Tips Mudah: Jadikan Blogmu Sukses–part 3

Tuesday, April 12, 2016

Bismillahirrahmanirrahim.

JBS 3

Hay.. HAy… jumpa lagi di tips part-3. Sudah baca part 1 dan part 2? kalau belum cek dulu yaa hehe..

Oh iya, tips-tips ini sebenarnya kumpulan tips dari beberapa blogger asal luar negeri. Diakhir part ini, kalian dapat mendownload file tipsnya. Di setiap tulisan, saya menambahkan beberapa penjelasan dari tiap tips yang ada. Penasaran apa tips selanjutnya?

Check it dot.

  • Write more about what you want to know better.
    Tulislah sesuatu yang ingin kita ketahui lebih dalam. Sebelum menulis sesuatu, sebagai penulis yang peduli akan pembacanya, ia akan mencari referensi sebanyak-banyaknya untuk melengkapi tulisannya. Setiap informasi berguna dirangkum dalam sebuah tulisan yang lebih enak dibaca dan mudah dipahami. Ini menjadikan tulisan itu lebih hidup dan informatif dari berbagai sumber dan terpercaya. Seperti kata pepatah “sekali mendayung dua atau tiga pulau terlampaui”. Dapat ilmu, tulisan, dan amal (berbagi ilmu).

  • Just Start! I was once told, “it’s a blog; not a bible” 
    Mulailah menulis. Ini adalah blog. kita tak sedang menulis kitab suci. Jadi mulai saja menulis (kamu bisa lihat tulisan ini untuk pemula yang kekuranang ide).

  • Run with an idea as soon as you get it. Inspiration can easily be lost. Draft Quickly!
    Langsunglah menulis ketika ada ide datang. Inspirasi itu gampang hilang. Oleh karenanya, tulisakan idenya walaupun masih tulisan kasar. Tulislah di buku ide dan tentang apa yang akan kita tulis. Kalau bisa, siapkan 1 buku ide dan selalu dibawa. Jadi jika dijalan tiba-tiba ada ide, langsung dituliskan di buku ide. Jika sudah ada waktu luang atau mendapatkan tempat yang nyaman, mulailah untuk menuliskannya kembali.

    saya selalu punya buku kecil di tas. Jangan lupa pulpennya ya!!! hehehe.. kan lucu, ada kertas tapi ngga ada pulpen.. ngga bisa nulis donggsss.. Mending ngga bawa buku dari pada pulpen. Siapkan selalu pulpennya.

  • Go six month without talking about yourself or product.
    Ini bagi pemula. Jika memang kekurangan ide, di enam bulan pertama bisa menulis artikel sederhana tentang pengetahuan sekitar atau pelajaran di kelas. Tapi ingat! jika tulisannya panjang, dibagi ke beberapa part ya!!!

  • Don’t wait for perfect!
    Jangan pernah menunggu kesempurnaan dalam menulis. Remember! Nobody perfect! Begitupun tulisan. Jika kita menunggu komentar sempurna sebuah tulisan maka kita takkan mampu menulis tulisan berikutnya. Itu hanya akan membuang-buang waktu tanpa hasil. Padahal “Practice makes perfect!” semakin banyak kita latihan menulis, maka tulisan kita akan mendekati kesempurnaan. Jadi Keep write!

  • Keep a jurnal of all your blogging ideas for those days you can’t think of a thing to write about!
    Seperti yang saya bilang tadi, tulialah ide di sebuah buku. jika suatu saat anda tak tahu harus menulis apa, tinggal membuka bukunya. Buku ini seperti bank ide.

  • No one wants to dig through industry jargon to understand what you’re writing about. use simple language to explain things.
    Intinya gunakanlah kata-kata yang simple dan mudah dipahami. Just it!

Oke done.. Akhirnya, selesai juga tipsnya. Semoga sangat-sangat bermanfaat untuk kita semua. So, gimana? Gampangkan nge-blog itu. Cukup nulis apa aja yang kita inginkan. Ada yang sifatnya umum dan pribadi. Yang terpenting adalah berbagi ilmu. Yang bermanfaat tentu yang diharapkan dan lebih baik. Fightingggg!!!!!!

Tetap semangat selalu dalam berbagi yaa guysss… Walau hanya sesekali tak apa, Sampaikanlah walau hanya 1 ayat. Sampaikanlah ilmu yang baik walau hanya sedikit Smile

oh iya, seperti yang tadi saya janjikan. Langsung download file aslinya disini ya.

Alhamdulillahirabbil`alamin.

Makassar-Antang, 12 April 2106

You Might Also Like

0 komentar

Terima kasih sudah mampir. Semoga bisa bermanfaat selalu :) Amin.
Jangan lupa komentarmu ya, karena komentarmu adalah semangatku untuk terus berbagi ^^)

Komentar yang mengandung SARA, link hidup, dan spamming akan dihapus ya.. Terima kasih atas perhatiannya :)