP atau overseas Korean Studies (ini infonya bisa di dapat di website-nya NIEED). Silahkan googling aja informasinya.

      Delete
  15. assalamualaikum mbak, salam kenal, aq rika,, pngen nyoba kgsp juga,,
    tapi masih bingung ngisi2nya... tanya-tanya ya,,
    1. untuk fc paspor kn pas tahap apply gk wajib, baru kalo 2nd round nyusul gpp, berarti dikosongi gpp ya?
    2. kn di application form kira nulis kyak surname sama given name. kita orang indo gk punya gituan, ngisinya gimana???
    3. untuk translit dokumen semacam ktp kk gitu dimana? trus ada cap notaris juga gmna? masih gk paham harus menuju siapa
    oke itu dulu kayaknya,, makasih mbak sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikum salam warahmatullah..

      Hay Rika, salam kenal.

      1. Iya ngga apa-apa.. Sekarang untuk 2016 memang baru dikirimkan setelah dinyatakan lulus 2nd round.

      2. Kemarin saya cuman tulis sure name saja karena nama saya cuman 1 kata.

      3. Untuk translate bisa ke lembaga bahasa inggris atau pusat bahasa di kampus. jika kamu mengirikan dokumen asli cap basah dari translate-annya tidak perlu lagi cap notaris, kecuali kamu mengirimkan fotocopy-annya sebagai dokumen asli maka dibutuhkan cap notaris.

      Delete
    2. Semoga jawbannya bisa bermanfaat.. Terima kasih sudah berkunjung ya rika.

      Good luck fot Your Application :)

      Wassalam.

      Delete
  16. Halo Kak.. Aku Dwi dari Ponorogo. saya juga tertarik nih buat daftar jadi salah satu awardee KGSP Graduate tahun ini. saya mau nanya dong kak ^^
    1. Tahun lalu kakak daftarnya pake sertifikat TOEFL atau TOPIK gitu ngga? kalo iya yang kakak kumpulin apakah bener2 sertifikat aslinya? kan kita biasanya cuma dapet 1 sertifikat resminya.
    2. untuk FORM 2 itu kan ada Goal of Study & Study Plan, nah disitu dikasih petunjuk kalo suruh nyantumin judul penelitian untuk S2 kita kan kak (kalo "insha Allah" keterima)? apakah itu wajib dituliskan?

    itu dulu deh kak pertanyaan saya, semoga bisa menjawab ya kak :)
    Kamsahamnida~~~~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Dewi,

      1. Tahun lalu saya pake TOEFL. Saya mengungmpulkan sertifikat kecil yang asli. Sertifikat TOEFL sekarang ada 3, yang kecil itu yang saya kumpulkan.

      2. Goal of Study dan Study Plan, wkatu daftar kemarin saya menjelaskan secara singkat tentang apa-apa saja yang akan saya lakukan selama di korea nanti hingga selesai. untuk mencantumkan judul S2, kemarin saya tidak mencatumkan judulnya namun memberikan sedikit gambaran tentang apa yang akan saya teliti.

      Semoga jawabannya bisa bermanfaat.. terima kasih sudah berkunjung ke blog. GOOD LUCK for Your Application :)

      Delete
  17. hi ka, aku mau nanya soal recommendation letter di form 4, itu apakah cuman dibuat satu terus dikirim terpisah dari amplop (satu amplop dokumen asli, dan 3 amplop dokumen copy) dan dikirim terpisah, atau dibuat cuma di amplop berisi dokumen asli, atau di keempat amplop tersebut? ada berapa sih surat rekomendasi yg diperlukan? soalnya dibaca itu cuma satu, tapi di blog lain bacaya bisa 2 sama 3 org..
    mohon bantuannya ka. terima kasih banyak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hay,

      Untuk form 4 cukup di buat satu. Di guideline sudah di perjelas "ONE Reccomendation Letter". Dikirim bersamaan dengan dokumen lainnya. Untuk yang ini di seal dan tidak perlu dibuat rangkapnya. Nanti pihak embassy yang membuatkan copy rangkap 3 setelah mereka membukanya. Untuk lebih jelasnya, bisa dibaca di bagian FAQnya..

      Semoga bermanfaat.. terima kasih sudah berkunjung di blog. Good luck for your Application :)

      Delete
  18. Selamat malam mb Evhy, sy Sari dr UNY. Alhamdulillah saya menemukan blog yg bermanfaat banget ni sy udah baca-baca komen di atas. Semoga kebaikan mba Evhy menjawab pertanyaan-pertanyaan kami di balas oleh Allah. Aamiin.

    Sy insha Allah (seperti mb Evhy) akan apply KGSP tahun ini mb. Sy cuma ingin make sure.
    Poin 11. Applicant's Proof of Citizenship = bisa pakai passpor saja kan mba?
    Poin 12. Parent's Proof of Citizenship = bisa pakai KTP orang tua saja kan mb? Apakah bisa Ayah saja atau harus dua-duanya?

    Kalau misal dengan passpor dan KTP orang tua saja sudah cukup menjadi proof of citizenship, apakah perlu KK dan Akte juga?

    Terimakasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mbak sari,

      Aamiin...

      Untuk poin 11, iya mbak bisa pake passport aja.
      Untuk poin 12, Iya bisa pake KTP orang tua mbak. Tapi di includekan juga dengan akte kelahiran. KTP orang tua harus dua-duanya, ayah dan ibu. Jika salah satunya sudah meninggal harus disertakan surat keterangan kematian.

      Harus ada salah satunya mbak KK atau Akte kelahiran. Kalau saya kemarin pake Akte Kelahiran, jadi tidak perlu lagi mengirimkan KK. Kalau mau dua-duanya juga boleh.

      Semoga bermanfaat.. Terima kasih sudah mampir di blog. Good luck for your application :)

      Wassalam.

      Delete
  19. Hai mba ehvy

    Untuk pengisian application form di bagian GPA score percentile masih bingung isi'a gimana,terus untuk letter of self introduction and statement of purpose dulu mba ehvy berapa lembar buatnya?

    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hay mba ade,
      Untuk GPA scorenya, maksudnya yang bagian mana? untuk self introduction cukup 1 halaman, sedangkan untuk statement of purpose maksimal 2 halaman.

      semoga bermanfaat, terima kasih sudah mampir di blog yaa :)

      Delete
  20. halo mbak evhy, salam kenal, namaku fifi. sebelumnya terima kasih untuk postinganya sangat membantu sekali. insyallh sma sepeti mbak evhy thaun ini saya mau coba apply kGSP juga. karna ini bru pertama klinya, ada beberapa hal yang lumayan buat aku bingung. aku boleh minta kontaknya mbak yg kira-kira bisa aku hubungin buat tnya-tnya lebih jauh?
    terima kasih

    ReplyDelete
  21. halo mbak evhy..
    salam kenal, aku fifi. oh ya sebelunya terima kasih buat postingannya, sngat bermanfaat sekali. insyaalh sma seperti mbak evhy aku juga mau daftar KGSP tahun ini. tpi karena ini bru pertma lumayan bnyakk yg buat pusing. kalau boleh aku mau minta kontak mbak yg bisa di hubungin ? ada beberapa pertnyaan yg bener2 ingin q tnyaain. terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa kirim email ke : evhy.kamaluddin@gmail.com

      Delete
  22. Assalammualaikum..

    Sebelum nya terimakasih buat info bermanfaatnya kak..

    Saya mau tanya, kalo proof of citizenship, bisa g saya kirim akta kelahiran saya, dan akta kelahiran ortu saya? Tanpa menyisipkan KK.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikum salam. Insya Allah bisa.. Yang penting mengindikasikan hubungan antara parents dan kamu beserta nationalitynya.

      Delete
  23. Halo mbak Envy..
    Salam kenal, saya Widya..
    Makasi yaa tulisannya bagus dan runut, enak bacanya... :D
    saya berencana untuk apply KGSP tahun ini..
    Saya berencana apply via universitas..
    Ada beberapa yg ingin saya tanyakan:

    1. Terkait score TOEFL/IELTS, saya punyanya IELTS, apa copy dokumennya harus ke notariskan juga? apa bisa hasil scannya saja?

    2. Selain kirim dokumen via pos, kita juga diharuskan isi aplikasi online kah mbak? Saya sudah coba setiap hari, bahkan dinihari supaya lancar, tapi selalu traffic gitu mbak. Next buttonnya suka ga muncul, sekalinya muncul juga habis itu ga respon. Dulu mbak apply onlinenya gimana, minta tips-tipsnya mbak :)

    3. Mbak dulu ngirim dokumen via apa Fedex DHL atau EMS? Estimasi biayanya berapa dan sampainya kira2 berapa hari mbak?

    Terima kasih mbak Evhy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi mba evy
      Terimakasih atas infonya yang sangat berguna :)
      Mba, pertanyaan mba widya ini sama seperti yg akan saya tanya, bisa mba jawab dsini ga mba? Hehe
      Thanks in advance

      Delete
    2. Makasih sudah mampir di blog.

      1. untuk IELTS harus mengirimkan copy doc yang dari penyelenggara IELTSnya. kamu bisa tanya dulu di tempat kamu test.
      2. Tidak ada aplikasi via online untuk KGSP. semua via pos.
      3. Ngirim dokumennya di kantor pos Indonesia, itu EMS kali ya.. aku lupa namanya. kemarin sekitaran 180 dari Makassar. Tergantung daerahnya juga sih mba. bisa langsung tanya ke kantor pos.

      Semoga jawabannya bermanfaat mba, Good luck for your application :) Semangat!!

      Delete
  24. assalamualaikum kak..
    saya mau tanya soal penetapan lulus tahap kedua..
    kan katanya kakak ngak lulus pada tahap kedua, tahap kedua itu apa yaa kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, penetapan tahap ke dua yaitu pengumuman yang dikeluarkan di website resminya yang studyinkorea. Jika nama kita ada disana berarti kita dapat dinyatakan lulus.

      Delete
  25. asssalakum kaka..
    saya mau tanya soal tes tahap kedua, tes tahap kedua itu apa yaa kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumsalam
      Untuk test tahap dua maksud saya dari NEIID.. kemarin apply lewat univ. dari univnya Alhamdulillah lulus.

      Delete
  26. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insya Allah bisa, tapi lebih baiknya sertakan juga akte kelahiran kamu. kemarin pas apply saya cuman pake akte kelahiran, terjemahan KTP ayah, dan surat kematian ibu. kamu harus mengirimkan dokumen terjemahan aslinya atau fotocopy yang sudah dilegalisir dari institusi yang menerjemahkan.

      sekian, semoga bermanfaat. terima kasih sudah mampir di blog. semangat!! Good luck for your application

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. Asslamualaikum.

      1. Itu tergantung dari kamunya, karena kamu yg memilih univ dan jurusannya apa dan mau belajar tentang apa di masing-masing univ. Sesuaikan saja berdasarkan subject of studynya. Coba baca FAQnya klo ngga salah ada tentang ini.

      2. Harus pilih salah satu. Jika kedapatan ngirim 2 application maka akan langsung di diskualifikasi.

      Sekian. Wassalam.. Goid luck for your application ;)

      Delete
  27. assalamu'alaikum kak.. Kak mw nanyak
    -waktu kakak Apply dulu score toeflnya di atas 550 atau di bawahnya kak?
    -klo misalnya pakek preparatory bkn ITP ga bisa ya kak? krn saya punya nya priparatory.. dan ITP hanya waktu tertentu saja diadakan.... apa saya masukkan aja kak?
    -sebenarnya yang paling di nilai dari peserta calon mahasiswa ini apa yah kak?
    - bisa kasih saran ga kak pemilihan universitasnya.. ini pengalamn pertama saya dan saya juga dari jurusan "computer science"...
    jawabannya bisa dikirim ke email kak adahnadrah@gmail.com... Makasih kakak... Jazakillahi Khoiron..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa'alaikum salam.

      1. TOEFL adalah optional dalam KGSP. Jadi ada atau tidaknya tidak masalah. kemarin score saya dibawah 550. Tapi pastinya semakin tinggi semakin jadi nilai plus.

      2. Tergantung dari univ atau embassynya. Mending kamu tanya langsung aja ke mereka. Kemarin saya pake yang ITP.

      3. Banyak hal pastinya. di guideline ada kok di bagian application procedure bagian ke-5 => selection criteria.

      4. Kamu pilihnya sesuai bidang, minat, dan penelitian kamu apa nantinya biar lebih connect satu sama lain.

      sekian, semoga bermanfaat. Terima kasih sudah mampir di blog. Good luck for your application :)

      wassalam

      Delete
    2. Halo,, saya mau bantu jawab pertanyaa yg ini mengenai Toefl score..
      Saya juga mengalami kebingungan mengenai Toefl score ini, krn yg saya punya jg nilai Toefk Preparation. Setelah saya menghubungi pihak universitas di korea dan panitia NIIED, mereka menjawab hal yg sama, yaitu Toefl score adalah optional, kita tetap bisa mengirimkan berkas tanpa Toefl Score...
      Semga membantu ya...

      Delete
    3. Iya.. Nilai TOEFL itu optional.. Bisa dikirim bisa juga tidak. Kalau tidak ada nilai toefl juga ngga apa2..

      Delete
  28. SIANG MBAK EVY,


    wah, keren mbak,, dah buat list banget, aq baru dapat info,
    aduh ngebut jadinya, oia mbak,
    saya mau nyana beberapa point dibawah ini,
    1. Untuk KTP ibu apakah diterjemahkan lewat lembaga bahasa gitu bisa mbak?
    2. untuk surat kematian ayah saya apakah harus berbahsa inggris juga?

    3. untuk Kartu Keluarga berhubung saya sudah punya sendiri karena mengurus surat pindah ke batam, apkah saya juga harus melampirkan kartu keluarga tersebut?
    atau kartu keluarga lama saja ya mbak? dan harus berbahasa inggris?

    mbak boleh balas by email? supaya saya bisa komunikasi dengan mbak?


    terima kasih mbak,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siang,

      Makasih ya udah mampir di blog.

      1. Untuk KTP ibu bisa di terjemahkan lewat lembaga bahasa, saya juga begitu dokumennya

      2. Iya harus dalam bahasa inggris juga

      3. Lebih baik kartu keluarga yang lama aja, tapi masih ada nama ayahnya apa udah ngga ada? soalnyakan udah meninggal.. klo misalnya di surat kematian ada keterangan kewarganegaraannya, kamu bisa pake akte kelahiran, KTP Ibu yang ditranslate, sm surat kematian ayah yang ada kewarganegaraannya. itu udah cukup, ngga perlu KK lagi.

      emailny apa mba? email saya: evhy.kamaluddin@gmail.com

      Semoga bermanfaat ya mba, Aamiin
      Good luck for your application. Semoga sukses.. aamiin!!

      Delete
  29. wah mbak evy,

    terima kasih udah balas email aq,
    ini email saya zikria89.budiman@gmail.com

    saya juga ada email ke mbak evi,

    tapi saya khawatir email saya salah,

    terima kasih
    salam
    zikria

    ReplyDelete
  30. Assalamualaikum mbak evy, mohon maaf sebelumnya nih mbak. waktu mbak dinyatakan tidak lolos pada tahap kedua apakah si universitas tidak memberikan rekomendasi beasiswa lain ? terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikum salam. Tidak mba'. Proses masuk univ melalui KGSP itu berbeda dengan proses masuk universitas. Ada jalurnya masing-masing. Selain KGSP sebenarnya tiap univ punya beasiswa masing-masing. Ada yang sebelum masuk univ misalnya KGSP ada juga yang setelah masuk universitas dengan pertimbangan IPK dan prestasi

      Sekian. Terima kasih sudah mampir di blog ;)

      Delete
  31. Kak, mau tanya dong.
    Kalo akta kelahiran dan KTP ditranslate dan dilegalisasi oleh kantor kecamatan, apa perlu dilegalisai lagi oleh notaris?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau udah di dilegalisir sama pihak yang mengeluarkan dokumennya saya rasa udah ngga harus lagi di legalisasi di notaris. Dokumen sy ngga ada yg di legalisasi di notaris.

      Delete
  32. Assalamualaikum kak evhy, saya masih ada yang bingung nih untuk persaratannya. bisa ngga aku nanya2 lewat email? mohon bantuannya ya kak ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Email saya bisa ditemukan di beberapa komentar diatas atau di bagian kontak saya..

      Delete
  33. Assalamualaikum,.mav mau tanya... untuk syarat pendaftaran s3 KGSP harus ada rekomendasi dari profesor di universitas yang kita tuju kah?bagaimana cara mengetahui kontak profesor2 yang sesuai dengan bidang kita? atau rekomendasi dari profesor di Indonesia juga tidak apa2?
    Oo iya,.bagaimana cara mengakses jurnal2 khususnya pendidikan matematika di korea ya?
    mohon mav banyak pertanyaannya,. Saya tertarik sekali untuk mendapatkan beasiswa KGSP ini. Mohon bantu jawab ya. terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa'alaikum salam.

      Yg diminta adalah surat rekomendasi dari professor kita di previous universitas. Jadi mba mintanya di professor dimana mba mengambil S2 untuk daftar S3.

      Kontak professor bisa diliat di masing-masing Web universitas. Lengkap kok di websitenya.

      Untuk jurnal harus menghubungi teman yg ada di korea mungkin mba.

      Semoga bermanfaat. Terima kasih sdh mampir di blog.

      Delete
  34. selamat malam kak evhy, saya ega dari Surabaya. tahun ini berencana apply KGSP untuk graduate juga, tapi kalau mau apply lewat embassy sudah terlalu mepet. Saya berencana apply di Korea University dan HUFS, misal apply langsung 2-2 nya bisa ya kak? gak harus satu? terus kakak kirim dokumennya pakai jasa apa? terima kasih sebelumnya, semoga sukses :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat malam ega.

      Untuk apply lewat univ cuma boleh pilih 1. Jika kedapatan apply 2 univ. langsung di disqualifikasi.

      Kirim docnya bisa pake jasa EMS di kantor pos. Sy pake itu. Sampaiya sekitaran sepekan.

      Semoga bermanfaat. Terima kssih sdh mampir di blog. Good luck for your application yaaa... ;)

      Delete
  35. Hai evhy, infonya membantu bgt.
    anyway mo tanya,
    point 11, jika sudah punya passport masih harus pke akta kelahiran?
    point 12, passport ortu harus yg masih berlaku ya? jika sdh ada KK masih harus pakai surat keterangan kematian?
    sertifikat TOEFL harus yang asli ya? jika copyan bagaimana?

    terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hay, alhamdulillah jika bisa bermanfaat.

      Iyaa.. akte kelahiran bisa digunakan sebagai pengganti kk untuk melihat hubungan kekeluargaan atara ayah, ibu, dan anak.

      Hmm.. masalah yang ini saya kurang tau. Klo passport mungkin ngga masalah. Kalo misalnya kamu ganti dengan kk mungkin lebih baik daripada salah. Atau tanya ke pihak yg bertanggung jawab untuk beasiswa KGSP. Terus di KK yg baru biasanya yang meninggal sudah di hapus dr kartu keluarga. Makanya disertakan surat kematiannya. Semua dokumen yg related dengan ini digunakan untuk melihat kewarganegaraan jadi jika sudah ada doc. Yang menunjukkan itu insya Allah semua bisa di gunakan.

      Sertifikatnya biasaya yg dikumpulkan yang kecil. Itu adalah original copy. Ngga bisa di copy mba.

      Untuk sertifikat toefl itp yg sekarang ada 3 sertifikat. 2 yang besar 1 yg kecil. Bisa pilih salah satu diantaranya untuk dikirim. Atau bisa minta original copy dari pihak penyelnggara toeflnya. Biasanya di provide tapi ada biaya tambahan.

      Semoga bermanfaat. Good luck for your application 파이팅!!!!

      Delete
  36. Assalammualaikum kak.
    Mau tanya. Di guideline ny ada keterangan setiap dokumen harus dikasih label dikanan atasnya misal : 2. Self-introduction.

    Bisa jelasin g hrus ky gmn?
    Takut salah tangkap.

    ReplyDelete
  37. wa'alaikum salam

    monita kasi label di sebelah kanan atas dokumen sepert yang monita jelaskan. tapi kemarin saya kasi lebelnya mulai dari no.7 soalnya untuk application form - no.6 sudah ada tulisannya.
    tapi kalau mau dikasi label semuanya juga nggapapa kali ya..

    ReplyDelete
  38. Assalamualaikum, info nya bermanfaat sekali:) Saya jg jd salah satu yg berminat apply beasiswa ini. Ada hal yg msh bikin saya penasaran, untuk proof of citizenship, kalau kita gunakan KK apakah harus melampirkan Akta kelahiran juga?atau boleh hanya KK saja karena disana sudah ada kewarganegaraan saya dan kedua orgtua.
    Mohon infonya ya mba Evhy.. terima kasiiih...:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikum salam. terima kasih sudah mampir di blog.

      maaf yaa balasnya baru hari ini. semoga ngga telat. Sepertinya ngga harus sih. tapi sebaiknya lampirkan saja akte kelahirannya juga.

      Delete
  39. Anyeong.. salam kenal . Aku apply via university track trus dimintain confirmed by embassy utnk document transcript bachelorku. Aku bingung mau kontak kemana, sementara akunya di sulawesi. Please yr advice... gomawo :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Contact aja embassy yg di jakarta. Coba tanyakan apa yang diminta sama univnya via email.. Contactnya ada di guideline kgsp kok..

      Delete
  40. mbak mau tanya. kemarin saya nyari nyari dan ketemu persyaratan ini. "Persetujuan untuk Verifikasi Record of D2 Visa (Formulir 6)" bisa minta tolong dijelasin mbak?

    ReplyDelete
  41. mbak infonya bermanfaaat sekali. mbak saya juga mau tanya. kemarin saya cari infonya dan ada persyaratan ini "Persetujuan untuk Verifikasi Record of D2 Visa (Formulir 6)". bisa minta tolong dijelaskan mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baru liat hikss.. Maaf banget ya mba mery untuk visa D2 saya kurang tau ada baiknya tanya ke embassy koreanya langsung.

      Btw, terima kasih ya udah mampir :)

      Delete
  42. Hallo kak evhy,, untuk jurusan kuliah di kgsp itu apa aja ya??

    ReplyDelete
  43. Hallo kak evhy,, kalo jurusan kuliah di kgsp itu apa aja ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hay Annisa, untuk jurusan kuliah bisa kamu baca langsung di Guideline jelas kok di guidelinenya :)

      btw, makasih ya udah mampir :)

      Delete
  44. Halo ka salam kenal, saya mau tanya,
    1. kalo lewat embassy track kita kan diminta untuk siapin 1 dokumen original dan 3 Fc nya, nah, berarti yg 3 fc ini kita fc sendiri terus di sahkan di notaris bukan?
    2. ohiya mau ka recommend translate dokumen dimana nama lembaganya?
    3. kaka dulu tes TOEFL ITP dmn? boleh beri tahu nama lembaganya?
    please reply as soon as possible, gumawo... :))

    ReplyDelete
  45. ka aku email ke kaka, pleaseeee reply :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah di replay ya :) udah lama sih replaynya.. hahaha.. Maaf baru replay disini lulu :(

      Delete
  46. Hai Mba Evi..
    mau tanya dong, semua dokumen kan harus di translate dalam bahasa inggris. Nah apakah dokument yg berbahasa Indonesianya di kirim juga?

    Terimakasih!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hay Gaby, Kalau saya sih dokumen bahasa indonesianya saya kirim juga sebagai referensi.

      Maaf ya for late replay dan terima kasih sudah mampir :)

      Delete
  47. Unni, aku pengen apply buat kgsp yg undergraduate.. Kalo berkas2nha di translate sama guru bahasa inggris di sekolah bisa? Atau haris lewat notaris??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hay Herlina Sandy, Maaf banget baru replay..
      Saya kurang tahu untuk Undergraduate. Maaf Banget ngga bisa membantu.

      btw, thanks ya udah mampir :)

      Delete
  48. selamat malam kak..terima kasih untuk tulisannya, sangat membantu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama..
      TErima kasih sudah berkunjung. :)

      Delete
  49. tulisannya sangat membantu.terima kasih kak. boleh saya tanya2 lg ttg beasiswa ini lewat email kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan nisa :)
      Terima kadih sudah mampir ya :)

      Delete
  50. Hai...kak maaf nih mau nanya dong cara mengisi form application itu kaya mana caranya kak...mohon di jawab

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai..

      Hmm.. saya bingung juga mau jawab apa. kalau pertanyaannya spesifik mungkin bisa dibantu. Kalau cara mengisinya saya hanya bisa bilang tinggal di ketik dan isi aja

      Btw, terima kasih sudah mampir ya :)

      Delete
  51. Assalam,
    Salam kenal mba Evhy. Perkenalkan saya Ilmi, saya sudah baca panduan mba Evy di blog. Sekarang saya juga sementara mengurus kelengkapan berkas saya untuk apply kgsp. Saya mau tanya mba, saya kan belum punya paspor mba sementara di form kgsp meminta nomor paspor, apakah itu wajib diisi yang artian saya harus membuat paspor terlebih dahulu ? mohon bantuannya mba untuk kejelasannya, terima kasih sebelumnya mba :)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir. Semoga bisa bermanfaat selalu :) Amin.
Jangan lupa komentarmu ya, karena komentarmu adalah semangatku untuk terus berbagi ^^)

Komentar yang mengandung SARA, link hidup, dan spamming akan dihapus ya.. Terima kasih atas perhatiannya :)