Ngobrol itu Perlu [#NgobrolBarengBloggerMKS part 1]

Tuesday, September 06, 2016

clip_image002Malam rabu lalu (9 Agustus 2016), suasana di Bistropolis café di penuhi suara gaduh para blogger. Biasanya para blogger lebih banyak berkiprah di dunia penulisan. Walau begitu ketika di kumpulkan dalam acara “Ngobrol Bareng Blogger”se-Makassar, ternyata bisa rame dan seru-seruan juga. Walaupun kita bogger, tapi sekali-kali ngobrol itu perlu. Makanya, ketika diundang ke acara tersebut, saya langsung meng-ia-kan ajakan kakak senior yang telah lama berkiprah didunia blogger dan masih aktif hingga sekarang. Namanya Kak Mugniar. Diacara ini, saya duduk bersebelahan dengan beliau. Walau umur beda jauh, kelakuan pas ketumu tetap sama, alias foto-foto. Ini bukan foto selfie ya, tapi foto untuk dokumentasi blogger hehehe. Bicara tentang acara ini, pertama-tama saya membahas ketika pertama kali memasuki ruangan para blogger berkumpul, setelah mutar-mutar 3x untuk nemuin tempatnya. Finally, dapat juga. Alhamdulillah..

Nah, ketika memasuki pintu, para blogger di sambut oleh para panitia yang ramah-ramah dengan senyuman tulus (emang tau senyum tulus gimana?? Hmm.. asal terasa hingga ke hati berarti tulus deh.. udah itu aja). Di panggung sudah disungguhkan performa dari sebuah band lokal. Meski lokal, vokal belum tentu kampungan, top deh! Saya pun memutuskan duduk sebelahan sama meja MC! Biar bisa ngeliat pemateri sama MC yang kece-kece gitu (jelalatan banget matanya.. Awas.. Jaga pandangan lhooo.. (ingetin diri sendiri).. bercanda kok hehe).

clip_image004Kali ini, kita kedatangan tamu special dari BBlog, seorang selebgram (selebrity instagram) @hhacii_. Hhacii alias Hapsi Algifari ini seorang mahasiswa yang setahun belakangan ini menjadi wartawan Koran Fajar di rubrik akademika. Kata hapsi “menjadi jurnalis itu menjadikan hidup lebih bermakna dan bayak pengalaman” mengawali perkenalannya. Alasan lain menjadi serorang jurnalis adalah bisa ketemu orang-orang penting seperti presiden, artis, gubernur, jalan-jalan seru, belajar keragaman budaya, dan masih banyak lagi. “Menjadi wartawan itu harus Siap kapan pun dimana pun Siang dan Malam! Bertemu dengan orang berbeda mengajarkan banyak hal” tuturnya anak muda yang pernah mengabrek juara 1 Karya ilmiah tingkat national ini. Selain pengalaman di bidang jurnalis, Hapsi lebih banyak menshare tentang cara pengambilan foto yang bagus. Beberapa hal yang saya simak adalah:

  1. Komposisi untuk membangun keseimbangan suatu foto
  2. Pencahayaan. Pencahayaan alami dapat diperoleh dari golden hour yaitu jam 6 – 9 pagi dan jam 3 – 6 sore.
  3. Background
  4. Gunakan applikasi edit foto yang gratisan aja biar murah.
  5. Perencanaan gambar. Kamu bisa memanfaatkan salah satu aplikasi perencanaan gambar, yaitu fishbocam.
  6. Konsisten dengan gendre dan efek foto. Misalnya nature efeknya apa, makanan efeknya apa, dan seterusnya.

Untuk membuat foto menjadi lebih bagus dan dapat dinikmati banyak orang, salah satu aplikasi yang dapat dimanfaatkan adalah instagram. Beberapa tips agar follower di insta kita dapat bertambah versi hhacii adalah:

  1. Upload foto secara konsisten
  2. Bangun sebuah image instagram kita seperti fokus kepada makanan, nature, atau yang lainnya.
  3. Rajin-rajin membalas komentar dan folback alias follow balik para follower kita J
  4. Jangan lupa juga CAPTION!! Buatlah Caption yang menarik dan nyambung dengan foto. Pisahkan # dengan caption. # baiknya di simpan di kolom komentar agar tidak mengganggu caption kita.

clip_image006clip_image008

Suasana di bistropolis

Namun, dalam pemanfaatan instagram ini harus juga digunakan dengan hati-hati. Selain mendapatan keuntungan bisa dikenal banyak orang, bisa juga terjadi penyimpangan seperti pelanggaran hak cipta, penyalah gunaan gambar hingga terjadi kasus penipuan menggunakan nama dan foto diri kita, serta jadi korban bully juga. Jadi, hati-hati aja ya guys!! Gunakan sosmed kita dengan bijak dan yang terpenting dapat bermanfaat.

Terakhir dari @hhacii_ JANGAN SOMBONG DENGAN BANYAK FOLLOWER!! Sepakat deh sama hhacii. Sombong itu salah satu sifat dan teman setan. Ngga maukan temanan sama setan?? Apa mau?? Iihhhhhh… Oke then.. selanjutnya ada lagi nih ngobrol seru ke-2. BCA bagi-bagi dompet digital buat para blogger plus saldonya di acara ini. Kalau kalian mau dompet digitalnya, baca aja cara dapetinnya disini.

You Might Also Like

0 komentar

Terima kasih sudah mampir. Semoga bisa bermanfaat selalu :) Amin.
Jangan lupa komentarmu ya, karena komentarmu adalah semangatku untuk terus berbagi ^^)

Komentar yang mengandung SARA, link hidup, dan spamming akan dihapus ya.. Terima kasih atas perhatiannya :)