Jumat, 14 September 2018

Berani Berubah, Berani Sukses – Ini Tips dari CEO Sophie Paris

Bismillahirrahmanirrahim


Sabtu kemarin tanggal 8 September 2018 merupakan moment yang cukup saya nantikan. Mengapa? Karena ada kegiatan SOPHIE PARIS Ragional Conference 2018 dengan tema “Dare To Change” yang menghadirkan langsung CEO dan Founder dari Brand Terkenal ini. Kegiatan ini berlangsung di Hotel Sahid Jaya Makassar, Maraja Ballroom.

Pertama kali saya berkenalan dengan produk ini ketika masih kuliah 7 tahun lalu (hmm.. bisa ketebak nih usianya hahaha). Waktu itu, kakak saya menjadi member dan membeli salah satu tas kulit kecil berwarna coklat mungkin berukuran sekira 23 x 9 x 15 cm. Hal yang membuat saya terkagum-kagum adalah tas tersebut hingga sekarang masih bagus dan tidak terkelupas-kelupas.

Para peserta memenuhi lokasi Bazar di depan Ballroom Maraja
Biasanya kan kalau misalnya tas kulit itu kadang-kadang jika ditinggal lama akan tekelupas dengan sendirinya, namun ini tidak. Saya sempat terheran-heran. Sayangnya tas tersebut tak berada ditangan saya pas menulis ini. Tasnya ada di rumah kakak saya yang tinggal lumayan jauh dari rumah. Jadi mohon maaf tak bisa menunjukkannya.

Nah, inilah yang membuat saya saat ini menantikan pertemuan dengan pendiri produk-produk yang dibuat di Paris ini. Sungguh sebuah kehormatan dapat bertemu dengan beliau. Apalagi tips yang beliau berikan sangat bermanfaat yang akan dituangkan dalam tulisan ini.

Apa sih tipsnya? Penasaran? Keep reading

Well, sebelum saya kasih tipsnya mau berbagi cerita dulu tentang keseruan di acara ini. Pertama-tama sebelum ke acara pembukaan, kita diberikan sebuah perlombaan. Lombanya cukup simple. Sebuah hadiah akan dilemparkan ke peserta lalu berlombalah untuk menangkapnya. Siapa yang tangkap, dia dapat!
Pemberian Songko untuk CEO dan EVP Sophie 
Para hadirin bersiap menangkap hadiah
Ini adalah satu cara untuk membawa semangat bagi para peserta sebelum acara di mulai.
Setelah acara pembukaan yang diisi dengan tari tradisional dari Toraja, MC langsung mempersilahkan EVP Sales and Marketing Sophie Paris, Gregory Fauvet, untuk menyampaikan berita baik dan kabar gembira untuk para member sophie dan para hadirin. Apakah itu? Hmm.. Kasi tau ngga ya..

Gregory sedang menyampaikan berita gembira ditemani seorang translator
Jadi, berita baik nan menggembirakan tersebut adalah bahwa kini sophie sudah 100% online. Yang suka belanja online bisa dengan mudahnya mengorder produk-produk dari Sophie Paris ini langsung dari HP kalian. Meskipun begitu, sophie tetap menggunakan catalog produk seperti biasanya.

Peragaan beberapa produk terbaru dari Sophie Paris. Pict taken by citra.
Nah, selanjutnya yang kita tunggu-tunggu. Kini waktunya bertemu dengan CEO Sophie, Mr. Bruno Hasson. Sempat kaget ketika beliau mulai mengucapkan sepatah kata. Ternyata beliau ini sudah bisa berbahasa Indonesia really appreciate it and respect. 

"Siapa yang ingin sukses? Angkat tangan" ucap beliau mengawali presentasinya. Ia juga kerap kali menyorakkan ini di sela-sela presentasi. Di sini beliau mengungkap tips suksesnya dalam membangun dan menjalankan bisnisnya ini. Ada tiga yang menjadi point utama, yakni:

·       Fokus
 Fokus merupakan hal yang penting dalam kesuksesan. Oleh karenanya selama bertahun-tahun produk-produk sophie mulai berfokus pada 3 hal yakni brand, quality, dan creativity. Hmm.. Pantas saja produk sophie tahan lama karena memang berkualitas. Mereka juga senantiasa berinovasi mengikuti jaman. Hal ini yang mendorong mereka untuk berani mengambil langkah, berani berubah.

Bruno Hasson menjelaskan dengan Semangat. Pict taken by Aisyahreyzz.com

Di zaman teknologi yang kian berkembang, sophie tak mau ketinggalan untuk berkembang dengan teknologi. Dengan adanya penambahan sistem online memudahkan mereka untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Selain dari penjualan online, Sophie juga menggunakan QR Code yang ditempatkan dalam katalog. QR Code ini memungkinkan para member dapat dengan mudah mengambil gambar-gambar produk dengan cara men-scan barcode yang ada di dalam katalog kemudian dengan mudah di share kepada prospek member. Hal ini memungkinkan para pelaku direct selling di brand ini dapat dengan mudah merekrut member baru.

Berpikir Positif
Mengapa pikiran positif itu penting? Konon katanya pikiran dapat mempengaruhi prilaku. Jika kita berfikir semangat maka kita akan terlihat bersemangat. Beliau juga menambahkan bahwa rajinlah berolahraga agar kita bersemangat, otak kita fresh, sehat, dan memiliki pikiran yang positif. Dengan berpikiran terbuka dan positif, kita akan lebih mampu melihat peluang-peluang yang ada dihadapan kita. Di sini, pak Bruno menyampaikan bagaimana kisahnya ketika pertama kali presentasi di depan calon member di Indonesia. Ia di hubungi untuk presentasi, namun ternyata yang hadir hanya 2 orang. Meski demikian, beliau tetap presentasi dan meyakini bahwa jikalaupun hanya 2 orang, jika dua orang ini menjadi member, menjadi brand ambassador meggunakan produk-produk sophie, dari dua orang tersebut dapat menambah menjadi beberapa orang lainnya.

Press conference bersama Gregory, Bruno, dan Deasy (Vp Sales dan Training). Pict taken by Aisyahreyzz.com  
Terus Belajar
Nah, di era informasi yang sungguh cepat beredar, tak sulit bagi kita untuk mengakses informasi-informasi dan menambah wawasan. Begitu juga di bisnis ini. Bagi kalian para ambassador atau para pelaku bisnis direct selling ini, QR Code yang baru saja di keluarkan oleh Sophie merupakan hal baru yang harus di pelajari lalu gunakan. Karena apapun yang dikeluarkan tentu semata-mata untuk kemudahan dalam menjalankan bisnis tersebut. 

            Cara pemakaian QR Code ini adalah sebagai berikut:
1.       Buka Facebook lalu temukan dan klik gambar bergaris 3 di pojok kanan atas
 

2.       Pilih Kode QR atau QR Code


3.       Lalu scan kode yang ada di katalog. Scannya harus lebih mendekat ke kodenya ya :)


Dan hasilnya akan keluar menuju ke gambar produk yang ada di website. Jadi lebih praktis dan mudah untuk menemukan produk-produk yang diinginkan dari catalog dan langsung bisa belanja online dari HP kita.
QR Code juga dapat ditemukan di bagian dalam katalog
Selain untuk memperkenalkan inovasi baru, Regional Conference 2018 ini juga merupakan ajang penghargaan bagi lebih dari 100 member yang telah mencapai program Sophie Leaders Club (SLC). Berikut penghargaan yang diperoleh:

SLC Bintang 1 memperoleh hadiah emas 5 gram

SLC Bintang 2 memperoleh hadiah Samsung Galaxy J6

SLC Bintang 3 memperoleh hadiah Laptop HP

BC Best Performance memperoleh Jalan-Jalan ke Singapura

Ada juga bertabur hadiah doorprize di akhir acara yang berupa voucher menggunakan QR Code yang bisa di dapat dari bawah kursi masing-masing bagi yang beruntung, tas cantik dari Sophie Paris, dan beberapa produk lainnya. Selamat kepada para pemenang.

Foto bersama dengan Pihak Sophie, Blogger, dan Selebgram Makassar
Cukup sekian dari acara ini. Oleh-oleh terbaik yang didapatkan hari ini adalah “Jika kita tidak berubah hari ini maka kita tidak akan berubah di masa depan”. So, Dare to  Change, Change your Future.

Produk Sophie yang diboyong usai acara
Alahmdulillah. See you in next content :)
Makassar-Barombong,
13 September 2018

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir. Semoga bisa bermanfaat selalu :) Amin.
Jangan lupa komentarmu ya, karena komentarmu adalah semangatku untuk terus berbagi ^^)

Komentar yang mengandung SARA, link hidup, dan spamming akan dihapus ya.. Terima kasih atas perhatiannya :)


Follow @hervianakamaluddin