Tips Mudah: Jadikan Blogmu Sukses–part 2

Tuesday, April 12, 2016

Bismillahirrahmanirrahim.

JBS 2Bagaimana tips part 1? semoga dapat di amalkan. sebenarnya itu pengingat juga untuk yang nulis dan memposting tulisan ini (alias saya sendiri hehehe). Oh iya, Masih berminat melanjutkan ke part-2? Hmmm… Oke deh.. Ini nih beberapa tips lagi agar kita dapat mensukseskan blog yang kita punya menjadi lebih baik dalam memberi informasi dan bermanfaat bagi umat. Langsung aja deh ya..

  • Know your audience and write like you are talking to them. Sound HUMAN!!
    Jadi ketika kita menulis, kita harus tahu dulu audience kita siapa aja. Jika memang blog *tulisannya) khusus remaja ya sesuaikan bahasanya dengan remaja. Jika ibu-ibu sesuaikan bahasanya dengan para ibu-ibu, bisa juga gaul sih buat ibu-ibu gaul hehehe.. Terus buatlah seolah-olah kita sedang berbicara di depan audience kita, seolah laptop tempat kita menulis adalah lawan bicara kita. Untuk tulisan yang kontennya umum (untuk semua kalangan), saya lebih memilih menggunakan bahasa yang sedikit formal walau masih ada campuran bahasa gaul yang tentunya masih bersifat umum. Tapi yang pasti pakelah bahasa manusia.. hehehe..

  • Be credible, memorable, and add value to the conservation.
    Jadilah blogger yang dapat dipercanya, mudah diingat, dan berikan nilai lebih terhadap tulisan-tulisan kita. Intinya, buatlah setiap tulisan kita meninggalkan kesan mendalam yang dapat selalu diingat atau diingat dalam waktu yang lama.

  • Write something that you will choose to read.
    Ketika kita menulis, usahakan tempatkanlah diri kita pada posisi pembaca. Jika kita sebagai pembaca, apakah tulisan ini akan kita baca atau layak untuk dibaca? Jika tidak, maka sebaiknya jangan ditulis. Karena pembaca yang lainpun bisa jadi berpikiran yang sama. begitu pun sebaliknya.

  • Don’t ever assume who your readers are or what they care about. Instead, find out the truth trought interviews.
    Tips sebelumnya adalah menempatkan posisi kita sebagai pembaca. Namun itu hanya untuk memilih apakan tulisan ini akan kita baca atau tidak. Cukup itu saja. Jangan pernah berpikir atau berasusmi tentang siapa yang akan membacanya dan apa yang akan mereka pikirkan atau pedulikan. Sebaiknya jika memang penasaran, lakukan wawancara untuk mencari jawabannya.

  • NO one expects a blog to be perfect. Keep it informal and easy-to-read. Write shorter content more often.
    Tidak ada yang mengharapkan bahwa sebuah blog haruslah sempurna. Tetaplah membuatnya tidak terlalu formal dan mudah dibaca. Selama ini, dengan tetap menggunakan bahasa informal, blog tetap menjadi destinasi bacaan yang digemari. Cobalah menulis konten yang singkat lebih sering.

  • Write for your audience, not for your company.
    Tulislah sesuatu untuk memberikan informasi kepada para pembaca, bukan menulis untuk perusahaan. Walaupun itu untuk promosi, namun tetap harus berisi informasi bermanfaat bagi para pembaca.

  • Be candid and don’t hold back from sharing your personality.
    Bersikaplah dengan jujur dan jangan jaim. Jangan menahan diri dari mengumbar kepribadian kita. Dengan membagi kepribadian kita dengan pembaca, akan membuat kita lebih terbuka dan pembaca tidak akan merasa canggung dengan kita. Ini dapat mendekatkan penulis dan pembaca. Mereka pun bisa saling memahami satu sama lain. Hal ini dapat menciptakan komunitas baru karena adanya kesamaan kepribadian ataupun hobi. Komunikasi pun lebih enak dan asyik.

Hufftttt… cukup panjang juga tulisan ini. Semoga blog saya sesuai dengan tips ini ya, begitu pula kalian. Kita belajar dan mencoba sama-sama.. Ngga semua yang menulis memiliki apa yang ia tulis. Kadang kala itu juga merupakan harapan yang diinginkan penulis, ia bagi. Karena itu baik.

eh.. masih ada 6 lagi nih tipsnya. Yuk intip… and See you in next article.. hehehe

Alhamdulillahirabbil`alamin.

Makassar-Antang, 12 April 2016

You Might Also Like

0 komentar

Terima kasih sudah mampir. Semoga bisa bermanfaat selalu :) Amin.
Jangan lupa komentarmu ya, karena komentarmu adalah semangatku untuk terus berbagi ^^)

Komentar yang mengandung SARA, link hidup, dan spamming akan dihapus ya.. Terima kasih atas perhatiannya :)