Cara Belajar Efektif

Wednesday, April 27, 2016

Bismillahirrahmanirrahim.

belajarSaya membuka catatan lama. Sebuah note kecil berisikan banyak hal. Hal-hal yang saya pelajari, perjalanan hidup, informasi beasiswa, dan informasi penting hingga tidak penting juga ada. Ini semacam menemukan harta karun terpendam. Mengapa? Karena Kata imam syafi’i, hal yang paling jauh di dunia ini adalah masa lalu. Takkan ada yang mampu merubah masa lalu walau ia baru tejadi beberapa detik yang lalu.

Oleh karenanya, catatan ini salah satu bukti sejarah kehidupanku di masa lalu. Ada hal menarik yang kudapatkan. Disana tertulis sebuah judul “Cara belajar baru”. Ini adalah hal yang saya tulis ketika saya baru saja menemukan cara belajar yang efektif. Entah ini baru bagi kalian atau tidak. Saya hanya ingin berbagi. Siapa tau saja kita ini sehati dalam belajar dan bisa menggunakannya sama-sama. Biar lebih bermanfaat.. Aamiin.

  1. Membaca
    Kita semua tahu bahwa membaca adalah hal paling utama ketika kita ingin mengetahui sesuatu. Walau ini buka satu-satunya cara, namun ini adalah kebiasaan yang baik.

  2. Menuliskan kembali hal-hal penting
    Jika menemukan hal-hal penting tulislah kembali. Agar kita punya memori cadangan untuk hal-hal tersebut. Jadi jika lupa tak perlu lagi mencari dari awal. Cukup membuka catatan kita.

  3. Membuat catatan ringkasan yang menarik
    Menyusun dan membuat catatan adalah faktor penting yang harus di perhatikan. Usahakan di tulis dengan rapih dan menarik. Agar mudah diingat. Percuma dong… punya catatan tapi ambur adul bikin pusing tujuh keliling.. entar jatuh lhooo… hehehehe

  4. Atur jadwal belajar
    Nah, Sebaiknya bagi kamu yang masih duduk di bangku sekolahan. Ini sangat penting untuk dijalani. Dikarenakan masih terpatok pada beberapa mata pelajaran yang diajarkan di sekolah. Pandai mengatur waktu belajar akan memudahkan dalam menghadapi ujian. Walaupun sebenarnya, setiap waktu kita harusnya dapat mempelajari sesuatu apa pun itu. Tapi tentunya, alangkah bijaknya jika kita mempelajari ilmu yang bermanfaat, apalagi ilmu agama. Wajib tuh!!

  5. Fokus pada pelajaran yang disukai
    Ini untuk orang-orang yang tidak lagi terpatok dengan jadwal atau mata pelajaran tertentu. KIta memang dianjurkan untuk bisa mengetahui berbagai hal. Namun, fokus pada sesuati yang kita sukai akan mendorong semangat untuk belajar lebih baik, giat, dan menjadikan kita expert dalam hal tersebut. Tentu saja jika ditekuni dengan baik chiiinnn…

kelima point diatas adalah hal-hal yang tertulis di catatanku. Hal ini juga yang tengah kujalani hingga saat ini. Walau kadang-kadang khilaf.. dan menimbulkan banyak excuses (alasan-alasan.. sibuklah.. apalah… ini.. itu… banyak deh… Ubah kebiasaan dong!! Jangan suka menunda-nunda dengan berbagai alasan-SElf talk nihhhh).

eh, kalau para readers gimana nih? apa saja kebiasaan belajar kalian? yuk.. share di komentar. Siapa tau aja kita bisa mendapatkan formula baru yang lebih efektif dari pengalaman para redears ditambah pengalaman dari saya ini. hehehe…

“Jangan pernah berhenti belajar. Fighting!!!”

Alhamdulillahirabbil`alamin.

Makassar-Antang, 27 April 2016

You Might Also Like

2 komentar

  1. Makasih tipsnya, saya jg kadang ngak bisa konsentrasi kalu belajar hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baru liat.. huhuhu...
      Makasih sudah mampir ya kak @turiscantik.com

      Delete

Terima kasih sudah mampir. Semoga bisa bermanfaat selalu :) Amin.
Jangan lupa komentarmu ya, karena komentarmu adalah semangatku untuk terus berbagi ^^)

Komentar yang mengandung SARA, link hidup, dan spamming akan dihapus ya.. Terima kasih atas perhatiannya :)