Senin, 25 Juni 2018

Meet-up Sehat Bebas Worry HIJUPxSoftexDaunSirih

Bismillahirrahmanirrahim

"Dulu saya adalah seseorang yang tidak memikirkan pembalut mana yang harus saya pilih. Jadi biasanya tuh tinggal pilih yang mana aja yang tersedia di toko" ucap Asri, seorang beauty vlogger dan youtuber yang diundang dalam kegiatan HIJUP x SoftexDaunSirih.


Bagaimana dengan teman-teman sekalian? Apakah juga sama? Jujur, sebelumnya saya juga merupakan orang yang kurang memperhatikan masalah pembalut. Sama seperti Asri, saya memakai pembalut yang ada aja di rumah, yang dibeli sama kakak. Kalau stok lagi habis, biasanya pergi beli sendiri dan kadang cari yang lebih murah apalagi pas lagi bokek, ke toko malah nyari yang lagi diskon hehehe. 

Nah, bebicara masalah pembalut tentu erat kaitannya dengan kesehatan di daerah kewanitaan. Pada tanggal 8 Juni 2018 lalu, para blogger di Kota Makassar diundang untuk menghadiri acara HIJUP Blogger Meet Up x Softex Daun Sirih yang bertempat di on 20th Bar & Dinning Sky Lounge. Di acara ini, selain ngobrol bersama beauty vlogger juga sengaja dihadirkan seorang dokter spesialis kesehatan khusus daerah kewanitaan. Beruntung rasanya dapat hadir di acara meet up kali ini, karena kami dijelaskan banyak hal tentang cara menjaga daerah kewanitaan agar tetap sehat sesuai fungsinya. Maklumlah ya, selama ini saya kurang memperhatikan hal-hal seperti ini dan hanya sibuk memperhatikan masalah pakaian, makanan, dan sesekali tentang make-up - make-up-an.

1. Faktor-faktor penyebab infeksi vagina

Dokter pun menjelaskan tentang banyak hal, mulai dari faktor-faktor yang dapat menyebabkan terjadinya infeksi daerah kewanitaan kita, yakni:
  • seks bebas, gonta ganti pasangan seksual dapat meningkatkan resiko penularan penyakit seksual yang dapat disebabkan oleh bakteri ataupun virus. Keluhan yang bisa timbul dapat bermacam-macam, entah itu keputuhan yang banyak ataupun nyeri pada bagian vagina.
  • Penyakit tertentu seperti HIV dan diabetes, bakteri dari penyakit ini dapat menyebabkan masalah daerah kewanitaan
  • Antibiotik yang tidak rasional. Sakit sedikit minum antibiotik, padahal belum tentu sakitnya membutuhkan antibiotik sehingga nantinya adapat menyebabkan resisten terhadap bakteri. Bakterinya dapat kebal terhadap antibiotik.
  • Perubahan Hormonal 
  • Merokok
  • Alkohol
  • Sters
  • Obesitas. obesitas yang tinggi dapat menyebabkan kelembaban semakin tinggi sehingga meningkatkan resiko berkembangnya bakteri di daerah lembab sekitar kewanitaan.


2. Keluhan atau Gejala yang timbul akibat infeksi

Dari faktor ini, dokter melanjutkan kepada keluhan apa saja yang bisa diperoleh jika terjadi infeksi adalah
  • Nyeri dan Gatal pada daerah kewanitaan, ini terjadi karena adanya peradangan akibat infeksi
  • Bau tak sedap, adanya bakteri yang bertumpuk makin banyak pada mulut vagina
  • Nyeri atau keluarnya darah ketika bersenggama
  • Keputihan. Untuk keputihan sebenarnya ada yang normal dan ada juga yang tidak normal. Yang tidak normal adalah jika terjadi perubahan sebagai berikut:
    • Jumlahnya bertambah banyak dari yang biasa
    • Konsentrasi berubah, seperti bergumpal-gumpal, mengeras atau berubah warna. Warna yang normal adalah putih (bening).
    • Gatal
    • Bau, jika penyebabnya jamur maka baunya asam, sedangkan jika penyebabnya bakteri maka baunya amis.
  • Timbul nanah pada mulut vagina, yang dapat berakibat pada kesuburan
Dokter tengah menjelaskan tentang Gejala-gejala infeksi vagina
3. Tips Menjaga Kesehatan Vagina

Hmmm... apakah kalian mengalami salah satu dari indikasi diatas? Jika ya, segera periksakan ke dokter atau bisa juga belakukan tips-tips berikut:
  • Keringkan vagina setelah buang air kecil. Ini nih yang biasa luput dari kita, utamanya yang dari kampung seperti saya. Dulu sering banget bertanya-tanya, kenapa sih orang-orang harus pake tissue? Gunanya buat apa? awalnya saya pikir untuk membasuh tangan setelah buang air kecil, tenyanta oh tenrnyata untuk mengeringkan daerah vagina agar tidak lembab. Finally, I know it!
  • Gunakan pembersih vagina dari bahan alami. Banyak produk-produk yang biasa kita liat di TV-TV atau iklan yang meng-claim diri mereka sebagai produk alami dari tumbuh-tumbuhan untuk dijadikan pembersih daerah kewanitaan. Namun, kata dokter sebenarnya apapun produknya jika sudah masuk dalam kemasan pasti memiliki campuran kimia. Oleh karena itu, jika memungkinkan gunakan yang benar-benar alami. Caranya, bisa di lakukan dengan memasak beberapa lembar daun sirih, lalu airnya diambil dan digunakan untuk memcuci daerah kewanitaan kita.
  • Jangan mencukur bulu pada vagina. Sesungguhnya ini sangat dilema. Karena di satu sisi, Rasulullah SAW. memerintahkan untuk mencukur bulunya dan tidak boleh dibiarkan lebih dari 40 Hari. Artinya, harus di cukur pada hari ke-4. Untungnya dokter menjelaskan lebih lanjut bahwa, dilarang dicukur hingga habis atau di wax. Silahkan di gunting saja secukupnya tapi jangan sampai habis.
  • Bagi yang sudah bersuami, basuhlah daerah kewanitaan sebelum dan sesudah berhubungan
  • No Alkohol dan Merokok
  • Untuk pakain dalam (celana dalam). 
    • Hindarilah pemakaian celana yang ketat dan berbahan yang tidak menyerap keringat
    • Ganti baju yang berkeringat pasca olahraga
    • Tidur tanpa celana dalam, berdasarkan keterangan dokter, tidut tanpa celana dalam ini dapat meningkatkan kualitas tidur.
    • Usahakan memakain celana yang tidak berbentuk segitiga. Cuman ini, agak susah ya rata-rata celana dalam tuh kayak gini, tapi banyak juga kok yang menyeruapai segi empat. 
  • Jika menemui gejala berikut silahkan segera mengunjungi dokter spesialis kewanitaan:
    • Vagina kemerahan atau iritasi
    • Pendarahan antar siklus haid ayau sesudah berhubungan atau pasca menopause
    • Benjolan di vagina
    • Perubahan pada konsentrasi, warna, dan jumlah dari keputihan
  • Gantilah softex atau pembalut setiap 3 jam. Dulu saya sering banget ngga peduli untuk mengganti pembalut. Digantinya kadang kalau udah full hehehe.. Padahal yang sehat ternyata adalah menggantinya tiap 3 jam mau full atau tidak. Kenapa? Untuk mencegan bakteri menumpuk karena ini akan berakibat buruk pada kesehatan reproduksi kita. Mungkin saat ini belum terasa namun bisa jadi berefek di masa depan. Salah satu ibu teman saya memiliki kebiasaan buruk dalam mengganti pembalut pada saat remaja, ternyata baru-baru ini harus dioperasi akibat infeksi pada bagian reproduksi dimana darah keluar terus menerus tiada henti selama satu bulan. Oleh karena itu, yukk terapkan gaya hidup sehat bukan hanya dalam makanan kita namun juga dengan perawatan daerah-daerah sensitif pada tubuh kita.
  • Gunakan penti liner jika keputihan. Bagi yang menggunakan penti liner bisa diganti tiap akan sholat atau tiap 3 jam sekali juga ya.
Lagi menyimak penjelasan dokter
 4. Pemilihan Pembalut

Ternyata pemilihan pembalut sangat penting dalam menjanga miss V wanita. Hal ini dikarenakan miss V ini sangat senditif terhadap benda-benda yang melekat padanya. Oleh karena itu, pilihlah pembalut yang tidak mengandung banyak bahan kimia pada campurannya. Salah satunya adalah Softex Daun Sirih. Mengapa? Karena softex daun sirih ini hanya mengandung campuran extrak daun sirih alami. Terbukti dari aroma softex jika dibuka pertama kali sebelum digunakan.

Jenis-jenis produk Softex Daun Sirih

Oh iya, pembalut softex daun sirih ini sangat cepat menyerap dan tidak menimbulkan bau tak sedap akibat haid. Saya sekeluarga menggunakan produk ini sejak 1 tahun lalu. Satu lagi rasa syukur yang dalam karena keikutsertaanku dalam acara ini, karena lebih yakin dan lebih percaya lagi menggunakan produk softex ini. Terima kasih HIJUP dan Softex yang sudah mengadakat acara ini. Selain pembalut, softex juga meyediakan pentiliner, kemasannya pun bermacam-macam, ada yang 30 pack ataupun kemasan kecil yang cocok untuk traveling atau dibawa sehari-hari.



Selain penjelasan masalah kesehatan, sebagai blogger,fotografi adalah salah satu bekal dalam mengisi dan menghiasi blog dengan foto-foto penuh makna. Hal inilah yang mendasari dalam kegiatan kali ini, kami juga dibekali dengan workshop fotografi flat lay menjelang buka puasa. Flat layout ini intiny adalah pengambilan gambar tampak atas.
Hasil Foto Flat Layout by evhy
Suka sekali deh dengan acara meet up-meet up kali ini. Seru dan beragam ilmu yang dapat diperoleh. Semoga kedepannya banyak acara-acara yang seperti ini.

Eh, satu lagi nih informasi menyenangkan dari HIJUP. Jadi berkat acara ini, baik saya maupun teman-teman bisa belanja online dengan potongan harga Rp. 50.000,- dengan melakukan minimum pembelanjaan Rp. 250.000,- Lumayankan? Bagi yang ingin belanja dengan potongan harga ini dapat langsung berkunjung ke HIJUP.COM atau klik banner dibawah ini dan masukkan kode vocher berikut ini : HIJUPSFTXMKS. Yukk manfaatkan promo ini sampai tanggal 12 Agustus 2018.




Oleh-oleh Event HIJUP Blogger Meet Up x Softex Daun Sirih

Sekian tulisan kali ini. Semoga bermanfaat ya (Love.. Love.. Love..)

Foto Bersama Teman-teman Blogger Ter-Love Makassar (Love.. Love..)
Makassar-Barombong, 25 June 2018








16 komentar:

  1. Thank you for sharing kak evhy.. Love!

    BalasHapus
  2. Makasih sharingnya ya Evhy.. info ini sangat penting diketahu lebih banyak wanita agar lebih banyak pula yang tau cara menjaga miss v dgn baik dan benar

    BalasHapus
  3. Iya, seru acaranya plus banyak sekali manfaatnya ya. setelah tahu bahaya penyakit yang bisa terjangkit oleh Miss V, saya pun jadi makin selektif dalam memilih pembalut.

    BalasHapus
  4. thank you kk atas infonya yang sangat berguna. :)

    BalasHapus
  5. Saya juga dulu yang penting pembalut tapi sekarang mau ke Softex Daun Sirih ah.

    BalasHapus
  6. Hampernya mo sayaaa ihh kerennnn

    BalasHapus
  7. Topik pembahasannya sangat mewakili kebutuhan para wanita tentang mengatasi masalah keputihan yaa..keren deh acaranya

    BalasHapus
  8. Suka sekali acara meet up-nya krna ketemu saya toh kak? heheh :)

    BalasHapus
  9. Evhy, long time no see dear :)
    Akhirnya ketemuan lagi di acara yang bagus banget ini. Menambah wawasan buat kita kaum perempuan dalam menjaga kesehatan organ kewanitaan.
    Semoga sering2 diadakan acara kayak gini yaa

    BalasHapus
  10. Suka sekali acaranya, banyak informasi yang menambah pengetahuan kita yah...

    BalasHapus
  11. bagus memang saat datang bulan pakai softex daun sirih jadi gak takut bocor" deh...

    BalasHapus
  12. Wihh evhy memang pemakai softex ya. Dulu pertama2 haid saya pake softex juga, tapi abis itu ganti ke merek lain. Abis acara ini, sudah memantapkan hati ingin kembali ke softex saja :D

    BalasHapus
  13. Halo Lagi Evhy.. :)
    Btw nice sharing evhy.. seru banget acaranya.. aayang ga sempat sapa memyapa yah. Next time lah :)

    BalasHapus
  14. Habis acara ini salangsung pake itu, *anu hahahha tanpa rasa khawatir lagi seperti sebelum-sebeoumnya 😂

    BalasHapus
  15. Kereeenn vi... Sangat bermanfaat dan menginspirasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih sudah berkunjung ya, pipi.. love ya :)

      Hapus

Terima kasih sudah mampir. Semoga bisa bermanfaat selalu :) Amin.
Jangan lupa komentarmu ya, karena komentarmu adalah semangatku untuk terus berbagi ^^)

Komentar yang mengandung SARA, link hidup, dan spamming akan dihapus ya.. Terima kasih atas perhatiannya :)


Follow @hervianakamaluddin