Senin, 03 Desember 2018

5 Tips Hidup Sehat Ala Evhy

Bismillahirrahmanirrahim

Kalau boleh jujur, saya pun sebenarnya butuh saran untuk hidup sehat. Pasalnya, diri ini cukup tidak memenuhi syarat hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari saat ini. Namun, tenang saja! Meski saya jarang melakukannya saat ini, beberapa tahun lalu saya sempat menerapkan gaya hidup sehat sebagai berikut.

Olahraga Senam Pagi

Olahraga pagi dengan senam ini cukup mengeluarkan banyak keringat. Ini membuat tubuh saya ringan dan segar di pagi hari. Apalagi ditemani dengan angin sepoi-sepoi dari jendela atau pintu yang dibuka. Konon katanya, keringat saat berolahraga plus tiupan angin pagi yang mengenai wajah yang berkeringat akan membuat wajah kita bersih dan cerah. Mungkin ini salah satu rahasia kenapa dulu saya jarang sekali berjerawat. Bagi yang ingn tahu tips dan manfaat olahraga pagi bagi saya, silahkan berkunjung ke tulisan tersebut ya.

Minum Air Mineral

Banyak orang di luar sana yang lebih suka minum kopi. Saya pribadi sebenarnya bukan melarang, namun hanya menyarankan untuk mengurangi porsinya dan lebih banyak minum air putih. Kalian pasti sudah tahu bahwa air mineral yang bersih adalah kebutuhan primer yang harus selalu ada. Air mineral juga memilki banyak manfaat bagi tubuh, seperti menjaga kesehatan tulang, mengatur lemak tubuh, menjaga tekanan darah, menghindari penyakit jantung, menyehatkan pencernaan dalam tubuh, meningkatkan daya ingat otak, baik untuk perawatan kulit, dan masih banyak lagi. Kalian bisa googling 1000 manfaat air mineral bagi tubuh, akan beribu-ribu artikel yang membahas tentang hal ini bahkan dalam banyak versi bahasa.

Makan buah

Mungkin sebagian orang sudah tahu bahwa makan buah juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh utamanya bagi buah yang banyak mengandung vitamin C. Hal ini sangat baik untuk menjaga ketahanan tubuh sehari-hari. Saya biasanya makan buah sebelum makan, atau dalam sehari biasanya hanya makan buah. Biasa juga mengganti makan malam dengan makan hanya buah. Ini bukan dalam rangka diet mengurangi makan, tapi dalam rangka diet memperbaiki pola makan atau keseimbangan gizi yang masuk dalam tubuh. Biasanya saya makan ayam setiap hari dan jarang makan buah disela-selanya karena tak tersedia setiap hari di rumah. Oleh karena itu, untuk menyeimbangkan gizi, sehari saya makah hanya buah saja dan minum air mineral.

Makan Sayuran

Ini adalah hal yang paling jarang saya makan. Dulu tak suka makan sayuran. Namun, setelah membaca bagaimana manfaatnya terhadapa tubuh, saya pun jadi suka dan selalu mencari sayuran jika ke suatu acara entah kawinan, akikahan, dan acara lainnya. Soalnya di rumah kadang jarang masak, dan malas masak juga --” hhehe . So, buat kalian yang dimasakkan sayuran atau rajin masak tiap hari, jangan pernah melewatkan menu ini.

Minum Susu Murni (tanpa gula)/Minuman Vitamin C/Madu

Nah, ini dia minuman paling andalan selain air mineral, susu murni. Jika habis begadang beberapa hari, minum ini seperti malaikat kuda putih yang dikirimkan oleh Allah Subehana Waa Ta’ala. Miniman ini memberikan kekuatan luar biasa dan membuat tubuh yang tadinya drop jadi sehat kembali. Kadang- kadang juga diganti dengan minuman yang mengandung banyak vitamin C atau madu.

Anyway, apapun makanan yang kalian makan, semoga kita tetap berpegang teguh pada pedoman hidup kita yakni Al-Qur’an. Yakni : makanlah makanan yang didapat dengan cara yang baik,  bersih, lagi halal. Ini yang paling penting! Dijamin Sehat selama tidak berlebihan, karena berlebihan dalam memakan sesuatu itu tidak baik! – evhy kamaluddin

“Dan sesungguhnya pada binatang ternak itu benar-benar terdapat pelajaran bagi kamu. Kami memberimu minum dari pada apa yang berada dalam perutnya (berupa) susu yang bersih antara tahi dan darah, yang mudah ditelan bagi orang-orang yang meminumnya.” (Q.S. An-Nahl: 66)

“Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu).  Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan. (Q.S. An-Nahl : 69)  

Inilah 5 tips hidup sehat versi saya. Bagiaman dengan kalian? Ada saran supaya bisa lebih hidup sehat lagi? Segera beritahu ya di kolom komentar. Paling tidak, hal tersebut akan menyelematkan seorang manusia yang membaca tulisan ini beserta komentar-komentarnya.

Tulisan ini diikutkan dalam #BPN30DayChallenge2018 #bloggerperempuan #Day12

Alhamdulillahirabbil`alamin

Makassar-Barombong,

3 November 2018, 1:18 AM! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir. Semoga bisa bermanfaat selalu :) Amin.
Jangan lupa komentarmu ya, karena komentarmu adalah semangatku untuk terus berbagi ^^)

Komentar yang mengandung SARA, link hidup, dan spamming akan dihapus ya.. Terima kasih atas perhatiannya :)


Follow @hervianakamaluddin