Tips Mudah: Jadikan Blogmu Sukses–part 1

Tuesday, April 12, 2016

Bismillahirrahmanirrahim.

JBS

Punya waktu luang? Ngga tau mau ngapain? Punya banyak ide tapi pusing mau share ke siapa? Siapa yang bakalan dengerin? Teman pada sibuk? Hmmm.. mungkin yang satu ini bisa menjadi pilihan tepat buat kamu untuk mengisi waktu luang menjadi bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain. Yup! sesuai judulnya, pastinya NGE-BLOG!!! Kegiatan ini bisa menjadi kegiatan positif, berbagi, berbisnis, dan lainnya.

Saya baru saja membaca artikel tentang “20 Quick Tips : to make blogging way esier”. Maksudnya 20 tips singkat yang membuat nge-blog mudah. Saya akan berbagi apa saja tips-tips yang saya dapatkan. Ini saya tulis ulang berdasarkan versi bahasa saya, ya. Smile

  • Write for People, not Search Engines.
    Jadi menulislah untuk manusia. maksudnya tulislah sesuatu yang bermanfaat untuk manusia minimal untuk diri kita sendiri. Jangan menulis ataupun nge-blog hanya sekedar rating dan didapatkan di search engine.

  • Schedule as many posts as you can – Stay ahead of things and don’t get behind.
    Rencanakan dan atur postingan sebanyak yang kamu bisa. Tetap melakukannya dan jangan kurang dari itu. Ini adalah masalah konsistensi dalam menulis dan memposting tulisan. Misalnya 5 postingan setiap pekan, tetap posting 5 tulisan setiap pekan dan jangan sampai kurang.

  • Write 5 different blog posts based around the same topic, and then combine them into e-book.
    Buatlah 5 postingan dengan topik yang sama, lalu satukan dalam sebuah e-book. Agar para pembaca dapat pula mendownload informasi yang telah kita tulis secara keseluruhan jika memiliki kesulitan dalam koneksi internet setiap saat.

  • Make content snackable and concise.
    Buatlah konten blog yang ringan dan ringkas. Tulisan yang terlalu panjang cenderung menghilangkan selera untuk membaca apalagi tidak didukung dengan gaya bahasa yang menarik. Oleh karenanya, artikel atau tulisan yang panjang dapat dipecah menjadi beberapa part. Agar pembaca tak langsung kehilangan selera baca gara-gara tulisan kita yang panjang.

  • Listen before you blog. it’s not about how smart you are, it’s about how well you serve.
    Maksudnya dengarkanlah permintaan dari para pembaca. Bukan hanya sekedar seberapa pandai kita menulis namun seberapa baik kita dalam melayani para pembaca. Jangan pernah malas membalas komentar para pembaca, apapun komentarnya. Tapi jika spam ataupun sesuatu yang kurang baik. Maka Anda berhak untuk menghapusnya. Ingatlah! menulis komentar juga membutuhkan waktu bagi para pembaca, setidaknya hargailah mereka yang bersedia menyiapkan waktu untuk memberikan feedback bagi tulisan anda baik ataupun buruk.

  • Make your content easier to digest with headings, subheadings, and bulleted list
    Buatlah kontennya lebih mudah untuk dicerna dan dipahami dengan memberikan judul, sub judul, ataupun menggunakan daftar bullet. Dengan bullet ini juga akan terlihat lebih rapih.

Dari ke-6 tips ini dapat digunakan untuk para pemula maupun yang sudah terbiasa nge-blog. Penasaran tips selanjutnya? Check it di artikel “Tips Mudah: Jadikan Blogmu Sukses - part 2”.

semoga bermanfaat selalu yaa.. ^^

Alhamdulillahirabbil`alamin.

Makassar-Antang, 12 April 2016

You Might Also Like

0 komentar

Terima kasih sudah mampir. Semoga bisa bermanfaat selalu :) Amin.
Jangan lupa komentarmu ya, karena komentarmu adalah semangatku untuk terus berbagi ^^)

Komentar yang mengandung SARA, link hidup, dan spamming akan dihapus ya.. Terima kasih atas perhatiannya :)