Kunjungan ke Gerai Oleh-Oleh khas Makassar - Makassar Baklave

Tuesday, January 10, 2017

Bismillahirrahmanirrahim

Kemarin baru saja soft opening sebuah toko kue oleh-oleh khas Makassar. Toko baru ini lagi hits-hitsnya di Makassar ditambah lagi toko ini merupakan besutan salah satu artis papan atas yaitu Irfan Hakim. Tak ingin ketinggalan, saya pun juga ingin mencicipi kuenya. Sayangnya saya tak bisa pergi di pagi dan siang hari ketika opening berlangsung karena suatu hal, saya pun menyempatkan untuk pergi di malam hari.

Design by ev
Sebelum soft opening, toko oleh-oleh khas Makassar dengan nama Makassar Baklave ini sudah lumayan booming di kalangan warga Kota Makassar melalui instagramnya. Saya pun mencoba untuk stalking di Instagram @makassarbaklave dan ternyata pas hari pertama sudah banyak yang mengantri. Selain itu, openingnya juga dihadiri oleh para pemain film “Silariang”, film baru kreasi anak muda Makassar yang akan segera tayang di bioskop bulan maret mendatang.

Oh iya sekedar info, Makassar Baklave ini terisnpirasi dari Baklava yang populer di Turkey. Nah, Mas Irfan Hakim kemudian bertekad untuk membuka toko oleh-oleh khas Makassar dengan konsep rasa dari Baklava. Keinginannya pun terwujud di awal tahun 2017 ini. Baklava sendiri adalah hidangan pencuci mulut yang memiliki rasa khas tersendiri. Tumpukan filo di atasnya yang tipis dan renyah dan diperkaya dengan isian yang biasanya berupa kacang atau kismis yang direndam di dalam campuran simple syrup dan kayu manis.

Mengapa Makassar?

Dari info yang saya dapatkan, ini berawal dari kenangan manis Irfan Hakim yang pernah ada di Kota Anging Mammiri. sebuah kisah cinta Irfan Hakim dan istrinya, Della Sabrina Indah Putri yang bermula di kota Makassar. Katanya, setiap Irfan berniat jalan bersama sang kekasih, beliau harus datang ke Makassar dan wajib lapor kepada Ayahanda Della, Bapak Arif Budi Sampurno, yang kala itu menjabat sebagai Pangdam VII Wirabuana. Perjuangan ini pun membuahkan hasil manis dengan pernikahan yang zakinah bersama sang istri.

Makassar Baklave - Kisah Manis Sebuah Perjuangan Cinta
Kisah perjuangan cinta ini dikemas manis dalam Makassar Baklave - Pastry khas Turkey yang dihadirkan di Makassar dengan cita rasa khas. Jadi tak perlu jauh-jauh ke Turkey untuk menikmati sepotong kue ini. Dengan tumpukan filo yang berlapis-lapis ini menggabarkan lapisan-lapisan impian dan harapan Irfan Hakim bersama istri. Sementara cotton cake dibagian bawah dengan tekstur lembut menggambarkan kelembutan kasih sayang mereka berdua. Bermacam variasi isian seperti pisang, kacang, coklat, keju, dan biskuit menggambarkan kekayaan moment-moment romantis diantara keduanya. Semuanya berpadu dalam renyah, manis, legit, dan lembut dalam satu gigitan. (Ciee.. cieee.. Romantis ya kenangan manis dan indah dalam sebuah kue.. mau juga di buatkan kue sama suami saya kelak #eh)

Apa saja varian rasa yang ada?

Makassar Baklave hadir dalam 5 varian rasa. Ada Nutty Fruity, Rich Cheese, Oreo Blast, Royal Chocolate, dan Banana Fluffy.

1. Nutty Fruity

Untuk penggemar kacang-kacangan sangat cocok memesan rasa ini. Nutty Fruity adalah Baklave dengan isian pistachio - semacam buah kenari hijau, walnut – semacam kenari, cashewnut atau kacang mente dibagian tengah dengan aroma cranberry dan raisin a.k.a. kismis yang dipanggang selama 40 menit. Untuk cotton cake-nya berisi siraman sirup beraroma lemon segar yang membuatnya lembut dan lumer dimulut.

Rasa Nutty Fruity - Makassar Baklave
2. Rich Cheese

Dari asal katanya saja sudah bisa ketahuan kalau ini adalah special menu untuk pecinta keju atau cheese addicted. Menu ini kaya akan keju mulai dari lapisan filo diatasnya sampai cotton cake di bawahnya. Eh iya, ini rasa favorit yang paling disukai Mas Irfan Hakim, lho.

3. Oreo Blast

Seperti namanya varian ini diisi dengan biscuit bundar hitam oreo yang diremah dan dicampur dengan balutan coklat diatas filo tipis berlapis-lapis yang renyah dan tentu saja manis. Ada juga kejutan rasa keju diantara lapisan filo dan cotton cake yang lembut.

Rasa Oreo Blast - Makassar Baklave
4. Royal Chocolate

Baklave rasa ini menyuguhkan keunikan rasa coklat yang diracik sendiri oleh chef Makassar Baklave. Hal ini membuatnya memiliki rasa coklat unik khas Makassar Baklave. Jadi cuma ada di toko oleh-oleh khas Makassar Baklave.

5. Banana Fluffy

Last but not least, Banana Fluffy dengan sensasi pisang manis yang berpadu dalam renyahnya filo dan taburan kacang diatasnya. Rasa ini dibuat khusus dengan mengangkat pisang sebagai salah satu buah yang sangat melimpah di kota Makassar sehingga menjadi oleh-oleh khas Makassar.

Rasa Banana Fluffy - Makassar Baklave
Tempat dan Harga

Gerai Makassar Baklave ini resmi dibuka pada hari Senin, 9 Januari 2017. Tempat ini berlokasi di Jl.Sultan Hasanuddin no.13, Makassar letaknya sebelum Gelael. Jika dari arah Pantai Losari ataupun dari Jl.Arif Rate bisa terlihat di sebelah kanan.

Alamat Makassar Baklave: Jl.Sultan Hasanuddin No. 13 Makassar
Catatan Kunjungan

Sebelumnya saya mengatakan bahwa saya berkunjung di malam hari. Untuk soft opening kemarin, toko ini buka hingga pukul 10 malam. Ketika berkunjung saya mendapati masih banyak pembeli yang mengantri untuk mencoba kue oleh-oleh Makassar ini. Karena pertama kali datang, saya pun menyempatkan diri untuk berfoto selfie dan meminta ijin untuk memotret tempatnya. Alhamdulillah di ijinkan dan pegawainya juga ramah-ramah.

Pengunjung masih saja berdatangan hingga menjelang jam 9 malam
Untuk varian rasa, sebenarnya dari kemarin sangat ingin mencoba rasa oreo, coklat, dan rich cheese. Namun sayang, semua rasa itu sudah ludes di borong pembeli. Terbukti bahwa Makassar Baklave dengan tagline Oleh-oleh na Makassar memang lagi hitz apalagi masih diskon 10% hingga 1 pekan ke depan. Akhirnya saya pun harus memilih antara Nutty Fruity dan Banana Fluffy. Pilihan pun jatuh pada Nutty Fruity untuk dibawa pulang.

Mumpung masih diskon 10% - All varians Rp. 65.000,- (sebelum diskon)
Sesampainya dirumah, kue ini langsung disantap bersama keluarga. Mereka sangat suka dengan cotton cake-nya yang lembut dan filonya yang crunchy walau rasa manisnya sedikit berlebih. Itu karena kami memang tak terlalu suka makanan yang agak manis. Namun jangan khawatir, untuk para sweet lovers kue ini pasti sangat memuaskan untuk disantap apalagi ditemani teh hangat untuk menghangtkan hati dalam keromantisan kue ala Irfan Hakim dan pasangan. Kue ini juga tahan hingga 7 hari jika di simpan di lemari pendingin. Jadi tak perlu khawatir jika tak bisa menghabiskannya sekaligus.

Saya pun berjanji akan datang kembali keesokan harinya ketika berkunjung malam kemarin. Oleh karenanya, saya sudah berencana untuk pergi dan tengah bersiap-siap. Namun, tiba-tiba saja ada hal lain yang harus di selesaikan dan menghentikan langkah saya. Saya hanya bisa mendekap di rumah bersama sang kemenakanku yang lucu dan meng-kepoi kembali instagram @makassarbaklave. Ternyata hari ini antrian sudah panjang dari pagi. Wow!! MANTAP!! Selamat atas pembukaan toko kuenya Mas Irfan Hakim, orang-orang Makassar sedang berlomba-lomba mencoba kue oleh-oleh khas Makassar ini. Semoga semuanya suka ya J

Makassar Baklave Pagi ini
Semoga saya bisa mencoba varian lainnya terutama oreo blast atau royal chocolate-nya di lain waktu. Mau colek-colek teman yang lagi ulang tahun, kemarin sudah janjian mau ke sini bareng-bareng. Siapatau dapat traktiran Makassar Baklave. Hehehe..

Hampir lupa, tanggal 15 Januari 2017 nanti akan ada Grand Opening Makassar Baklave. Mas Irfan Hakim akan mengundang Walikota Makassar, Bapak Dani Pomanto untuk mencicipi kue Makassar Baklave dan memberikan komentar. Acara ini juga akan dimeriahkan oleh beliau (Baca: Irfan Hakim) dan berbagai hadiah menanti bagi para pengunjung yang mengunggah foto-foto terbaiknya di akun media sosial MAKASSAR BAKLAVE. Save your date!!

Tidak lupa selfie di toko hehehe

Alhamdulillahirabbil`alamin
Makassar-Barombong, 10 Januari 2017

You Might Also Like

6 komentar

  1. andai makasar dua jam dari palembang, pengen nyicip kuenya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas Fajar.. Kalau jalan-jalan ke Makassar jangan lupa untuk icip-icip ya :)

      Delete
  2. Recommended! Kak Evhy yuk datang lagi pas grand launchingnya, sekalian kopdar :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak Ndy, Mau sekalika ikut tapi jagaka pagi.. Hiksss :(
      Semoga ada yang mau gantikanka sih.. Aamiinn :)

      Delete
  3. Sumpah ngileeer... tapi masa musti ke Makassar dulu buat beli ini huhuhu... :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk kak.. jalan-jalan ke Makassar. Kalau ke Makassar jangan lupa kontak2 ya kak :)

      Delete

Terima kasih sudah mampir. Semoga bisa bermanfaat selalu :) Amin.
Jangan lupa komentarmu ya, karena komentarmu adalah semangatku untuk terus berbagi ^^)

Komentar yang mengandung SARA, link hidup, dan spamming akan dihapus ya.. Terima kasih atas perhatiannya :)