Manfaat Olahraga Pagi

Saturday, March 28, 2015

Bismillahirrahmanirrahim.

Sudah 3 hari melakukan pola hidup sehat. Salah satunya adalah olahraga teratur di pagi hari. Alhamdulillah, setelah olahraga keringat bercucuran. Semoga racun-racun juga terbuang bersama keringat itu. Amin..

Alhamdulillah.. capek tak terasa setelah olahraga. Rasanya malah segar sekali dengan keringat yang membakar lemak jahat dalam tubuh. Baru 3 hari tapi rasanya saya sudah sehat bugar. Alhamdulillah.

Ini beberapa Alasan mengapa Anda harus berolahraga di pagi hari:

1. Membantu menjaga berat badan

Berolahraga di pagi hari membuat pembakaran lemak atau kalori lebih cepat dan efisien. Ini diakibatkan oleh proses metabolism tubuh yang meningkat. Penelitian terbaru juga membuktikan bahwa berolahraga dipagi hari tidak hanya membakar kalori selama berolahraga, tetapi juga terus melakukan pembakaran kalori selama beberapa jam setelah berolahraga. Beberapa orang mengemukakan bahwa olahraga di pagi hari membuat nafsu makan yang rakus menjadi berkurang dan buang air besar juga lancar. Oleh karenanya, olahraga di pagi hari adalah waktu yang tepat untuk membuat badan menjadi proporsional.

2. Memberbaiki Mood dan semangat kerja

Dengan berolahraga di pagi hari meningkatkan hormon endorfin yang meningkatkan energi dan memberikan mood. Mood yang dimunculkan adalah GOOD MOOD. Efek ini bisa bertahan hingga sore hari bahkan 24 jam! Sehingga sepanjang hari kita bisa merasakan feeling yang baik. Oleh karenanya, bekerja pun menjadi lebih semangat.

3. Meningkatkan Focus

Pagi hari adalah kondisi dimana tubuh siap melakukan serangkaian aktifitas utamanya di pagi hari. Olahraga pagi membantu meningkatkan fungsi kognitif otak. Oleh karenanya, memulai aktifitas dengan berolahraga di pagi hari akan melatih pikiran dan meningkatkan focus terurama terhadap hal-hal penting. Saat berolahraga seseorang juga cenderung memikirkan rencana-rencana yang akan dilakukan setelah berolahraga sehingga otak menjadi lebih produktif. Memikirkan sesuatu di pagi hari akan menggunakan “energi” otak secara penuh dan jernih.

4. Melatih konsistensi, menentukan prioritas, dan disiplin

Hampir 90% orang yang konsisten berolahraga melakukan olahraga di pagi hari. Ini menunjukkan suatu konsistensi untuk pemenuhan suatu komitmen. Suatu penelitian menunjukkan bahwa orang yang konsisten berolahraga di pagi hari akan lebih konsisten dalam menjalani suatu komitmen. Orang yang memiliki komitment untuk bangun pagi dan berolahraga akan lebih disiplin dalam pengaturan aktivitas yang akan ia jalankan. Misalnya pengaturan aktifitas setelah berolahraga, jam berapa harus tidur, jam berapa harus bangun, berapa lama waktu yang digunakan untuk berolahraga, dan jadwal kegiatan lainnya sehingga ia tetap bisa bangun pagi dengan segar dan berolahraga. Hal ini akan berpengaruh, secara langsung maupun tidak langsung, dengan kegiatan-kegiatan lain yang sudah ia jadwalkan dan berusaha untuk mematuhinya. Dengan begitu kita juga akan terlatih untuk menetukan prioritas suatu kegiatan.

5. Melawan stress

Penelitian terhadap olahraga pagi menunjukkan pengaruh terhadap ketajaman mental. Pengaruhnya bisa berlangsung 4 – 10 jam setelah berolahraga. Kesehatan mental yang baik dapat membantu tubuh untuk lebih kuat menghadapi tekanan dan stress, mampu berpikir jernih, dan lebih siap mengambil keputusan. Lari pagi (Jogging) dan menikmati udara pagi juga akan membuat perasaan Anda menjadi lebih baik.

6. Mudah bangun pagi

Orang yang memiliki kebiasaan bangun pagi akan cenderung mudah bangun pagi. Karena itu adalah kebiasaan yang telah dibangun. Tubuh, terutama hormon endoktrin telah beradaptasi dengan kebiasaan itu, sehingga secara otematis tubuh akan mengikuti pola yang sama setiap hari. Tubuh akan otomatis bangun dengan sendirinya tanpa bantuan apapun.

7. Terhindar dari hipertensi

Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa olahraga pagi hari klhususnya dapat meningkatkan rasa kebahagiaan dan suasana hati secara keseluruhan. Dengan demikian pada akhirnya Anda tidak akan mudah menderita darah tinggi, terutama yang di akibatkan oleh stres. Efek olahraga juga akan memperlancar aliran darah dan memperkuat jantung, sehingga hipertensi kronis akan jauh-jauh dari kehidupan Anda.

8. Sistem Kardiovaskular lebih sehat

Salah satu alasan kesehatan meluangkan waktu di atas treadmill atau ditrotoar pada pagi hari adalah untuk meningkatkan kesehatan jantung. Mengapa?, Salah satu cara alami tubuh terbangun adalah dengan meningkatkan kadar hormon adrenalin, yang menyebabkan jantung berdetak lebih cepat. Ini berarti bahwa Anda dapat menambah beberapa manfaat tambahan kardiovaskular ketika Anda berolahraga di pagi hari. Kardiovaskular yang sehat, adalah salah satu kunci yang mendukung panjang umur.

Peringatan: jika Anda memiliki masalah jantung, konsultasikan dengan dokter tentang latihan di pagi hari, karena penelitian telah menunjukkan bahwa aktivitas jantung ekstra ini dapat menyebabkan nyeri dada, dan bahkan serangan jantung bagi orang yang memiliki masalah kesehatan ini.

9. Tidur Lebih Nyenyak

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang berolahraga di pagi hari mempunyai siklus tidur lebih baik dibandingkan dengan mereka yang berolahraga di sore hari. Hal ini karena otot-otot Anda membutuhkan waktu untuk relaks dan kembali normal setelah berolahraga, sehingga beolahraga di sore hari dapat mengganggu tidur Anda.

10. Meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan

Selain meningkatkan metabolisme tubuh, olahraga pagi juga mampu mengatur tekanan darah, detak jantung, dan meningkatkan aliran darah ke otot-otot sehingga Anda akan merasa lebih baik.

Bagaimana dengan Anda? Sudahkah menerapkan pola hidup sehat? Sudahkah Anda olahraga teratur? Ayo sehatkan diri dengan olahraga teratur setiap pagi.

Untuk tips berolahraga di pagi hari, silahkan lihat disini.

Semoga bermanfaat ^^

Alhamdulillahirabbil`alamin Smile

Makassar-BTP, 28 Maret 2015

----------------------------------------

sumber artikel dapat dilihar disini, disini, dan disini

You Might Also Like

0 komentar

Terima kasih sudah mampir. Semoga bisa bermanfaat selalu :) Amin.
Jangan lupa komentarmu ya, karena komentarmu adalah semangatku untuk terus berbagi ^^)

Komentar yang mengandung SARA, link hidup, dan spamming akan dihapus ya.. Terima kasih atas perhatiannya :)