Beasiswa KGSP-G 2016

Friday, February 05, 2016

Bismillahirrahmanirrahim.

Beberapa hari yang lalu, application untuk KGSP-G alias Korean Goverment Scholarship Program for Graduate 2016. Alhamdulillah.. beberapa teman mengirimkan informasinya. Akhirnya saya pun tahu dan langsung menuju ke TKP untuk mendownload aplikasinya. Bagi teman-teman yang tertarik bisa langsung mendownload dokumennya di www.studyinkorea.go.kr .Langsung saja melucur ke bagian notification.

Siapa yang mau ke Korea? Ayo unjuk tangan. Siapa ayooo??? Bagi kalian yang masih berumur dibawah 40 tahun pada 1 September 2016, dan sudah lulus S1/S2 atau yang akan lulus pada 31 Agustus 2016 dapat mencoba kesempatan beasiswa dari negeri gingseng ini. Jika persyaratan tersebut sudah memenuhi, kamu bisa berkesempatan kuliah sambil jalan-jalan di Korea. Eitsss… Harus luruskan niat dulu kalau apply beasiswa. Niatnya untuk… BELAJAR, menuntut ilmu yang bermanfaat. Agar ilmu kita dapat berguna untuk kebaikan dunia dan akhirat (aamiin). OKay!!!!! Nah.. Setelah membaca guidelinenya, inilah beberapa dokumen yang harus di siapkan di KGSP-G tahun ini.

  • Syarat Dokumen
    Untuk syarat dokumen cukup jelas di sebutkan dalam guideline. Saya singkat saja dengan menunjukkan tabel dari dokumen yang dibutuhkan.
image

Gampangkan dokumennya. Ngga susah amat. Intinya siapkan saja dokumen yang diminta.

  • Apa saja yang ditanggung oleh beasiswa ini?
    1. Biaya tiket pesawat PP Korea-Indonesia, tapi tidak termasuk International Travel Insurance.
    2. Biaya Kuliah Full
    3. Settlement Allowance : 200.000 KW (Korean Won). Ini dibayar sekali ketika sampai di Korea.
    4. Monthly Allowance : 900.000 KW. Ini di bayar per bulan.
    5. Research Allowance
      Untuk jurusan Art (seni) dan Social Science Degree : 210.000 KW per semester
      Untuk jurusan Science, Technology, dan Engeneering Degree : 240.000 KW per semester.
    6. Biaya Kursus Bahasa Korea : Full Covered (Gratis)
    7. Re-Imburs biaya print disertasi, max. 500.000 KW untuk jurusan seni dan sosial science sedangkan 800.000 KW untuk jurusan science, teknologi, dan teknik.
    8. Asuransi Kesehatan : 20.000 KW per bulan
    9. Untuk yang Bahasa Koreanya mencapai level 5 atau 6 mendapatkan tambahan allowance 100.000 KW per bulan.
    10. Beasiswa Penyelesaian Study sebesar 200.000 KW bagi penerima beasiswa yang langsung kembali ke Indonesia (kenegaranya masing-masing) setelah menyelesaikan study-nya di Korea dan tidak memutuskan untuk tinggal di Korea setelah masa study-nya berakhir.

Banyak kan yang ditanggung? Gimana? Tertarik? Saya sih yes!!! (hahahaha.. ala-ala anang..). Berdasarkan pengalaman teman saya, beasiswa ini sudah sangat cukup mengcover biaaya kuliah dan hidup di negeri yang terkenal dengan K-Pop-nya tersebut. Tapi balik lagi, cukup tidaknya beasiswa itu bergantung pada life style kita di sana. So, cara applynya gimana? Hmm.. untuk proses ini ada 2 cara, yaitu:

    1. Apply melalui Embassy (Kedutaan) Korea di Jakarta. Untuk application lewat jalur ini, dokumen yang disiapkan 1 rangkap dokumen asli/original (dilegalisir) dan di fotokopi 3 rangkap.
    2. Apply langsung melalui salah satu universitas. Ingat untuk apply lewat universitas hanya boleh memilih satu universitas target. Dokumen yang harus disipakan cukup 1 Rangkap dokumen asli/original (dilegalisir).
  • General Tips
    1. Bacalah baik-baik dokumen Guideline dan Univesity Information.
    2. Jangan lupa untuk membaca FAQ, siapa tahu saja ada hal yang masih membingungkan dan jawabannya ada di sana.
    3. Jika ada pertanyaan, lebih baik, langsung saja bertanya ke pihak yang bertanggung jawab untuk beasiswa ini. Informasi kontak dapat dilihat di guideline bagian terakhir. Ada kontak setiap embassy di negara masing-masing dan kontak untuk penangngung jawab setiap universitas. Sejauh pengalaman saya, para penanggung jawab sangat welcome terhadap orang-orang yang bertanya dan akan mereka balas segera. Jika tidak, menunggu saja sambil mempersiapakan dokumen yang lain.
    4. Ingat!!! Semua dokumen yang dikumpulkan tidak dapat dikembalikan dengan alasan apapun. Oleh karenanya, lebih baik mengirimkan original copy alias dokumen yang dilegalisir oleh lembaga yang mengeluarkan dokumen tersebut atau dokumen yang dinyatakan sah/disahkan oleh notaris. Dokumen tersebut dianggap sama dengan aslinya (original).
    5. Selain berusaha. Mari perbanyak berdoa, beramal baik, bersedekah, dan berbuat baik kepada sesama mendekatkan diri kepada Allah swt. Karena Allah swt. yang mampu meluluskan kita.

Sekian yang sempat saya sampaikan. Semoga teman-teman yang mendaftar dimudahkan serta dilancarkan proses applicationnya. Good LUCK for you application. Aamiin.

Alhamdulillahirabbil`alamin.
Makassar-BTP-Nia’s House,
5 Februari 2016.

You Might Also Like

15 komentar

  1. SORE MBAK EVI,

    Kalau yang langsung ke universitas, itu dikirim nya kapan ya mbak sebaiknya, kan gak boleh bersamaan tuh kan, dan juga itu beasiswa yang diberikan apakah sama ya dengan yang berkasnya dikirim ke kedutaan ??

    terima kasih
    salam
    zikria

    ReplyDelete
    Replies
    1. Assalamualaikum.

      Kalau untuk ke universitas deadlinenya tergantung universitas masing-masing mba'. Bisa dibaca di bagian University Information.

      Untuk apply, mba harus memilih mau apply via apa? embassy (kedutaan) atau universitas? harus pilih salah satu. ngga boleh dua-duanya. deadline sudah di tetapkan dalam guideline untuk via embassy.

      Semoga bermanfaat :)
      Wassalam.

      Delete
  2. maksudnya ini apa ya mbak "atau yang akan lulus pada 31 Agustus 2016"? apakah yang lulus sebelum tanggal itu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya sekarang belum lulus, tapi sebelum tanggal 31 itu sudah lulus.

      Delete
    2. klo daftarnya via university track, apakah nanti saat sesi 3rd round..pihak universitas yang akan telpon interview atau pihak embassy yang akan mewanwancarai kita?

      Delete
    3. Kalau univ.track 3rd round itu adalah medical check up. Jadi 1st round itu seleksi tingkat universitas: berkas&wawancara. 2nd round: menunggu pengumuman dari NIEED yang akan di umumkan di website studyinkorea. Di tahap ini bisa dibilang sudah 80% lulus beasiswa. Selanjutnya medical check up, jika tidak ada masalah dalam hal kesehatan dan medical check up kita bagus, insya Allah lulus medical check up. Tinggal tunggu keberangkatan.

      Delete
    4. tanya lagi mbak :)

      didalam form 1.application form
      terdapat susunan applicant documents di no 11 yaitu applicant's proof of citizenship, ini maksudnya form apa ya?

      klo parent's proof of citizenship itu kan pernyataan persetujuan dari ortu kan?

      Delete
    5. didalam form application form 1 itu kan ada kolom “person incharge:” itu maksudnya apa ya?
      apakah penanggung jawab kita waktu kirim aplikasi berkas ini?

      Delete
    6. Yang itu ngga usah di isi. Kosongkan saja form 1 halaman pertama kecuali nama..

      Delete
  3. Applicant proof citizen maksudnya dokumen yang menunjukkan kewarganegaraan kita. Itu pake akte kelahiran dan ktp/passport/kk

    Sedangkan parents proof citizenship yang menunjukkan kewarganegaraan orang tua. Bisa pake kk, ktp, atau passportnya, atau akte kelahirannya mereka.

    Coba baca guidelinenya baik-baik.. Ada kok penjelasannya..

    ReplyDelete
  4. akte lahir itu wajib ya kak? kirain bisa dua diantara akta kelahiran/ktp/passport/kk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau untuk applicant bisa dibilang begitu. tapi sebenarnya bisa pake KK juga sih. biar 1 doc. aja asalah KKnya sudah ada info tentang hubungan anak dan orang tua serta kewarganegaraannya :)

      Delete
    2. Hello Kak Evhy,

      Tadi googling soal KGSP sampai kesini nih. Thank you skali Kak buat info"nya.
      Mau tanya nih Kak. Maaf banget kalo gak penting pertanyaannya.
      Jadi kita harus submit Akte Lahir & KK dalam bahasa indonesia juga? Atau hanya Akte dan KK yang telah diterjemahkan saja? Saya agak bingung di bagian ini. :(

      Terima Kasih Kak :)

      Delete
    3. Hallo Kiwilia, terima kasih udah mampir ya

      Kalau saya waktu pertama kali apply, saya juga melampirkan lembar bahasa indonesianya untuk konfirmasi dokumen.

      Delete
    4. tapi berkas bahasa indonesianya yang copyan juga

      Delete

Terima kasih sudah mampir. Semoga bisa bermanfaat selalu :) Amin.
Jangan lupa komentarmu ya, karena komentarmu adalah semangatku untuk terus berbagi ^^)

Komentar yang mengandung SARA, link hidup, dan spamming akan dihapus ya.. Terima kasih atas perhatiannya :)