Ta’aruf with Tahajjud

Thursday, March 24, 2016

Bismillahirrahmanirrahim.

TAK KENAL YA.. Ta’aruf..

Sobat! Ada istilah tak kenal maka tak sayang. Tak sayang maka tak cinta. Tapi kalau kita umat muslim istilahnya beda. Tak kenal Ya.. Ta’aruf. Dalam proses menggapai cinta, tentu memerlukan proses perkenalan terlebih dahulu. Ini lah yang disebut Ta’aruf. Jadi, jika ingin mencapai sayang dan cinta tentu kita harus saling mengenal satu sama lain. Sama halnya dengan Sholat tahajjud. Kita takkan mau sholat tahajjud atau malas melakukannya jika tak tahu tentang sholat tahajjud lebih mendalam. Oleh karenanya mari kita mengenal lebih jauh Apa dan bagaimana sih sholat tahajjud itu. Check it dot.

Pengertian Sholat Tahajjud

Pertama, mari kita lihat apa sih pengertian sholat tahajjud. Umumnya Sholat Tahajjud adalah salat sunnat yang dikerjakan di malam hari, dimulai setelah isya hingga terbit fajar atau menjelang subuh dan setelah terjaga dari tidur walaupun tidurnya hanya sedikit. Ini berdasarkan makna yang terkandung dalam “Tahajjud” yang berarti “Bangun dari tidur”. Salat tahajjud termasuk salat sunnat mu'akad (salat yang dikuatkan oleh syara'). Salat tahajjud dikerjakan sedikitnya dua rakaat dan sebanyak-banyaknya tidak terbatas.

Untuk lebih jauh lagi mengetahui tentang sholat tahajjud. Mari kita lihat lebih dalam tentang sejarah sholat tahajjud.

Sejarah Sholat Tahajjud

Segala sesuatu di dunia ini tentu memiliki latar belakang dan tujuan kenapa ia ada. Sama halnya dengan sholat Tahajjud. Sholat tahajjud tentu memiliki tujuan dan manfaat yang mulia sehingga ia menjadi sholat sunnah yang sangat di anjurkan.

Sesungguhnya, shalat tahajud pertama kali di syariatkan setelah Nabi Muhammad mendapat wahyu pertama di Gua Hira. Nabi dinyatakan oleh Allah dalam surah Al-Muzzammil (yang berselimut) yang diturunkan ketika Nabi SAW menggeletar dalam selimut setelah beliau mendapat wahyu yang pertama.

Menurut salah seorang ulama di Malaysia, Ustad Abdyl Aziz Che Kob, pada awalnya shalat tahajud hukumnya fardhu kepada Nabi. Namun setelah turun ayat kedua di surah yang sama (kira-kira satu tahun setelah turunnya ayat pertama), Allah menjelaskan bahwa shalat tahajud adalah sunnah dan afdalnya ditunaikan pada sepertiga malam. Walaupun hukumya sunnah tetapi Nabi menganggapnya sebagai suatu kewajiban dan beliaupun tidak pernah meninggalkannya.

Kekuatan Shalat Tahajjud juga telah terbukti dapat memberikan kekuatan fisik dan menjadi penentu dalam melakukan peperangan. Diceritakan dalam sebuah hadis, bawasannya Khalifah Umar r.a memiliki tanda tanya besar, mengapa perang yang sudah dilakukan selama satu minggu melawan kaum musyrikin belum juga berakhir, dan tentara islam belum juga memennagkannya? Masalah itu membuat Khalifah Umar kebingungan, sebab biasanya islam tidak perlu menunggu waktu yang begitu lama untuk mengalahkan musuh.

Pada suatu malam Khalifah Umar melewati kemah-kemah tentara islam yang sedang khusyuk shalat tahajud, tetapi sebagian penghuninya sedang ternyenyank tidur. Pada keesokan harinya, Khalifah Umar membuat keputusan yang sangat mengejutkan. Beliau menyingkirkan semua penghuni kemah yang tidak tahajud dari arena perang. Sebab, menurut Khalifah Umar, mereka tidak mempunyai keuatan Rohani. Akhirnya jumlah tentara islam semakin sedikit. Tidak lama kemudian tentara islam menang dalam peperangan itu.

Bahkan dalam cerita yang lain sisebutkan bahwa salah satu faktor panglima Islam terkenal yaitu Sallehuddin Al-Ayubi merebut kembali Istanbul adalah karena belian mengambil panglima-panglima perang yang suka melaksanakan shalat tahajud.

Itulah bebrapa cerita yang menjelaskan tentang kekuatan shalat tahajud. Ada dua hal penting yang dapat kita ambil dari sejarah tersebut.
Pertama , bahwa sejarah tentang tahajud sangat terkait erat dengan tuntutan waktu itu dengan shalat tahajud kemudia beberapa persoalan dapat terjawab. Shalat tahajub memang bukan persoalan ritual semata, tetapi dengan shalat ini akan meringankan beban hidup seseorang dengan bantuan Allah.

Kedua, pada dasarnya shalat tahajud ini tidak biasa dilakukan oleh orang kebanyakan. Namun jika amalan itu dilakukan secara kontinyu, ibadah tahajud akan terasa sangat ringan dan menyenangkan.

Jadi bagi kita, shalat tahajud memang sangat penting. Yang pertama harus dilakukan adalah kita terbiasa bangun malam, itulah kuncinya. Setelah itu kita dapat mengerjakan shalat tahajud. Jangan sampai kita menganggap shalat tahajud sebagai senuatu yang berat. Yang menjadi keberhasilan shalat tahajud adalah keikhlasan dan kesungguhan dalam melaksanakannya.

Rasulullah melaksanakan tahajud karena perintah Allah. Walaupun bukan kewajiban beliau selalu melaksanakannya, artinya beliau tidak pernah meninggalkannya. Rasulullah melaksanakan tahajud bukan karena hal-hal yang lain diluar ibadah.

Dalam karyanya yang terkenal, Fiqh As-Sunnah, Sayyid Sabiq Sheikh menguraikan tentang subjek tahajjud sebagai berikut:

Suruhan untuk Nabi Muhammad saw., Allah swt berfirman sebagai berikut:

Dan pada sebagian malam hari, sembahyang tahajjudlah kamu sebagaimana ibadah tambahan bagimu, mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ketempat yang terpuji

Al-Isra' 17:79

Perintah ini, meskipun secara khusus ditujukan kepada Nabi Muhammad saw., juga mengacu pada semua Muslim, karena Nabi Muhammad saw. adalah menjadi contoh sempurna dan panduan bagi mereka dalam segala hal.

Selain itu, melakukan salat Tahajjud teratur memenuhi syarat sebagai salah satu dari orang-orang benar dan seseorang yang mendapatkan karunia dan kemurahan Allah. Dalam memuji mereka yang melakukan sholat malam, Allah berfirman:

Dan orang-orang yang melalui malam dengan bersujud dan berdiri untuk tuhan mereka

Al-Furqan 25:64

Nah, sobat sekalian sudah tahu pengertian dan sejarah sholat tahajjud. Pertanyaannya, kenapa sih harus sholat tahajjud? Emang apa untungnya buat kita? Emang gunanya sholat tahajjud apa? Oke guys cari tahu yuk di bab selanjutnya.

You Might Also Like

0 komentar

Terima kasih sudah mampir. Semoga bisa bermanfaat selalu :) Amin.
Jangan lupa komentarmu ya, karena komentarmu adalah semangatku untuk terus berbagi ^^)

Komentar yang mengandung SARA, link hidup, dan spamming akan dihapus ya.. Terima kasih atas perhatiannya :)