Kebaikan dan Manfaat untuk teman dan lingkungan

Thursday, April 28, 2016

Bismillahirrahmanirrahim.

kebaikanMasih dari catatan lama. Kali ini tentang bentuk kebaikan dan manfaat untuk teman dan lingkungan. Apa sih manfaat yang sudah diberikan kepad teman dan lingkungan kita saat ini? Dari pada saya berbicara panjang lebar bikin kesal.. Langsung saja, kita baca yuk.

  • Menebar senyum.
    Sudahkah kita menebar senyum hari ini? Kalau ketemu sama saudara semuslim apakah kita akan tersenyum. Atau tersenyumnya sama orang yang dikenal saja? Ayooo ngakuuuu….. (padahal yang nulis juga biasa kayak gitu, peaceeee.. hihihihi)
  • Menolong sesuai kemampuan
    Sebagai sesama manusia, kita memang diwajibkan untuk saling tolong menolong dan berbuat baik kepada sesamanya. Tapi sob, harus kita akui bahwa setiap diri kita memiliki kemampuan yang terbatas karena kita bukanlah tuhan yang serba Maha. So, untuk menolong orang lain jangan terlalu memaksakan diri dan menyusahkan diri sendiri apalagi keluarga. Jika kita mampu, tolonglah maka itu lebih baik. Jika tidak, minimal bantulah ia dengan doa. Mintakan pertolongan untuknya kepada Allah swt.

  • Berbagi ilmu dan rejeki
    Ini nih penyakit orang sombong. Susah dan tak mau berbagi. Padahal berbagi ilmu yang bermanfaat, bisa jadi amal jariah yang tak ada putusnya. Sedangkan berbagi rejeki bisa menjadi pahala sedekah. Kesemuanya itu disukai oleh Allah swt.

  • Jujur
    Sikap yang satu ini wajib dimiliki untuk dapat hidup bahagia dengan hati yang lapang. Jadi teringat kata-kata dalam sebuah drama korea “Mask”.
    “Jika kita memakai topeng, maka kita tidak akan bahagia”. Kebohongan yang tidak segera di hentikan, akan dapat menimbulkan kebohongan-kebohongan lain bahkan lebih extrim bisa berujung kepada kematian. Walau tentunya, ada kebohongan yang di anjurkan oleh islam. Nanti dibahas terpisah yaaahhh….

  • Amanah
    Ini sama pentingnya dengan jujur. Kedua hal ini sesungguhnya tidak dapat dipisahkan agar kita menjadi orang yang dapat dipecaya.

  • Menjaga sikap dan lisan agar tidak menyakiti pendengarnya
    Terkadang kita tidak sadar akan kata-kata yang keluar dari mulut ataupun sikap yang kita tunjukkan ternyata menyisihkan goresan luka di hati pendengarnya. WE Sometimes LOSE CONTROL. Walau sekedar bercanda, pastikan jika memang itu sebuah candaan yang takkan membuat secuil lubang. Sebuah lubang kecil yang mampu membuat pemiliknya merasakan perih walau sesaat. Oleh karenanya, sikap dan lisan ini benar-benar harus dikontrol dan ditempatkan pada tempatnya.

Dari ke-enam bentuk diatas manakah yang belum mampu kita jalankan? jika bisa menjalankan semuanya, itu sungguh luaaaarrrrrr biasaaaaaa… Jempol deh untuk kalian.. Yang nulis aja masih selalu berusaha untuk mengamalkan ke-enam-enamnya walau terkadang khilaf mendera.. hehehe

Jika kita memiliki ke-6 hal tersebut. It’s PERFECT. walaupun No body’s Perfect!!! Tapi itu modal terbaik untuk hidup bahagia dunia dan akhirat. Tentu saja setelah kita mengerjakan perintah yang wajib ^^

Menurut para readers ada tambaha tak?? jika ada langsung share yukkksss… ditunggu yaa ^^

“Keep menebarkan kebaikan.. to make Allah swt. LOVE us”

Alhamdulillahirabbil`alamin.

Makassar- Antang, 28 April 2016

You Might Also Like

0 komentar

Terima kasih sudah mampir. Semoga bisa bermanfaat selalu :) Amin.
Jangan lupa komentarmu ya, karena komentarmu adalah semangatku untuk terus berbagi ^^)

Komentar yang mengandung SARA, link hidup, dan spamming akan dihapus ya.. Terima kasih atas perhatiannya :)