Minggu, 25 November 2018

Social Media or No Social Media?

Bismillahirrahmanirrahim


Beberapa orang menggunakan social media, ada pula yang memutuskan tidak. Contohnya adalah saya dan seorang teman. Diri ini adalah salah seorang yang menggunakan media online untuk bersosialisasi. Sedangkan, teman saya sedang menutup diri dari sosial media. Mengapa? Kali ini takkan membahas banyak masalah itu.

Kita akan membahas sisi positif dari sebuah sosial media yang membuat saya tetap menggunakannya. Dulu sempat ingin menutupnya saja. Seperti kebanyakan pendapat bahwa hal tersebut hanya membuang-buang waktu. Mereka pun melakukan healing dari hal tersebut dengan meng-unistal aplikasi sosial media yang menurutnya kurang berfaedah.

Jadi kenapa saya memilih tuk berpositif thinking? Berikut beberapa tips to stay positif about it.

Informasi Bermafaat

Untuk membuatnya menjadi lebih berfaedah, maka followlah orang-orang atau akun-akun yang suka menebarkan aura positif. Tak hanya sekedar pamer, namun dari hobi mereka kita dapat memperoleh semangat untuk melakukan hal-hal positif. Misalnya saja di Instagram atau Youtube, kalian dapat memfollwo atau mengsubscribe akun crafting pagi penyuka craft, TED bagi kalian yang ingin memperluas pengetahuan dari pembicara-pembicara yang ahli di bidangnya (di akun ini, kalian juga bisa sekalian meningkatkan kemampuan bahasa inggris dalam hal memperbanyak kosakata dan listening), National Geographic, akun-akun ceramah dari ustadz kondang yang menambah pengetahuan kita dalam beribadah dan dekat dengan Allah swt, ataupun hal yang bermanfaat lainnya bagi peningkatan kemampuan kita dalam berbagai hal.

Media Komunikasi Pekerjaan

Banyak orang menggunakan hal ini untuk memperoleh pekerjaan, ataupun mempermudah komunikasi antar tim. Misalnya saja WhatsUp yang sering digunakan karena datanya lebih ringan dan lebih banyak digunakan oleh orang-orang. Oleh karena itu, banyak yang menggunakannya sebagai media komunikasi baik dalam hal bisnis maupun pekerjaan. Contoh lainnya adalah para influncer yang menggunakan media sosial mereka untuk mendapatkan endorsement yang berbayar tentunya.

Media Promosi Bisnis

Di jaman yang serba modern di mana rata-rata masyarakat sudah menggunakan smartphone, rasanya tak heran jika para pelaku bisnis mulai melirik media ini untuk mengembangkan pemasaran mereka menjadi lebih luas. Oleh karena itu, manfaatkan hal ini untuk me-reach lebih banyak orang yang mengetahui, membeli, dan menggunakan produk yang kalian tawarkan adalah hal yang tak boleh terlewatkan. Apalagi sekarang sudah banyak fitur-fitur dan aplikasi yang memudahkan kita dalam membuat konten promosi seperti poster, video, atau edit foto, semua itu dapat dilakukan melalu smartphone kita.

Pilih yang paling Sesuai

Oh iya, kaliah harus ingat! Banyak media sosial bertebaran di luar sana. Diri ini sangat menyarankan untuk memilih salah satu atau beberapa saja yang memang cocok untuk kalian. Jika lebih ditekankan lagi, gunakanlah berdasarkan kebutuhan.

Stay Connected

Buat kalian yang lagi menjalani long-distance communication, hal ini tentu memudahkan dalam memberi atau menerima kabar secara real time dan berkala dalam waktu beberapa detik saja. Misalnya komunikasi anak yang lagi kuliah di luar negeri sementara orang tua mereka berada di negara asal, suami yang tengah tugas luar kota, istri yang lagi dapat hadiah liburan khusus ibu-ibu dan diijinkan suami, dan lain sebagainya. Meski tak sempat berkabar via telfon secara langsung, laporan wajib seperti sedang melakukan apa dapat di share di salah satu media sosial yang digunakan bersama sehingga pihak yang rindu tapi belum dapat menghubungi secara langsung dapat memperoleh kabar dari sosial media yang diuplod tadi.

Ini sih manfaat terbesar bagi saya sehingga masih belum mampu away dari yang namanya sosial media. Jika hal terakhir ini sudah tak lagi mampu dilakukan oleh sosial media, kemungkinan saya juga akan menghapus aplikasi-aplikasi tersebut dan menggantinya dengan yang lebih mutahir.

Tulisan ini diikutkan dalam #BPN30DayChallenge2018 #bloggerperempuan #Day5

Alhamdulilahirabbil`alamin

Makassar-Barombong,

24 November 2018

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir. Semoga bisa bermanfaat selalu :) Amin.
Jangan lupa komentarmu ya, karena komentarmu adalah semangatku untuk terus berbagi ^^)

Komentar yang mengandung SARA, link hidup, dan spamming akan dihapus ya.. Terima kasih atas perhatiannya :)


Follow @hervianakamaluddin