Tips dalam dunia kerja & Project

Saturday, January 09, 2016

Bismillahirrahmanirrahim.

Hari ini tepat tanggal 1 Januari 2016. Nothing much change. Saya masih sangat mengantuk jadinya masih leye-leye tidur diatas kasur empuk di kamar kantor. Siangnya, baru pulang ke rumah. Maap deh kakak.. malam tahun barunya, saya butuh ketenangan. hehehe.. jadi saya tidur saja di kantor. Tenang sist..

Rencananya saya akan bertemu dengan senior. Lama tak bertemu dengannya. Kami kadang komunikasi lewat BBM. Ngga intens, palingan komunikasi penting tentang beberapa hal saja. Akhirnya setelah sekian lama berkelana di laut, ia pulang juga ke Makassar. Ini kampung halamannya apa bukan ya? setahu saya iya.. (apaan sih.. masa tanya sama pembaca). Iya ya.. hehehe.. Maap deh.

Singkat cerita kami pun bertemu di M’Tos. Kami makan bersama dengan teman-teman lainnya. Lama kami bercerita disana. Ngga banyak-banyak amat sih. Saya lebih focus ke makanannya. Maklum belum makan. Laperrr..

Akhirnya setelah lelah nongkrong disana. Kami pun keluar bersama. Kebetulian kak muflih bawa mobil. Kami pun beremapt disana. Dua cewek dan dua cowok. Bukan nge-date lho ya.. hahha (yang tanya siapa coba?). Kami menuju ke arah pettarani. Harus mengantar teman cewek yang satu.. Cewek itu junior saya waktu kuliah.. aduhh tiba-tiba lupa namanya. Maap deh..

Setelah mengantar juniorku itu, jadilah kami bertiga di mobil. Karena acaraku masih lama sekitar jam 7 malam. Saya akan menghadiri acara pengantin kakak senior. Oleh karenanya, kami pun mutar-mutar. Dalam perjalanan mutar-mutar itu, saya banyak bercerita tentang pekerjaan kak muflih dan project engineering. ini beberapa tips yang daya peroleh dari perbincangan kami sepanjang jalan.

  1. Jika suatu saat kamu apply kerja dan ditanya mau digaji berapa? Pertama, tanya dulu fasilitas apakah yang diberikan oleh perusahaan ketika diterima menjadi karyawannya. Lalu berapa gaji yang mampu dibayarkan oelh perusahaan. Jika sudah mendapatkan informasinya, sesuaikan dengan real kehidupan kita, apakah semua itu sudah mampu mengcover hidup kita dan keluarga. Disini akan terjadi tawar menawar antara kita dan HR perusahaan. Disinilah teknik negosisasi kita dipergunakan.
    Selain itu, ia juga bercerita bahwa sepupunya lebih nekat lagi. Sepupunya dengan pedenya mengatakan saya ingin digaji sekian karena pertimbangan ini dan itu. Memang kita sendirilah yang mampu menilai diri kita. Bagaimana kita akan bekerja, dan berapa nilai yang pantas untuk hasil pekerjaan kita, kitalah yang tahu. So, tak apa PD asal nanti bisa nego sesuai kebutuhan. Biasanya ini berlaku di perusahaan-perusahaan besar, kontraktor, penanganan project, dan sejenisnya.
  2. Dalam dunia kerja, yang paling penting ketika kalian bekerja adalah administrasi yang lengkap serta back up data terutama jika kalian mengerjakan project dan dokumen. Dokumen usahakan sebisa mungkin di lengkapi dan di back up. Jika kita kehilangan, maka masih ada back up data yang mampu menyelamatkan kita. Intinya tertib administrasi dan dokumen lengkap akan menyelamatkanmu dari hal-hal yang tidak diinginkan. Karena itulah bukti kerja dan pembelaan kita. So, tertib administrasi ya guysss..
  3. Project engineering adalah sebuah posisi  yang bertugas menjadwalkan dan  menjalankan sebuah project serta me-make sure project itu berjalan. Sedangkan project control adalah posisi yang bertugas untuk mengontrol dan membuat laporan data-data project. Ia yang mengontrol segala project agar berjalan sesuai yang direncanakan oleh project engineering.

Banyak hal lain yang tak dapat saya sebutkan satu per satu. Hanya itu yang dapat saya paparkan. Semoga bermanfaat dan memberikan sedikit informasi berguna. Terima kasih. Sekian.

Alhamdulillahirabbil`alamin

Makassar, 1 Jan 2016

You Might Also Like

0 komentar

Terima kasih sudah mampir. Semoga bisa bermanfaat selalu :) Amin.
Jangan lupa komentarmu ya, karena komentarmu adalah semangatku untuk terus berbagi ^^)

Komentar yang mengandung SARA, link hidup, dan spamming akan dihapus ya.. Terima kasih atas perhatiannya :)