Kamis, 28 Agustus 2014

,

Bismillahirrahmanirrahim.

Biodata narasiSelayaknya orang baru dalam dunia pertulisan. Aku bingung apakah biodata narasi itu? Aku tanya saja kepada kakakku yang saat itu tengah duduk di sampingku. Ia mengungkapkan pendapat. Tapi otakku yang sejatinya harus di upgrade ini masih saja tak mengerti.

Awalnya aku pikir biodata orang-orang dalam cerpen yang aku tulis. Tapi aku tak yakin. Aku pun memutar kembali otak ini untuk berpikir. Hah, sepertinya biodata yang ditulis dalam bentuk paragraf. Seperti yang biasa tertulis di belakang buku tentang profil penulis.

Aku masih ragu akan hal itu. Allah swt. pun memberi lewat sebuah blog yang aku searching di google.

Selasa, 19 Agustus 2014

,

Bismillahirrahmanirrahim.

IMG_20140817_214757Hmmm… punya niat untuk belajar bahasa arab. Kini buku sudah di tangan. Semoga Allah swt. meridhoi. Ya.. Allah.. Hamba mohon engkau meridhoi niat hamba untuk mempelajari bahasa Arab. Agar hambamu ini dapat lebih memahami Al-Qur’an secara mendalam.

Ya Allah, berilah hambamu ini semangat dalam mempelajarinya. Komitment dalam mempelajarinya. Kemudahan, kelancaran, kepandaian, kedisiplinan, dan kefasihan dalam memepelajarinya. Agar hambamu ini dapat memahami dengan penuh kemudahan dan dapat menguasaiannya dengan kemudahan pula Ya Allah. Ya Allah, ini semua hanya akan menjadi mudah atas tuntunan-Mu. Ya Allah, ini akan bis menjadi berkah dan bermanfaat atas ridho dan ijin-Mu. Ya Allah, sungguh aku memohon kepadaMU, agar hamba benar-benar dapat menguasainya.

,

Bismillahirrahmanirrahim.

Makna Lomba 17-anLagi nonton Newshow di Metro TV. Ceritanya tentang permainan-permainan acara 17-an yang biasa di mainkan. Ada lomba lari karung goni, Panjat pohon pinang, dan tarik tambang. Host yang lucu-lucu itu mengungkapkan makna dari game-geme itu.

jadi begini nih maknanya. Lomba lari karung goni itu maksudnya bahwa pada jaman penjajahan bangsa indonesia kakinya di ikat pake karung goni. Mau lari jadi susahkan. Kerja aja susah. jadi dari situ bisa melihat bagaimana beratnya perjuangan orang-orang jaman dulu. Kita kalau lari karung susah kan? nah, gitu deh susahnya. hihihihi

,

Bismillahirrahmanirrahim.

AMStatusFBHmmm.. kadang membaca Facebook mengundang senyum, tawa suka dan cinta. Kadang pula mengundang rasa salah. Kadang menyayat hati. Rasa manis, kecut, dan pahit kadang terasa. Semangat juga tak mau kalah berada di dalamnya.

Hari ini membaca status beberapa orang. Ini membuatku teringat akan sesuatu. Ada yang mengingatkan tentang Indahnya Ciptaan Allah swt. Ada yang mengingatkan tentang pahitnya kehidupan. Ada yang mengingatkan kala diri ini lupa. Ada yang mengingatkan kala kesempatan pergi begitu saja. Ada yang mengingatkan semangat yang tertunda.

,

Bismillahirrahmanirrahim.

MaafkanMagrib menjelang, aku pulang dari rumah inna. kakak tak sempat menjemputku kembali di rumah itu. Karenanya ia menyuruhku untuk bertemu di Mtos (Makassar Town Squer). Acaranya belum juga selesai hingga magrib menjelang. Aku pun memutuskan untuk ke sana. Kebetulan aku memang ingin melihat dan mengecheck buku.

Inna mengantarku ke depan. Aku harus ke depan untuk mengambil angkot. Maaf ya merepotkan, ucapku dalam hati. jaraknya lumayan jauh. Jika jalan kaki bisa memakan waktu sekitar 15 - 20 menit.
“Makasih sudah di antar ya inna” ucapku stelah turun darai motor.
”iyaa..” ucap inna.
”oke. hati-hati nah. Terima kasih. Assalamualaikum” ucapku.
”Wa’alaikum salam” ucapnya.

Senin, 18 Agustus 2014

,

Bismillahirrahmanirrahim.

IMG_20140817_131517Hari ini ada janji bertemu dengan teman-teman kuliah. Memang kita dekat, teman-teman jalan tapi lama ngga ngumpul bareng dan masak bareng. nah, kali ini di hari ahad kami berencana membuat menu special yang dirindukan. Dulu semasa kuliah kami suka memasak dan makan bersama sesekali.

Nama masakannya adalah Barobbo. Orang bugis pasti tahu nih. Ini adalah salah satu makanan khas orang bugis. Mirip sama bubur manado kentalnya tapi bukan bubur manado. Bedanya bubur manado pake sayur labu sedangkan Barobbo ini tidak. Tapi bahan dasarnya sama yaitu jagung.

Rencana ini sudah dibicarakan lewat BBM sejak jumat kemarin. Anti, temanku, menghubungiku lewat BBM.

PING!
Evhy minggu free?” chatnya padaku.
”Insya Allah.. Mau kemana?” balasku.

Minggu, 17 Agustus 2014

,

Bismillahirrahmanirrahim.

Tiba-tiba saja aku terbangun. Seperti biasa, aku akan langsung mengecheck jam. Wah, sudah jam 9 pagi.

Hufffttttt

Untungnya lagi ngga sholat. Jadi agak lega. Tadi malam terserang sakit perut yang dahsyat. Aku pun berbaring saja di kasur jam 12 malam. Soalnya habis nonton sinetron kesukaan. Hehehehe.. Baru kali ini aku kecantol sama yang namanya sinetron di malam hari. Ngga tahan kalau ngga nonton. Sinetronnya lucu sih. hihihihihi..

Sabtu, 16 Agustus 2014

,

Bismillahirrahmanirrahim.

clingggggg

Bunyi tumpahan koin yang baru saja di tumpahkan oleh putra. Belakangan ini ia sangat senang bermain-main dengan koin. Tak jarang kami sekeluarga pun memberikan koin-koin di tas untuk di mainkan olehnya. Ia pun mengumpulkan koin-koin itu. Ia menyimpannya di ember-ember kecil.

Ia sangat suka menumpanghannya dari ember itu. Setelah itu ia pun memungutinya kembali. memungut koin-koin dan memasukkannya kedalam ember kembali. Tak lama setelahnya ditumpahkan lagi olehnya. Kadang heran, bagaimana sih cara berpikir anak-anak? Walau dulu pernah juga menjadi anak-anak tapi aku tak banyak mengingat masa kanak-kanakku ketika berusia 3 tahun.

,

Bismillahirahmanirrahim.

Arrrrgggggghhhhhh

Rasanya kemarahan ini memuncak. Ditambah lagi aku sedang haid. Emosi ini bisa meluap-luap untuk sesuatu yang kecil sekalipun.

huffftttt

Hari ini lumayan panas. Hujan tiba-tiba turun ditengah terik matahari. Ia pun memaksaku mengangkat jemuran seketika. Ternyata ia hanya numpang lewat. Ia tak di takdirkan untuk menyirami tanah barombong siang ini. Mungkin bebannya terlalu penuh. Akhirnya ia pun menumpahkan sedikit airnya. Awan gelap di atasku terlihat jelas kala aku menyempatkan diri menengadah ke atas.

,

Bismillahirrahmanirrahim.

Suntuk di rumah terus! Tak jarang aku merasakan ini. Karena rumah yang kini jauh dari kota, jam terbang untuk keluar dari rumah kemana-mana pun terbatas. Ditambah lagi kendaraan umum yang sangat jarang melewati kawasan ini. ah! Brombong! Ya, sekarang saya tinggal di Barombong. Tepatnya perumahan barombong indah blok D.

Disini saya sangat suka udaranya. Pagi-pagi adalah udara tersegar yang pernah saya rasakan. Pagi yang indah, langit kemerah-merahan. Burung-burung beterbangan kesana-kemari menghiasi lagit. Setiap pagi bisa menikmati udara ini sungguh rasa syukur tak terhingga. Alhamdulillah.

,

Bismillahirrahmanirrahim

Akhir-akhir ini menggeluti dunia Blogger. Walau sudah memulainya sejak tahun 2010 namun sempat fakum beberapa saat. Kini semangat blogger bangkit kembali seiring semangat untuk menulis kembali muncul. Aku tak kuasa melihat karya-karya sederhana namun bermakna dari orang-orang sekitar. Mereka sudah mengukir karya mereka untuk dunia. Aku bertanya pada diri ini, Bagaimana denganmu? Apakah kamu sudah berkarya?

Pertanyaan ini mengusik hati. Aku lalu berpikir hal yang aku gemari. Aku gemar menulis. Menulis apa saja yang ada di pikiranku. Tak pusing apakah bagus atau tidak. Tulisan-tulisanku sekedar mengingatkanku tentang beberapa moment dalam sebuah ruang waktu. Seperti judul blogku: My Story in Space Room.

Kamis, 14 Agustus 2014

,

Bismillahirrahmanirrahim.

Pagi, sekitar jam 10, ada BBM masuk. Eh, dari Ija chan. Ada apa yah?
”Nomor ASmu dulu yang bisa dihubungi” chatnya di BBM.
”hmm.. nomornya kakakku nah” aku pun mengirimkan nomor AS kakakku untuknya. Tak lama ia pun menelfon.
”Eviiiii” khas ija ketika menelfonku.
”Kenapa??” ucapku dengan senang.
“eh, dimana cari baju kemeja putih nah?” tanyanya padaku.
”hmmmm… dimana di? hmmm..” aku diam memikirkan.
”ahhhh.. coba cari di Cakar banyak itu. hahaha.” ucapku. ”Iya banyak memang di cakar..” ucapnya lalau tertawa. Aku pun tersadar, ia takkan membeli di cakar. Lalu kupikirkan lagi tempata yang kira-kira bisa mendapatkannya. 
“Atau di Harapan Baru. Biasa ada itu disitu. atau di Matahari tapi mahal sih. Memangnya buat apa?” tanyaku.

,

Bismillahirrahmanirrahim.

sore itu aku masih bersama temanku, Mala. Kami masih berkeliling memutari MP dan masuk ke salah satu market disana. Aku sangat ingin membeli pelembab bibir oleh karenanya Mala menemaniku dan ia pun ingin membeli sesuatu di sana maka aku pun menemaninya.

Alhamdulillah, aku menemukan apa yang aku cari. Pada akhirnya setelah sekian lama pencarian akhirnya kutemukan juga produk yang sama.

Senin, 11 Agustus 2014

,

Bismillahirrahmanirrahim.

Kamis lalu aku bersama mala. Teman seperjuangan untuk mencari kerja yang tak kunjung ada. Kali ini kami berusaha kembali untuk berjuang. Yang berbeda kali ini. Aku hanya bersama seorang teman.Ya, Mala!

“Jam berapa pergi? kita ketemu dimana?” smsku ke mala sehari sebelumnya.
”Sembarangji evhy. Yang penting jangan pagi-pagi sekali” balasnya.
”oke kalau begitu. kita berangkatnya jam 10 pagi” balasku lagi.

Oke! jadinya kami pun akan bertemu jam 10 pagi. FiX!

,

Bismillahirrahmanirrahim.

Why? Why? Why? Itu memenuhi pikiranku. Mengapa ia harus seperti itu? Mengapa ia begitu malas? Aku hanya meminta sedikit dan sebentar saja. Tapi kenapa? kenapa? Itu selalu saja terasa di beberapa kisah. Terasa di beberapa ruang. Terasa di beberapa relung hati.

Rasanya tangan ini tiba-tiba mau melayang. Aku menahannya sekuat tenagaku. Aku harus mengendalikan otakku. Aku harus mengendalikan diriku. Begitupun perasaanku. Aku harus menguasai diriku. Astagfirullahhhhh.. Ya Allah.. Ampunilah perasaan ini. Ampunilah pikiran ini.

,

Bismillahirrahmanirrahim.
---

Dingin menyelimuti malam
Awan tak tampak di langit
Mata masih bersinar
Menikmati malam yang sunyi

Bulan menyinari bumi
Tampak olehku bulatan rupanya
Bersama mereka aku disini
Perjalanan panjang kala malam

,

Bismillahirrahmanirrahim.

IMG_20140808_174757Bosan dengan dadar? Hmmm.. Tenang! kini ada resep baru, lho. Coba-coba di rumah. Eh, jadi juga. Sesuai namanya bahan utama menu kali ini adalah Tanggo. Tanggo goreng ini terinspirasi dari Oreo goreng. Kalau ada oreo goreng kenapa ngga bikin tanggo goreng? Bahan yang di kulkas adanya cuman Tanggo sihhh.. hihihihi.. Yuk simak cara buatnya.

,

Bismillahirrahmanirrahim.

IMG_20140806_193833Setelah buat Es dadar Saus Merah beberapa hari lalu. Kali ini aku memberinya sedikit improvisasi rasa. Aku menamainya Dadar Coklat. Agar tidak bosan dengan adoanan yang banyak ku buat maka jadilah ia seperti ini –>

Cara membuat dadarnya sama saja dengan dengan Es Dadar Saus merah. Hanya saja dalam penyajiannya dan rasa di campur dengan coklat. Prosesnya mulai berbeda ketika dadar sudah di potong-potong.

,

Bismillahirrahmanirrahim.

Pukul 5.18 sore aku baru saja sampai di lokasi Global Village yang di adakan oleh AIESEC UNHAS. Wah, acaranya sudah mulai. Acaranya dimulai jam 5 sore. Ini kali pertamanya lagi aku get in touch with AIESEC event sejak kepengurusanku berakhir. Mungkin tak ada salahnya untuk mengikuti acara ini, pikirku. Ini acara positif untuk di ikuti.

Apa sih global Village? teman-teman mungkin bingung itu acara apa. Disini akan aku jelaskan sedikit tentang Global Village itu apa? Jadi, ini adalah acara pertunjukan kebudayaan dari beberapa negara. Singkatnya begitu.

Minggu, 10 Agustus 2014

,

Bismillahirrahmanirrahim.

IMG_20140806_180415Beberapa hari yang lalu habis bikin menu special buka puasa. Ini terinspirasi dari acara TV yang sempat aku tonton. Akhirnya aku melihat-lihat bahan kue di rumah dan ternyata ada. Aku kemudian membuat ini karena bahannya sangat sederhana dan gampang di peroleh. Mau liat cara membuatnya? Check it dot.

 

Bahan:

  • Tepung terigu (1/2 kg)
  • Telur 1 Butir
  • Air secukupnya
  • Gula pasir 3-4 Sendok makan
  • Sirup DHT/Marjan warna merah

Cara Membuat:

  • campurkan tepung terigu dan Air secukupnya. aduk sebentar hingga tepung cair
  • Masukkan gula pasir dan telur aduk hingga rata menggunakan pengaduk. Lebih bagusnya menggunakan mixer, tapi hanya di mixer sebentar saja. Yang penting semua sudah terlihat tercampur
  • Setelah semua tercampur baik dan tak ada lagi butir-butir pasir. Maka adonan siap untuk di buat dadar
  • SEperti biasa nyalakan kompor dan panaskan pan di atas kompor.Setelah panas, buat nyala kompor sekecil mungkin.
  • Masukkan 1 sendok makan adonan yang telah di buat. Ratakan adonan hingga tipis sebisa mungkin.
  • Tunggu hingga adonan matang. Ini di tandai dengan tidak ada lagi warna putih seperti adonan yang telah di buat. Adonan diatas pan semuanya telah berubah ke kuning-kuningan.
  • Angkat adonan dan masukkan kembali adonan yang lain ke atas pan.
  • Adonan yang telah di angkat di gulung di atas talenan ataupun piring.
  • Setelah di gulung dipotong sesuai selera.

Saran Penyajian:

  • Atur dadar yang telah di potong di atas piring sesuai selera
  • Tuangkan sirup DHT (lebih enak) di atas dadar yang telah di atur. Tuangkan saja seuai selera.
  • Masukkan es batu ke pinggur atau atasnya.
  • Es dadar Sirup Merah siap di santap.

Menu ini sangat cocok untuk menu buka puasa, atau lagi panas-panasnya udara. menu ini bisa menyegarkan tenggorokan. Selamat Mencoba ^^

Alhamdulillahirabbil`alamin :D

Sabtu, 09 Agustus 2014

,

Bismillahirrahmanirrahim.

Alhamdulillah. Akhirnya bisa nulis lagi hari ini. Sudah lama tak nulis. Rasanya terasa kaku. Rasanya kehabisan kata-kata untuk merangkai kata. Akhir-akhir ini malasnya terasa gara-gara nga bisa online. Jadinya ngga bisa upload tulisan. Nga bisa liat banyak info.

huffftttt

,

Bismillahirrahmanirrahim.

Pagi-pagi sekali aku tiba-tiba di serang kantuk berkepanjangan. Biasanya sehabis sholat subuh aku menikmati udara segara di luar rumah. Tapi kali ini beda. Rasa kantuk ini sungguh tak tertahankan. Aku mencoba mencari tempat yang enak untuk tidur.

Tak kudapatkan di depan televisi aku pun beranjak masuk kamar. Wahhh.. banyak orang. Diatas kasur full. Di bawah di lantai pun 4 orang sudah merebahkan tubuhnya. Hmm.. aku pun mengurungkan niat dan mencoba di depan televisi saja. Tak lama aku langsung merebahkan diri di tengah-tengah orang yang tengah tertidur di lantai. Aku rasa di kamar ini lebih nyaman. Walau harus berdesakan di lantai.

Panggilan menyuruh bangun mulai terdengar. Arrrrrggggg.. rasanya masih mau tidur. Mataku masih tak dapat kubuka rasanya. Pagi ini kami akan melakukan perjalanan silaturahim. Perjalanan ini adalah budaya rutin di keluarga kami sehari setelah lebaran usai. Akupun terpaksa bangun dan mandi.

,

Bismillahirrahmanirrahim.

fiyuhhhhIMG_20140801_231906

leleh sekali perjalanan malam itu. Aku baru saja pulang dari mudik di kampung halaman. Kini raga telah sampai di perantauan kembali. Tapi kali ini berbeda. Kami datang ke tempat peraduan baru. Baru saja kami berpindah dari rumah lama. Sebenarnya bukan rumah namun kamar sempit yang di isi oleh 5 orang.

Sebelumnya kakakku sudah memindahkan barang-barang ke rumah baru kami. Uppss.. rumah barunya, aku sih numpang.. hihihi. Aku tak ikut acara peminadahan barang kala itu. Aku sudah berada di kampung halaman. SEtibanya di Makassar mobil sewa kami meluncur langsung ke depan rumah baru itu.

Sabtu, 02 Agustus 2014

,

Bismillahirrahmanirrahim.

Kala mudik
Bersama orang-orang itu di mesjid
Menikamti hidangan di hadapan bersamanya
Dengan senyum kala menyatap makanan buka puasa

Kala mudik
Menikmati indahnya malam
Menikmati dinginnya malam
3 malam terakhir bulan ramadhan yang menyejukkan

Kala mudik
Menikmati adzan mesjid yang sudah lama tak kukunjungi
Mesjid yang menorehkan sejarah tersendiri dalam hati
Kala panggilangnya bergema, hati tak dapat menolak

,

Bismillahirrahmanirrahim.

CYMERA_20140802_081918Pagi-pagi bikin burger asyik juga. Akhir-akhir ini suka bikin makanan sendiri. Porsinya juga buat diri sendiri. hehehehe.. Pagi ini saya membuat burger. Namanya Burger ala Evhy. The Taste is well for me! Ahhh.. Enaknya menikmati makanan bikinan sendiri. Mau tahu resepnya? Check it dot.

Bahan

  • Roti Bundar untuk bentuk burger umumnya
  • Telur 1 butir
  • Smoke Beef bundar
  • Tomat Buah Kecil 1 Biji
  • Mayonise
  • Saus Sambal
  • Saus Tomat
  • Keju segi 4
  • Margarin

Cara Membuat

  • Naikkan pemanggang (saya pake teflon biasa), kecilkan api.
  • Belah dua roti bundar. Oleskan margarin di sisi dalam. lalu Bakar sebentar di atas pemanggang.
  • Masukkan satu sendok margarin kedalam pemanggang. Tunggu hingga cair, sebentar doang.
  • Masukkan Smoke beefnya. Bakar (;panaskan) hingga terlihat agak coklat, biasanya cuman 5 menit tergantung selera masak (JANGAN SAMPAI GOSONG).
  • Goreng telur mata sapi.
  • Potong tomat buah bundar-bundar.
  • Setelah smoke beef selesai di bakar angkat dan dinginkan sebentar.
  • Matikan api. Waktunya untuk berkreasi mengatur tumpukan burger.

Mengatur Tumpukan Burger

  • Untuk mengaturnya bisa sesuai selera.
  • Kalau yang digambar aturannya seperti ini:
    • Saus Sambal di bagian dalam roti paling bawah, atur hingga seluruh roti
    • Masukkan 3/2 potong tomat
    • Tumpuk smoke beef
    • masukkan saus mayonise
    • Tumpukkan 1 lembaran keju segi 4
    • Masukkan saus sambal/tomat (banyaknya tergantung selera)
    • Masukkan lagi potongan tomat 3-2 potong
    • Masukkan telur yang telah digoreng
    • Masukkan lagi potongan tomat jika masih ada
    • Oleskan bagian dalam roti paling atas dengan saus tomat, campurkan dengan saus sambal dan mayonise.
    • Tumpuk di atas Telur yang sudah di beri potongan tomat
    • Beri Mayonise di atas roti. Atur jadi bentuk smile :D

Selesai dehhhhhh… Selamat Mencoba :D

Alhamdulillahirabbil`alamin.

Jumat, 01 Agustus 2014

,

Bismillahirrahmanirrahim.

DSC03715_thumb[1]Sudah tanggal 24 waktunya untuk siap-siap mudik. hari ini adalah hari dimana sepupuku akan menjemputku. Bersama penumpangnya yang lain kami akan mudik lebaran. Aku tak sabar ingin metnikmati puasa di kampung halaman.

“Evhy, dimana? Di  Makassar? Ayo ketemuan” seorang teman mengirim sms. Aku baru melihat sms itu keesokan harinya. hari ini bersamaan dengan hari dimana sepupuku akan menjemput untuk mudik.

“iya nad, masih. Ayo. Mau ketemuan jam berapa?” balasku padanya. Aku masih menunggu balasannya. hatiku dilanda kegalauan. Stay or Go? hmmm… aku berpikir untuk tak pulang hari itu. Sepertinya lebih baik bertemu dengan nadia, pikirku.

Follow @hervianakamaluddin